Ada gigitan atau sengatan yang terasa sedikit lebih gatal yang mengganggu atau rasa kesemutan dan sedikit pembengkakan yang lenyap dalam waktu satu dua hari. Namun, 15% penduduk peka terhadap racun serangga. Lebah, tawon, dan semut api lazimnya sangat mengganggu. Nyamuk, kutu, lalat penggigit, dan beberapa jenis laba-laba dapat juga menimbulkan masalah, cuma reaksi yang ditimbulkan biasanya lebih ringan.

Gejala reaksi alergi biasanya muncul beberapa menit setelah terjadi sengatan atau gigitan. Tetapi ada juga reaksi alergi yang baru muncul sesudah beberapa jam atau bahkan setelah beberapa hari. Apabila Anda agak peka terhadap racun, maka timbulnya bintik-bintik merah, mata gatal, pedih dan sangat gatal di sekitar tempat sengatan atau gigitan merupakan hal biasa. Pada reaksi yang lebih lambat, mungkin Anda akan mengalami demam, persendian sakit, bintik-bintik merah perih dan kelenjar-kelenjar membengkak. Bisa saja Anda mengalami baik reaksi langsung maupun reaksi lambat dari gigitan atau sengatan yang sama.

Reaksi alergi yang hebat dapat mengancam nyawa. Kalau sangat peka, boleh jadi Anda mengalami bintik-bintik merah dan perih yang hebat, pembengkakan hebat pada kedua mata, bibir atau bagian dalam tenggorokan; pembengkakan pada tenggorokan dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Pusing, rasa bingung, kram perut, mual-mual, muntah-muntah atau pingsan dapat pula menyertai reaksi yang parah.

Perawatan Mandiri

  • Buang sengat dengan pinset. Pegang kuat bagian tempat sengat itu masuk pada kulit, atau gesekkan kuat-kuat bagian kulit Anda itu dengan pinggiran benda keras seperti kartu kredit. Setelah itu olesi bagian yang terkena dengan desinfektan.
  • Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, tempelkan es batu atau kompres dingin.
  • Oleskan krim hidrokortison 0,5 -1%, losion calamin atau soda kue ke bagian kulit yang disengat atau digigit itu beberapa kali sehari sampai gejalanya mereda.
  • Minum obat antihistamin atau jenis diphenhydramine. (Benadryl, Chlor-trimeton)

Kalau Anda pernah mengalami reaksi alergi hebat di masa lampau:

  • Bawalah senantiasa perlengkapan alergi yang berisi epinefrin.
  • Miliki kalung/gelang peringatan timbulnya alergi.
  • Beri tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat kepada anggota keluarga atau teman.

Pertolongan Medis

Kalau reaksi alergi terhadap suatu gigitan serangga itu hebat (sampai terjadi sesak napas, lidah membengkak, bintik-bintik merah perih), pergilah segera ke dokter atau ke unit gawat darurat terdekat.

Reaksi alergi yang sangat hebat terhadap sengatan lebah dapat membawa maut. Jika Anda sampai mengalami kesulitan bernapas, pembengkakan bibir atau tenggorokan, pingsan, kacau, denyut jantung cepat atau bintik-bintik merah setelah sengatan, carilah segera pertolongan darurat. Reaksi alergi yang tidak sehebat itu termasuk mual-mual, kram usus, diare atau pembengkakan yang diameternya lebih dari 5 cm di tempat tersebut. Pergilah segera ke dokter bila Anda mengalami salah satu dari gejala ini.

Dokter akan memberikan suntikan desensitisasi yang dapat menolong mengurangi kepekaan tubuh terhadap racun serangga, berikut perlengkapan P3K yang berisi tablet antihistamin serta suntikan berisi epinefrin (adrenalin). Jagalah agar obat-obat tersebut senantiasa baru; secara berkala periksalah tanggal kedaluwarsanya.