Pertolongan Pertama Ketika Menderita Sakit Gigi

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Gigi > Pertolongan Pertama Ketika Menderita Sakit Gigi

Pada kebanyakan anak dan orang dewasa, pembusukan gigi (gigi berlubang, yang juga disebut karies) merupakan penyebab utama sakit gigi. Pembusukan gigi terutama disebabkan oleh bakteri dan karbohidrat. Bakteri itu terdapat pada plak, yaitu lapisan tipis yang hampir tidak tampak pada permukaan gigi.

Pembusukan gigi membutuhkan waktu, biasanya satu atau dua tahun pada gigi permanen, dan kurang dari itu pada gigi susu. Pembentukan asam terjadi dalam 20 menit pertama setelah makan.

Asam pembusuk yang terbentuk dalam plak menyerang lapisan gigi paling luar. Erosi yang ditimbulkan plak itu menyebabkan terbentuknya lubang-lubang kecil pada permukaan gigi (plak terbuka). Tanda pertama pembusukan adalah rasa sakit bila Anda makan sesuatu yang manis, sangat dingin, atau sangat panas.

Perawatan Mandiri

Sebelum Anda sempat ke dokter gigi, cobalah beberapa petunjuk perawatan gigi sendiri di bawah ini:

  • Usahakan membuang sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi itu dengan benang.
  • Isaplah es batu yang ditempatkan pada bagian yang teriritasi.
  • Gunakan obat bebas penghilang rasa sakit.
  • Obat-obat antiseptik bebas yang mengandung benzokain akan menghilangkan rasa sakit sementara. Minyak cengkih (eugenol) dapat meringankan rasa sakit. Minyak itu biasanya tersedia di apotek.
  • Pencegahan merupakan jalan terbaik menghindari terjadinya pembusukan dan lubang pada gigi.

Hati-hati !!!

Pembengkakan, rasa sakit saat menggigit, kotoran gigi berbau busuk dan warna kemerahan menunjukkan adanya infeksi. Pergilah ke dokter gigi segera. Bila rasa sakit disertai demam, lakukan segera perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *