DUPHALAC

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Laksatif, Pencahar > DUPHALAC

Komposisi

Lactulose.

Indikasi

Konstipasi kronis, ensefalopati sistemik portal, termasuk keadaan pre-koma hepatik & koma hepatik.

Dosis

Konstipasi kronis dibagi dalam dosis awal (3 hr) & dosis penunjang. Dws Berat: awal 30-45 mL, kmd 15-25 mL. Sedang: awal 15-30 mL, kmd 10-15 mL. Ringan: awal 15 mL kmd 10 mL. Anak 6-14 thn awal 15 mL, kmd 10 mL. 1-6 thn 5-10 mL (awal & penunjang). Bayi 5 mL (awal & penunjang). Pre-koma hepatik & koma hepatik awal 30-50 mL 3 x/hari. Penunjang disesuaikan dengan kebutuhan penderita & hrs dicegah terjadinya diare.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan : Dpt diberikan bersama makanan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada GI. Utk mengatasi konstipasi & membuat konsistensi feses mjd lunak: dianjurkan untuk diberikan pada saat makan pagi.

Kontra Indikasi

Diet rendah galaktosa, galaktosemia.

Perhatian

DM.

Efek Samping

Kembung.

Interaksi Obat

Respon diganggu oleh gol anti infeksi.

Keamanan Kehamilan

B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Sediaan Kemasan/Harga

Duphalac sirup 3.35 g/5 mL 120 mL x 1’s (Rp41,010/botol)

Produsen

Abbott