Flamic

By | September 9, 2021 |

Flamic mengandung Kalium Diklofenak. Kalium Diklofenak, merupakan turunan asam benzeneacetic, dengan rumus kimia 2 – [(2,6-dichlorophenyl) amino] benzeneacetic acid, garam monopotassium. Berat molekul 334,25. Rumus molekul adalah C14H10Cl2NKO2.

Tiap tablet Kalium Diklofenak, dimaksudkan untuk pemberian melalui mulut (per oral) yang mengandung 50 mg Kalium Diklofenak. Tablet Kalium diklofenak adalah obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang menunjukkan aktivitas anti inflamasi, analgesik, dan antipiretik.

Mekanisme aksi dari tablet Kalium Diklofenak, seperti yang dari NSAID lainnya, tidak sepenuhnya dipahami, tetapi mungkin terkait dengan penghambatan prostaglandin sintetase.

Kandungan dan Komposisi Flamic

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Flamic adalah:
Mengandung kalium diklofenak

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Flamic

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Flamic adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

1. Pengobatan jangka pendek kondisi nyeri dan peradangan akut yaitu:
a. Pasca trauma
b. Pasca operasi

2. Sebagai adjuvan pada nyeri inflamasi yang berat dari otitis dan faringotonsilitis


sekilas tentang Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS)
Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) adalah kelas obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit, mengurangi demam, mencegah pembekuan darah dan, dalam dosis yang lebih tinggi, mengurangi peradangan. Istilah nonsteroid membedakan obat ini dari steroid, walaupun memiliki efek antiinflamasi eicosanoid yang serupa dan memiliki berbagai efek lainnya. OAINS pertama kali digunakan pada tahun 1960, istilah ini digunakan untuk menjauhkan obat-obatan ini dari steroid, yang pada saat steroid distigma negatif akibat penyalahgunaan steroid anabolik. OAINS bekerja dengan menghambat aktivitas enzim siklooksigenase (COX-1 dan / atau COX-2). Dalam sel, enzim-enzim ini terlibat dalam sintesis mediator biologis utama, yaitu prostaglandin yang terlibat dalam peradangan, dan tromboksan yang terlibat dalam pembekuan darah.

Ada dua jenis OAINS yang tersedia yaitu non-selektif dan COX-2 selektif. Sebagian besar OAINS bersifat non-selektif, dan menghambat aktivitas COX-1 dan COX-2. OAINS ini selain mengurangi peradangan, juga menghambat agregasi trombosit (terutama aspirin) dan meningkatkan risiko ulkus/perdarahan gastrointestinal. Inhibitor selektif COX-2 memiliki lebih sedikit efek samping gastrointestinal, tetapi meningkatkan trombosis dan secara substansial meningkatkan risiko serangan jantung. Akibatnya, inhibitor selektif COX-2 umumnya dikontraindikasikan karena risiko tinggi penyakit vaskular yang tidak terdiagnosis. Efek diferensial ini disebabkan oleh peran dan lokalisasi jaringan yang berbeda dari masing-masing isoenzim COX. Dengan menghambat aktivitas COX fisiologis, semua OAINS meningkatkan risiko penyakit ginjal dan serangan jantung.

OAINS yang paling dikenal adalah aspirin, ibuprofen, dan naproxen, semuanya tersedia secara bebas di sebagian besar negara. Paracetamol (acetaminophen) umumnya tidak dianggap sebagai OAINS karena hanya memiliki aktivitas anti-inflamasi kecil. Paracetamol mengobati rasa sakit terutama dengan memblokir COX-2, sebagian besar di sistem saraf pusat, tetapi tidak banyak di seluruh tubuh. Efek samping OAINS tergantung pada spesifik obat, tetapi sebagian besar mencakup peningkatan risiko ulkus dan perdarahan gastrointestinal, serangan jantung dan penyakit ginjal.

Dosis dan Aturan Pakai Flamic

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Flamic:

1. Dewasa:
100-150 mg/hari dalam 2-3 dosis terbagi.

2. Anak lebih dari 14 tahun:
75-100 mg/hari.

Kemasan, Sediaan, dan Harga Flamic

Bentuk Sediaan

Kemasan dan Sediaan Flamic

/Harga

Flamic enteric-coated tablet 50 mg

5 × 10’s

Sekilas Tentang Gracia Pharmindo
PT Gracia Pharmindo merupakan suatu perusahaan farmasi ternama yang didirikan pada tahun 2003. Pabrik perusahaan ini berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Perusahaan ini pertama kali mendapatkan sertifikat CPOB atau GMP pada tahun 2004 dan kemudian memproduksi dua jenis produk yakni Grafix dan Mesol. Setelah itu perusahaan ini kembali mendapatkan sertifikat CPOB untuk berbagai produk berikut ini:
  • Antibiotik tablet

  • Non antibiotik tablet

  • Antibiotik kapsul

  • Non antibiotik kapsul

  • Antibiotik sirup

  • Antibiotik sirup kering

  • Non antibiotik sirup

  • Sefalosporin antibiotik kapsul

  • Sefalosporin antibiotik sirup kering

Beberapa jenis produk yang diproduksi oleh perusahaan ini antara lain produk obat-obatan alergi dan sistem imun, antiinfeksi sistemik, hormon kortikosteroid, larutan steril (elektrolit, intravena, dan larutan lainnya), obat dermatologi, dan sebagainya. Beberapa merek produk yang dihasilkan diantaranya Diuvar, Gracivask, Lesvatin, Tranec, Mesol, dan lain-lain.

Kantor pusat perusahaan ini ada di jalan Baranangsiang Komp. ITC Kosambi Blok G-27, Bandung, Jawa Barat
Produk Lainnya Dengan Kandungan Kalium Diclofenac
Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *