Pertolongan Pertama Saat Terkena Tanaman Beracun

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Keracunan > Pertolongan Pertama Saat Terkena Tanaman Beracun

Beberapa tanaman diketahui dapat menyebabkan alergi dan masalah pada tubuh. Biasanya cirinya memiliki tiga daun disetiap dahannya. Beberapa jenis tanaman yang tumbuh berkelompok tiga-tiga pada setiap dahan, seperti jenis ivy dan oak merupakan dua penyebab paling umum untuk reaksi alergi kulit yang disebut dermatitis kontak.

Bersentuhan dengan ivy dan oak beracun biasanya menyebabkan kulit bengkak, kemerahan, melepuh dan sangat gatal. Walau reaksi ini biasanya muncul sekitar dua hari setelah kena, tetapi bisa juga muncul hanya beberapa jam kemudian. Umumnya puncak ruam terjadi setelah sekitar 5 hari, dan lenyap 1-2 minggu kemudian.

Ruam itu disebabkan karena getah, yaitu semacam cairan minyak tidak berwarna yang didapati pada semua bagian tanaman itu. Getah itu dapat dengan mudah pindah dari pakaian atau dari bulu binatang piaraan ke kulit kita. Membakar tanaman itu pun berbahaya karena menghirup asapnya dapat menimbulkan reaksi internal dan eksternal.

Terkena sedikit saja getah tanaman itu cukup bisa menimbulkan reaksi. Keracunan ivy serta ruam lain tidak timbul hanya karena sekadar berada di dekat tanaman itu, dan ruam itu juga tidak menyebar karena mencuci atau menggaruk ruam yang melepuh dan terbuka. Getah itu tidak ada dalam cairan lepuhan tersebut, tetapi secara tak sengaja dapat disebarkan dengan menggosok getah tersebut ke bagian kulit lain sebelum seluruh getah itu tercuci bersih.

Selain ivy dan oak beracun, ada juga tanaman lain yang dapat menimbulkan reaksi serupa, antara lain, sumac, heliotrope (ditemukan di gurun-gurun barat laut AS), ragweed (baik daun maupun serbuk sarinya), daisy, seruni/bunga krisan, sagebrush, wormwood, seledri, jeruk, limau, dan kentang.

Perawatan Mandiri

  • Mencuci bersih dengan sabun sekitar 5-10 menit setelah kulit terkena getah, bisa menghindari timbulnya reaksi kulit.
  • Jangan mencoba menghilangkan getah dengan mandi. Mandi malah dapat menyebarkan getah ke bagian lain tubuh Anda.
  • Cuci setiap pakaian atau perhiasan yang mungkin telah terkena tanaman beracun itu. Catatan: Sepatu dan tali sepatu pun harus dicuci.
  • Jangan digaruk. Mandilah dengan air dingin.
  • Obat-obat bebas (losion calamin atau krim hidrokortison) dapat mengurangi rasa gatal. Atau, oleskan pasta soda kue atau garam Epsom dan air.
  • Krim dan losion tidak banyak menolong kalau lepuhannya sampai pecah, tetapi obat-obat itu dapat digunakan lagi kalau lepuhan menutup.
  • Jangan menggunakan alkohol karena cenderung membuat semakin gatal. Tutuplah lepuhan yang pecah dengan kasa steril untuk mencegah infeksi.
  • Untuk menghindari paparan, belajarlah mengenali tanaman-tanaman beracun dan kenakan pakaian pelindung bila perlu. Daun ivy beracun bentuknya lonjong atau seperti sendok. Daun oak beracun mirip daun oak biasa. Warna daun ini berubah-ubah menurut musim, hijau di musim panas menjadi oranye dan merah di musim gugur.

Pertolongan Medis

Bila sampai mengalami reaksi hebat, atau bila kedua mata, wajah atau sekitar kemaluan Anda yang terkena, segera ke dokter, yang biasanya akan memberikan obat kortison atau jenis antihistamin, bisa berbentuk tablet atau salep/krim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *