Farmacrol Forte

Farmasi-id.com > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Regulator GIT, Antiflatulen, & Antiinflamasi > Farmacrol Forte

By | 30/07/2018

Produsen:

Fahrenheit

Komposisi:

Per tab Simethicone 125 mg, Mg(OH)2 100 mg, Al(OH)3 -Mg carbonate dried gel 275 mg. Per 5 mL susp Al(OH)3 200 mg, simethicone 125 mg, Mg(OH)2 100 mg.

Indikasi:

Hiperasiditas lambung yang berkaitan dengan tukak lambung, esofagitis, gastritis & kembung.

Produk Lainnya

Dosis:

Dws 1 tablet atau 1 sdt. Anak 1/2 tablet atau 1/2 sdt. Diberikan 3-4 x/hari.

Pemberian Obat:

Sebaiknya diberikan pada saat perut kosong.

Kontra Indikasi:

Gangguan fungsi ginjal yang parah.

Perhatian:

Diet rendah fosfat, pemakaian jangka panjang.

Efek Samping:

Konstipasi, diare, deplesi fosfat, hipermagnesia, obstruksi intestinal (dosis tinggi).

Interaksi Obat:

Mengganggu absorpsi tetrasiklin, Fe, INH, warfarin, digoksin, fenitoin. Alkalisasi urin dapat meningkatkan kuinidin plasma.

Kemasan/Harga:

Tablet kunyah 10 x 10 (Rp60.000). Suspensi 100 mL x 1 (Rp35.000), 200 mL x 1 (Rp44.000).

US FDA Preg Cat, ()

Sekilas Tentang Magnesium Hydroxide

Magnesium hidroksida berguna untuk mengurangi asam lambung, dan meningkatkan kadar air di usus yang untuk menginduksi buang air besar. Magnesium hidroksida juga digunakan sebagai pencahar untuk meringankan sembelit (iregularitas) dan sebagai antasid untuk meredakan gangguan pencernaan, asam lambung, dan mulas.

Sekilas Tentang Aluminium Hydroxide

Aluminium hidroksida merupakan mineral alami yang termasuk dalam golongan antasida. Aluminium hidroksida digunakan untuk mengobati mulas, sakit perut, asam lambung, atau gangguan pencernaan asam. Aluminium hidroksida juga digunakan untuk mengurangi kadar fosfat pada orang dengan kondisi ginjal tertentu.

Sekilas Tentang Simethicone

Simethicone digunakan untuk meringankan ketidaknyamanan di saluran pencernaan yang disebabkan oleh gas seperti kembung, sering bersendawa, dan sebagainya. Cara kerja simethicone yaitu mengurangi ketegangan di permukaan gelembung gas kemudian gelembung gas tadi bergabung menjadi gelembung yang lebih besar di saluran pencernaan sehingga mempermudah pengeluarannya. Simethicone tidak dapat digunakan untuk mengurangi atau mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Simethicone sering dikombinasikan dengan obat lain untuk berbagai jenis indikasi.

Obat ini relatif aman untuk digunakan pada orang dewasa, anak-anak, dan bayi. Simethicone drops sering digunakan untuk mengatasi kolik pada bayi untuk mengatasi gas yang di dalam saluran pencernaannya. Obat ini juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan penelitian tidak menemukan bukti bahwa obat tersebut melintasi plasenta. Obat ini juga aman dikonsumsi oleh wanita menyusui.