ERLA NEO HYDROCORT

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Kulit > ERLA NEO HYDROCORT

Kandungan

  • Neomycin Sulfate 0,5 %
  • Hydrocortisone Acetate  1 %

Indikasi

Untuk eksim alergi dan infeksi jamur.

Cara Kerja Obat

Kontra Indikasi

  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada obat golongan kortikosteroid.
  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada neomycin.
  • Sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang menderita infeksi jamur sistemik, penderita TBC aktif, herpes zoster, herpes simplex, dan infeksi virus lain.

Efek Samping

Peringatan dan Perhatian

  • Jangan menggunakan obat ini pada area mata atau dekat area mata.
  • Area kulit yang diolesi cream ini sebaiknya tidak dibalut verban, karena bisa meningkatkan penyerapannya ke dalam darah dan menimbulkan efek samping sistemik.
  • Belum diketahui apakah kortikosteroid topikal bisa diekskresikan melalui air susu ibu (ASI), namun karena potensi bahaya yang mungkin timbul pada bayi, sebaiknya penggunaan obat ini oleh ibu menyusui dilakukan secara hati-hati.
  • Penyerapan ke dalam darah terjadi lebih besar pada pasien anak usia < 6 tahun, penggunaan pada area kulit yang luas, penggunaan jangka panjang, dan penggunaan pakaian ketat pada area kulit yang diobati. Pada situasi ini, kortikosteroid topikal akan menimbulkan efek samping sistemik yang lebih besar.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (menurut FDA)

FDA (badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat) mengkategorikan sebagai berikut:

  • Hydrocortisone kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.
    Fakta bahwa obat ini telah terbukti menyebabkan efek buruk terhadap janin hewan, harus menjadi perhatian serius. Namun jika ada alasan medis yang mengharuskan penggunaan obat ini, dan tidak ada pilihan obat lain, penggunaan obat yang mengandung hydrocortisone dan neomycin pada wanita hamil bisa dilakukan.
    Penggunaan obat yang mengandung kortikosteroid pada area tubuh yang luas, penggunaan jangka panjang, penekanan pada tempat penggunaan baik oleh pemakaian verban atau pakaian ketat sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan penyerapan obat ini ke dalam darah. Penyerapan yang tinggi akan meningkatkan potensi terjadinya efek samping yang merugikan pada janin.
  • Neomycin kedalam kategori D dengan penjelasan sebagai berikut :Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia . namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.
    Belum diketahui apakah seberapa besar penyerapan sistemik neomycin bila digunakan secara topikal. Namun mengingat potensi bahayanya, penggunaan oleh wanita hamil harus dilakukan secara hati-hati.

Dosis

Oleskan pada area kulit terinfeksi 2 x sehari.

Kemasan dan Sediaan

Dus, tube @ 5 g, krim

Izin BPOM

DKL7206316229A1

Harga

Rp 7.000/dus, tube @ 5 g, krim

Produsen

Erela