ERAZOL

Farmasi-id.com > Kulit > Antijamur & Antiparasit Topikal > ERAZOL

By | 03/05/2018

Kandungan

Ketoconazole

Indikasi

Infeksi dermatofit pada kulit seperti tinea pedis, tinea corporis, tinea cruris, tinea manus yang disebabkan oleh Trichophyton rubrum, Trichophyton mentagrophytes, Microsporum canis & Epiderma floccosum; kandidiasis kutaneous, tinea versicolor & dermatitis seboroik yang disebabkan oleh Pytirosporum ovale.

Farmakologi

Menghambat sintesis ergosterol yang merupakan komponen vital dalam membran sel jamur sehingga mempengaruhi permeabilitas sel.

Efek Samping

Iritasi, pruritus, rasa terbakar dan reaksi alergik dapat terjadi selama pengobatan dengan Ketoconazole krim.

Kontra Indikasi

Hipersensitif terhadap ketoconazole

Peringatan dan Perhatian

  • Krim ini tidak boleh digunakan untuk mata.
  • Bila terjadi reaksi yang diperkirakan sebagai reaksi sensitivitas atau iritasi, obat harus dihentikan.
  • Hati-hati bila digunakan pada wanita hamil dan menyusui.
  • Keamanan dan efektifitas pada anak masih belum mantap.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Dosis

Oleskan pada bagian yang terinfeksi & area sekitarnya 1-2x/ hr selama 2-6 minggu tergantung tingkat keparahan infeksi yang diderita.

Izin BPOM, Kemasan,  Sediaan, Harga

  • DTL0535801129A1, Dus, tube @ 15 gram, krim 2 %, Rp 20.000/tube
  • DTL0535801241A1, Dus, botol @ 30 ml, cairan obat luar / lotion 2 %, Rp 48.000/botol

Produsen

Genero Pharmaceutical, Derma XP

Sekilas tentang antijamur dan antiparasit topikal

Antijamur (atau dapat disebut juga antifungal) adalah suatu golongan obat yang bersifat fungisida atau fungistatik yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah mikosis seperti kutu air, kurap, kandidiasis, infeksi sistemik serius seperti meningitis kriptokokus, dan lain-lain. Biasanya obat antijamur harus diberikan dengan resep dokter, tetapi beberapa ada yang tersedia secara bebas (over-the-counter).

Antijamur bekerja dengan memanfaatkan perbedaan antara sel hewan dan jamur untuk membunuh organisme jamur dengan sedikit efek samping pada pasien. Tidak seperti bakteri, jamur dan manusia merupakan eukariota. Dengan demikian, sel jamur dan manusia mempunyai kemiripian pada tingkat biologis. Hal ini membuat sulitnya menemukan obat yang mentarget jamur tanpa mempengaruhi sel-sel manusia. Karena itu, banyak obat-obatan antijamur memberikan efek samping. Beberapa efek samping dapat membahayakan manusia jika obat-obatan tersebut tidak digunakan dengan benar.

Antiparasit merupakan zat yang mempunyai sifat membasmi parasit. Parasit adalah organisme kecil yang hidup menempel pada organisme yang lebih besar dengan maksud untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Antiparasit diindikasikan untuk pengobatan penyakit parasit, seperti yang disebabkan oleh cacing, amuba, ektoparasit, jamur parasit, dan protozoa, dan lain-lain. Antiparasit menargetkan agen parasit infeksi dengan menghancurkan mereka atau menghambat pertumbuhan mereka, mereka biasanya efektif melawan sejumlah parasit dalam kelas tertentu. Antiparasitik adalah salah satu obat antimikroba yang termasuk antibiotik yang menargetkan bakteri, dan antijamur yang menargetkan jamur. Mereka dapat diberikan secara oral, intravena atau topikal.

Antiparasit spektrum luas, analog dengan antibiotik spektrum luas untuk bakteri, adalah obat antiparasit dengan keampuhan dalam mengobati berbagai infeksi parasit yang disebabkan oleh parasit dari berbagai kelas.

Terapi topikal merupakan pengobatan/terapi yang pemberiannya diterapkan ke kulit, seperti dengan krim, gel, atau salep.