Erpha Allergil

By | Juni 20, 2022 |

Apa Kandungan dan Komposisi Erpha Allergil?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Erpha Allergil adalah:

Promethazine Hydrochloride 20 mg/g krim

Sekilas Tentang Promethazine Pada Erpha Allergil
Promethazine adalah antihistamin antagonis reseptor H1 generasi pertama dan obat antiemetik. Ini adalah obat resep di Amerika Serikat, tetapi tersedia tanpa resep di Inggris Raya, Swiss, dan banyak negara lain (nama merek Phenergan, Promethegan, Romergan, Fargan, Farganesse, Prothiazine, Avomine, Atosil, RhinathioL).

Promethazine juga memiliki efek antikolinergik dan sedatif/hipnotik yang kuat. Sebelumnya digunakan sebagai antipsikotik, meskipun umumnya tidak diberikan untuk tujuan ini sekarang; prometazin hanya memiliki sekitar 1/10 kekuatan antipsikotik klorpromazin.

Indikasi

  • Sebagai obat penenang/hipnotis

  • Untuk sedasi sebelum operasi dan untuk melawan mual pascanarkotik

  • Sebagai obat anti alergi untuk memerangi hay fever, rinitis alergi, dll. Untuk mengobati reaksi alergi dapat diberikan sendiri atau dikombinasikan dengan dekongestan oral seperti pseudo-efedrin.

  • Bersama dengan kodein atau dekstrometorfan melawan batuk

  • Sebagai obat mabuk perjalanan atau mabuk laut bila digunakan dengan Efedrin atau Pseudoephedrine.

  • Sebagai antipruritus (pruritus vulvae).

  • Untuk memerangi morning sickness sedang hingga berat dan hiperemesis gravidarum. Di Inggris prometazin adalah obat pilihan pertama yang lebih disukai sebagai obat yang lebih tua dengan pengalaman penggunaan yang lebih besar pada kehamilan (lini kedua adalah metoklopramid atau proklorperazin). Sementara di AS, Zofran (ondansetron) adalah obat pilihan yang biasa, meskipun biayanya yang tinggi menjadi penghalang bagi beberapa wanita.


Kontraindikasi

  • Promethazine tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia dua tahun; ada potensi depresi pernafasan yang fatal pada kelompok usia ini.

  • Hipersensitivitas terhadap Fenotiazin

  • Glaukoma sudut tertutup

  • Keracunan dengan alkohol atau depresan sentral lainnya

  • Hipotensi berat atau syok

  • Koma karena alasan apapun

  • Fungsi hati yang sangat terganggu

  • Keragu-raguan urin karena pembesaran kelenjar prostat


Efek samping

Efek samping yang khas adalah:

  • Penglihatan kabur

  • Kebingungan pada orang tua

  • Mengantuk, pusing, kelelahan, lebih jarang vertigo

  • Mulut kering

  • Kejang (sangat jarang)

  • Sindrom neuroleptik maligna (sangat jarang)

  • Depresi pernapasan pada pasien di bawah usia 2 tahun dan pada mereka dengan fungsi paru yang sangat terganggu

  • Sembelit

  • Euforia (sangat jarang dengan dosis IV tinggi dan/atau pemberian bersama dengan opioid/depresan SSP)


Pemeriksaan laboratorium

Semua pasien harus sering diukur tekanan darahnya. Selama terapi jangka panjang, jumlah sel darah, studi fungsi hati, EKG, dan EEG direkomendasikan. Interval harus ditentukan sesuai dengan profil risiko pasien.

Erpha Allergil Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Erpha Allergil?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Erpha Allergil adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Pengobatan lokal akibat reaksi alergi kulit seperti: urticaria, atopic dermatitis, alergic rhinitis dan hay fever, general pruritus dan sengatan serangga.

Sekilas tentang kulit
Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki luasnya sekitar 2 m2 dengan ketebalan rata-rata 1-2 mm. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis atau subkutis.

Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kulit memiliki fungsi menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya, mencegah infeksi, mengatur suhu tubuh, mengekskresi zat buangan, mensintesis vitamin D, dan menjadi sensor peraba.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Erpha Allergil?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Erpha Allergil:

Oleskan tipis dan merata sehari 3-4 kali

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Erpha Allergil?

Dus @ tube @ 5 g, krim 20 mg

Berapa Nomor Izin BPOM Erpha Allergil?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk Erpha Allergil:

DTL8306404129A1

Apa Nama Perusahaan Produsen Erpha Allergil?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Erpha Allergil:

Erlimpex

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.