ESTAZOR

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Kolagogum, Kolelitolitik, & Hepatoprotektor > ESTAZOR

Produsen:

Fahrenheit.

Komposisi:

Ursodeoxycholic acid.

Indikasi:

Batu empedu tembus sinar X dengan diameter ≤ 20 mm. Pasien dengan risiko tinggi jika operasi atau pasien yang menolak operasi kandung empedu. Penderita usia lanjut & penderita dengan reaksi idiosinkrasi terhadap anestesi umum & pasien yang menolak intervensi bedah.

Dosis:

8-10 mg/kgBB/hari dibagi dalam 2-3 dosis.

Pemberian Obat:

Diberikan bersama makanan.

Kontra Indikasi:

Batu kolesterol yang mengalami klasifikasi batu pigmen empedu radioopak atau radiolusen. Kolesistitis akut yang tidak mengalami remisi, kolangitis, obstruksi bilier, pankreatitis, fistula GI biliar. Alergi terhadap asam empedu.

Perhatian:

Hamil & laktasi.

Efek Samping:

Diare, ruam, pruritus.

Interaksi Obat:

Absorpsi dihambat oleh kolestiramin & Al(OH)3.

Kemasan/Harga:

Kaps 250 mg x 30 (Rp165.000).

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA):

Kategori B: Studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko pada janin tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak terjadi pada studi terkontrol terhadap wanita hamil trimester 1 (dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester selanjutnya).