Pertolongan Pertama Mengatasi Radang Beku

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Cuaca Dingin > Pertolongan Pertama Mengatasi Radang Beku

Radang beku dapat mengenai setiap bagian tubuh Anda. Tangan, kaki, hidung, dan telinga Anda adalah bagian yang paling mudah terkena radang beku, karena organ-organ tubuh ini kecil dan terpapar. Pada suhu di bawah titik beku, pembuluh-pembuluh darah halus di kulit akan menyempit, sehingga mengurangi aliran darah dan oksigen ke jaringan sekitarnya. Sel-sel pun menjadi rusak.

Gejala awal radang beku bisa berupa ada rasa sedikit sakit dan kesemutan. Ini biasanya diikuti dengan mati rasa. Kulit kelihatan sangat pucat, terasa keras, dingin dan mati rasa. Radang beku dapat merusak lapisan jaringan paling dalam. Ketika lapisan jaringan paling dalam membeku, sering kali 1-2 hari kemudian terbentuk bintil-bintil lepuhan.

Penderita aterosklerosis atau orang yang sedang makan obat sakit jantung kemungkinan lebih mudah terkena radang beku.

Perawatan Sendiri

  • Hangatkan dengan perlahan dan hati-hati bagian tubuh yang terkena radang beku. Jika Anda berada di udara luar, tempelkan kedua tangan langsung ke bagian tubuh lain yang lebih hangat. Hangatkan kedua tangan Anda dengan memasukkannya ke ketiak; apabila hidung, telinga atau, wajah Anda terkena radang beku, hangatkan bagian tersebut dengan menutupnya dengan kedua tangan yang hangat (tetapi usahakan kedua tangan agar tetap terlindung).
  • Bila mungkin, rendam kedua tangan atau kaki ke dalam air yang sedikit lebih hangat dari suhu normal tubuh (38° – 40°C) atau yang terasa suam-suam kuku bagi orang lain.
  • Jangan menggosok bagian yang terkena radang beku.
  • Jangan merokok. Xikotin menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit sehingga bisa menghambat peredaran darah.
  • Naikkan kedua kaki vang terkena radang beku itu setelah dihangatkan kembali.
  • Jangan menggemakan panas langsung (misalnya bantalan penghangat).
  • Jangan menghangatkan kembali bagian yang terkena radang beku bila ada kemungkinan bagian itu akan membeku lagi.

Efek Selanjutnya

Bagian tubuh yang terkena radang beku akan berwarna merah dan terasa berdenyut, atau terasa sakit sewaktu melunak. Bahkan pada radang beku ringan pun, rasa normal ada kemungkinan tidak akan segera kembali. Pada radang beku hebat, bagian tubuh itu kemungkinan akan tetap mati rasa sampai benar-benar sembuh. Pada kasus ekstrem, penyembuhan dapat memakan waktu berbulan-bulan, dan kerusakan kulit secara permanen dapat mengubah indera peraba Anda. Dalam kasus berat, di mana setelah bagian yang terkena itu dihangatkan kembali akan muncul infeksi, vang memerlukan antibiotik.

Sebaiknya, beristirahatlah di tempat tidur dan lakukan terapi fisik. Jangan merokok selama masa pemulihan. Sekali mengalami radang beku, betapapun ringannya, ada kecenderungan Anda akan mengalaminya lagi.

Perawatan Darurat

Jika mati rasa tetap ada selama penghangatan kembali, carilah segera pertolongan dokter. Orang yang terkena radang beku pada tangan atau kaki ada kemungkinan menderita hipotermia juga. Perhatikan tanda-tanda kedinginan atau cedera dingin (cold injury) sementara anak

Anda berada di luar rumah. Periksa kalau ada bagian-bagian pakaiannya yang basah karena bisa bertambah dingin. Ajari anak-anak yang lebih tua, bagaimana melihat tanda-tanda cedera dingin dan minta mereka sungguh-sungguh mengamati adanya perubahan warna kulit teman-teman mereka yang lebih muda.

Beritahukan anak Anda agar jangan menyentuh logam dingin dengan tangan telanjang atau menjilat benda-benda logam yang amat dingin.

Cara Mencegah Cedera Cuaca Dingin

  • Jaga agar tubuh tetap kering. Tubuh akan kehilangan panas lebih cepat kalau keadaan kulit basah oleh hujan, salju, atau keringat.
  • Lindungi diri dari angin. Angin dapat mengambil panas tubuh lebih banyak daripada udara dingin saja. Angin terutama akan berpengaruh pada kulit yang tidak tertutup.
  • Kenakan pakaian yang berisolasi, yang melindungi dan “bernapas.” Pakaian dengan lapisan dalam yang ringan, longgar yang bisa “menyimpan” udara merupakan penyekat yang efektif. Sedangkan untuk lapisan luar, sebaiknya terdiri atas bahan yang antiair dan antiangin.
  • Tutupi kepala, leher, dan wajah. Kenakan dua pasang kaus kaki dan sepatu bot yang cukup tinggi untuk menutupi mata kaki. Sarung tangan tebal melindungi kedua tangan dengan lebih baik daripada sarung tangan tipis.
  • Andaikata salah satu bagian tubuh menjadi begitu dingin dan mulai terasa mati rasa, luangkan waktu untuk menghangatkannya kembali sebelum melanjutkan aktivitas Anda.
  • Jangan menyentuh logam dengan kulit telanjang, karena logam dingin dapat menyerap panas dengan cepat.
  • Perjalanan serta aktivitas luar sebaiknya dilakukan dengan terencana. Bawalah peralatan darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *