Pertolongan Pertama Saat Tersedak Makanan

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Pernapasan / Tenggorokan > Pertolongan Pertama Saat Tersedak Makanan

Seseorang tersedak bila jalan pernapasan atau tenggorokannya tersumbat. Situasi ini memerlukan tindakan pertolongan pertama untuk mencegah pingsan atau kematian. Tersedak, sakit jantung, atau kondisi-kondisi tertentu dapat menyebabkan sirkulasi jantung dan pernapasan terhenti. Untuk menyelamatkan nyawa orang tersebut, pernapasan dan peredaran darah harus segera diperbaiki (lihat “Pernapasan Buatan“).

Mengenali dan Membuka Jalan Pernapasan yang Tersumbat

Sering kali seseorang tersedak akibat tidak sempurna mengunyah makanan, dan makanan itu tersangkut di tenggorokan atau saluran pernapasan. Terutama makanan padat seperti daging sering menjadi penyebabnya.

Umumnya orang tersedak saat mengunyah sepotong daging sambil berbicara. Gigi palsu juga mempakan salah satu penyebab orang tersedak, karena dirasa mengganggu sewaktu mengunyah makanan. Gigi palsu tak mungkin bisa mengunyah makanan sebaik gigi asli, karena gigi palsu kurang memberi tekanan pengunyahan.

Orang yang tersedak biasanya panik. Wajahnya terlihat ketakutan. Awalnya wajahnya tampak kemerahan, kedua matanya melotot dan napasnya megap-megap.

Apabila makanan “salah masuk”, dengan batuk berkali-kali secara refleks hal tersebut akan teratasi. Yang pasti seseorang tidak tersedak bila ia dapat batuk dengan leluasa, warna kulit tidak berubah dan masih mampu berbicara. Namun, bila batuknya terdengar seperti tertahan dan kulit wajahnya menjadi biru, ada kemungkinan ia tersedak.

Kalau ragu-ragu, tanyakan langsung apakah dia mampu berbicara. Apabila ia bisa berbicara, berarti saluran pernapasannya tidak sepenuhnya tersumbat dan oksigen dapat mencapai paru-parunya. Sebaliknya, orang yang tersedak tidak mampu berbicara, cuma menggerakan-gerakan tangannya.

Ciri umum orang tersedak adalah tangan yang memegangi tenggorokan dengan kuat, ibu jari dan jari-jari direntangkan. Orang yang bersikap seperti itu membutuhkan penanganan darurat dan tak boleh ditinggalkan.

Seseorang yang tersedak tidak mampu berbicara kecuali hanya menggerakkan tangannya saja. Sering kali gerakan tangan dan lengannya tidak terkoordinasi. Hal penting yang perlu diingat, ciri umum seseorang yang tersedak adalah tangan yang memegangi tenggorokan dibantu dengan ibu jari dan jari-jari lainnya.

Melakukan Manuver Heimlich

Manuver Heimlich adalah metode paling terkenal untuk mengeluarkan suatu benda dari saluran pernapasan orang yang tersedak. Anda dapat mempraktikkan metode ini baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. Berikut ini langkah-langkahnya:

Manuver Heimlich.

  1. Berdirilah di belakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua tangan Anda ke pinggangnya. Bungkukkan orang itu sedikit ke depan.
  2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan taruh di bagian atas pusar korban.
  3. Pegang erat-erat kepalan Anda itu dengan tangan lain dan tekan kuat-kuat sambil mendorong cepat ke atas.

Ulangilah tindakan ini sampai benda yang menghambat itu keluar dari saluran udara korban.

Bila harus melakukan tindakan ini pada diri sendiri: kepalkan salah satu tangan Anda, letakkan sedikit di atas pusar. Pegang kepalan tangan Anda itu dengan tangan yang lain, lalu tekan kuat-kuat ke arah atas sampai benda itu keluar. Anda juga bisa melakukan ini dengan bantuan dari belakang sandaran sebuah kursi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *