Cara Mengetahui dan Mendeteksi Terjadinya Perdarahan Dalam / Internal

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Perdarahan > Cara Mengetahui dan Mendeteksi Terjadinya Perdarahan Dalam / Internal

Untuk kasus cedera traumatis, seperti tabrakan mobil atau terjatuh, adanya perdarahan internal / luka dalam kemungkinan tidak tampak dari luar. Untuk itu ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan:

  • Adanya perdarahan dari telinga, hidung, anus atau vagina, muntah atau batuk darah.
  • Adanya memar di leher, dada, atau perut.
  • Ada luka yang menembus tengkorak, dada, atau rongga perut.
  • Rasa sakit pada perut, disertai pengerasan atau kejang-kejang otot perut.
  • Tulang retak.

Perdarahan internal dapat menimbulkan shock. Volume darah dalam tubuh berkurang, orang yang bersangkutan merasa lemas, haus, gelisah, dan kulit terasa dingin. Gejala shock lain yang dapat menunjukkan adanya perdarahan internal antara lain, napas yang pendek-pendek dan lambat, denyut nadi yang cepat dan lemah, gemetar dan gelisah. Korban bisa pingsan dan kehilangan kesadaran bila berdiri atau duduk, tetapi sadar kembali bila dibiarkan tiduran.

Bila terlihat indikasi kuat adanya perdarahan internal, bawa segera ke dokter atau ke unit gawat darurat. Perlakukan orang tersebut sesuai penanganan untuk korban shock. Biarkan ia tiduran dengan tenang dan nyaman. Longgarkan pakaiannya, tapi jangan memberinya makanan atau minuman apa pun.

Perdarahan internal, terutama di perut, kepala atau dada, merupakan hal serius yang dapat mengancam nyawa. Bisa berdampak kehilangan darah, walau tidak tampak adanya perdarahan eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *