Erymed Topical Solution

By | Juli 28, 2021 |

Kandungan dan Komposisi Erymed Topical Solution

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Erymed Topical Solution adalah:

ERYMED® (2% Erythromycin) Topical Solution adalah sediaan cair dari antibiotika yang digunakan untuk pengobatan JERAWAT. Tiap ml mengandung 20 mg Erythromycin dalam pelarut alkohol, propilen glikol dan air suling. Erythromycin adalah golongan antibiotika yang termasuk kelas makrolida, dihasilkan oleh jamur Streptomyces erythreus.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Erymed Topical Solution

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Erymed Topical Solution adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

ERYMED® Topical Solution digunakan untuk pengobatan Acne vulgaris.

Kontraindikasi Erymed Topical Solution

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Erymed Topical Solution dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

ERYMED® Topical Solution tidak digunakan terhadap orang yang hipersensitif terhadap Erythromycin atau bahan-bahan lainnya yang terkandung di dalamnya.

PERINGATAN

ERYMED® Topical Solution tidak boleh digunakan oleh wanita hamil atau menyusui.

Perhatian Penggunaan Erymed Topical Solution

ERYMED® Topical Solution hanya digunakan untuk pemakaian luar dan hindarkan kontak dengan mata, hidung, mulut dan selaput lendir lainnya. Penggunaan bersama obat jerawat topikal lain harus berhati-hati sebab kemungkinan terjadi iritasi kumulatif, terutama bila digunakan bahan-bahan pengelupas atau penggosok. Penggunaan antibiotika dapat menimbulkan pertumbuhan organisme yang resisten terhadap antibiotika. Jika hal ini terjadi, pemberian obat ini harus segera dihentikan dan kemudian di ambil tindakan yang tepat.

REAKSI YANG TIDAK DIKEHENDAKI

Dilaporkan terjadinya kekeringan,”tenderness”, gatal-gatal, pengelupasan kulit, kemerah-merahan, berminyak dan rasa panas. Dilaporkan juga adanya iritasi terhadap mata. Kemungkinan lainnya umumnya timbul reaksi gatal-gatal ( urticaria) yang berhubungan dengan pemakaian obat ini, untuk ini diperlukan pengobatan steroid secara sistemik.

Dosis DAN PEMBERIAN

ERYMED® Topical Solution digunakan tiap pagi dan malam pada daerah yang berjerawat. Pertama-tama daerah yang berjerawat dibersihkan dengan air, sabun atau susu pembersih (Milk Cleanser), dibilas dan dikeringkan. ERYMED® Topical Solution digunakan dengan ujung aplikator. Bila menggunakan ujung jari, cuci tangan setelah pemakaian. Apabila terjadi pengeringan dan pengelupasan kurangi pemakaiannya.

Izin, Kemasan & Sediaan Erymed Topical Solution

Botol gelas dengan aplikator isi 30 ml.

PENYIMPANAN
Simpan di tempat yang gelap dan sejuk.
HARUS DENGAN RESEP DOKTER
JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK-ANAK
P.T SURYA DERMATO MEDICA LABORATORIES Surabaya, Indonesia
No. Reg. DKL 8528601141 A1
Banyak Dibaca Hari Ini
Banyak Dibaca Minggu Ini
Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *