Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Mata > Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing

Kadang-kadang mata anak-anak maupun orang dewasa kemasukan suatu benda. Anda dapat mengambil tindakan tertentu untuk membuang benda itu. Namun, dalam kasus lain, mungkin Anda harus minta pertolongan dokter.
Untuk mata sendiri

Kalau tidak ada orang yang bisa menolong, cobalah membasuh mata bersih-bersih. Dengan menggunakan gelas mata atau gelas kecil cucilah mata Anda dengan air bersih. Letakkan permukaan gelas sehingga pinggir gelas itu sepenuhnya menempel pada tulang di bawah rongga mata, lalu tuangkan air, sambil membuka mata (lihat gambar). Bila Anda tidak berhasil membersihkan mata, sebaiknya carilah pertolongan medis.

Untuk mengeluarkan suatu benda kecil dari mata, Cucilah mata dengan air bersih dengan menggunakan sebuah gelas mata/gelas kecil.

Untuk mata orang lain

  • Jangan menggosok mata itu. Basuhlah kedua tangan Anda sebelum memeriksa mata orang itu. Mintalah orang itu duduk di tempat yang penerangannya baik.
  • Cari benda di dalam mata orang tersebut dengan menarik pelupuk mata bawah secara perlahan dan minta ia mengarahkan pandangan ke atas. Kemudian sebaliknya, tarik pelupuk mata atas, periksalah mata sementara orang yang bersangkutan diminta mengarahkan pandangan ke bawah. Kalau terlihat ada benda asing melekat pada bola mata, tutup mata orang tersebut dengan lipatan kasa steril atau kain bersih. Jangan mencoba membuang benda itu.
  • Bila benda itu besar sehingga mata sulit ditutup, tutup mata itu dengan sebuah gelas kertas, plesterkan ke wajah dan dahinya. Selanjutnya cari segera bantuan dokter.
  • Bila benda itu mengambang di selaput air mata atau di permukaan mata, mungkin Anda dapat mengguyurnya keluar atau membuangnya dengan tangan. Sementara memegangi pelupuk atas atau bawah supaya terbuka, gunakan gulungan kapas yang dibasahi atau ujung kain bersih untuk menyingkirkan benda tersebut. Jika Anda tidak mampu membuangnya, tutuplah kedua matanya dengan kain lembut dan bawalah ia ke dokter.
  • Jika Anda telah berhasil menyingkirkan benda itu, cucilahlah mata dengan cairan pembersih mata atau dengan air.
  • Bila rasa nyeri, gangguan penglihatan atau wama kemerahan tidak juga hilang, sebaiknya segera ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *