Dobutamin

By | November 24, 2020 | Farmasi-id.com > Health > Dobutamin

NAMA GENERIK
Dobutamin

NAMA KIMIA
Sinonim : Dobutamine hydrochloride

STRUKTUR KIMIA
C18H23NO3 • HCl

KETERANGAN
Dobutamine adalah simpatomimetic sintetik yang secara struktur berhubungan dengan dopamine dan tergolong selective ß1-adrenergic agonist

SIFAT FISIKOKIMIA
Dobutamine hidroklorida merupakan sebuk kristal berwarna putih, agak larut dalam air dan alkohol. Dobutamine mempunyai pKa 9,4.;Dobutamine hidroklorida dalam perdagangan tersedia dalam bentuk larutan steril dalam aqua pro injeksi.;Dalam perdagangan larutan Dobutamine hidroklorida merupakan larutan jernih tidak berwarna hingga larutan berwarna sedikit kekuning-kuningan

SUB KELAS TERAPI
Obat Kardiovaskuler

FARMAKOLOGI
Onset of action (waktu onset) : IV : 1-10 menit;Peak effect (efek puncak): 10-20 menit;Metabolisme : di jaringan dan hepar menjadi bentuk metabolit yang tidak aktif ;T1/2 eliminasi (half-life elimination) : 2 menit ;Ekskresi : urin (sebagai metabolit)

STABILITAS PENYIMPANAN
Larutan dobutamine hidroklorida dikocok tiap 24 jam; simpan larutan yang telah direkonstitusi di refrigerator dalam waktu 48 jam atau 6 jam pada suhu kamar; perubahan warna merah muda menunjukkan terjadi sedikit reaksi oksidasi tetapi potensi ;tidak berkurang secara signifikan;Stabilitas sediaan parenteral admixture pada suhu kamar (25°C): 48 jam; pada refrigerator (40°C): 7 hari;Stándar pelarut untuk dewasa : 250 mg/500 mL D5W; 500 mg/500 mL D5W ;Inkompatibel dengan heparin, sefazolin, penicillin dan sodium bicarbonat; inkompatibel dalam larutan alkali (sodium bicarbonat);Kompatibel dengan dopamin, epinefrin, isoproterenol, lidokain;Injeksi dobutamine hidroklorida disimpan dalam 15°– 30°C

Kontraindikasi Dobutamin

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Dobutamin dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:


Hipersensitif terhadap dobutamine atau sulfit (beberapa sediaan mengandung sodium metabisulfat), atau beberapa komponen dalam formulasi, idiopathic hypertrophic subaortic stenosis (IHSS)

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Dobutamin Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Dobutamin?

Jika Anda lupa menggunakan Dobutamin, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Dobutamin Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Dobutamin?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Dobutamin yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Dobutamin

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Dobutamin yang mungkin terjadi adalah:


Takikardia dan meningkatnya tekanan darah sistolik menunjukkan terjadi overdosis, flebitis, jarang terjadi efek trombositopenia

Interaksi Obat Dobutamin

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Dobutamin antara lain:


Meningkatkan efek/toksisitas : anastetik umum (contoh: halothan atau siklopropan) dan dosis lazim dobutamin menyebabkan aritmia ventrikular pada hewan. Bretylium dapat mempotensiasi efek dobutamin. Beta blocker (nonselective) dapat meningkatkan efek ;hipertensi,hindari penggunaan secara bersamaan. Kokain dapat menyebabkan aritmia hebat. Guanetidin, inhibitor MAO, metildopa, reserpin dan antidepresan trisiklik dapat meningkatkan respon presor pada simpatomimetik.;Menurunkan efek : bloker beta adrenergik dapat menurunkan efek dobutamin dan meningkatkan risiko hipotensi yang berat.

PENGARUH ANAK
Keamanan dan efikasi penggunaan obat ini untuk anak-anak belum ada bukti yang mantap

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko : B

PENGARUH MENYUSUI
Distribusi dobutamin pada air susu tidak diketahui.

PARAMETER MONITORING
Tekanan darah, ECG, heart rate, CVP, RAP, MAP, output urin; jika kateter arteri pulmonary dipasang, monitor CI, PCPW, and SVR; juga monitor serum kalium.

BENTUK SEDIAAN
Cairan Injeksi, Infusi

PERINGATAN
Hipotensi berat pada syok kardiogenik

KASUS TEMUAN
Dobutamin menurunkan tekanan vena sentral namun hanya mempunyai sedikit pengaruh pada tahanan (resistance) vascular pulmonary.;Terapi dobutamin harus dihindarkan pada pasien dengan gagal jantung stabil karena dapat meningkatkan risiko kematian.

INFORMASI PASIEN
Obat ini secara normal diberikan secara injeksi kedalam vena.;Jumlah dan frekwensi penggunaan obat tergantung dari beberapa faktor,seperti kondisi pasien, umur dan berat badan.Bila anda mempunyai pertanyaan yang berkaitan dengan jumlah dan/ frekwensi pemakaian obat tanyakan pada apoteker atau petugas kesehatan. ;Jangan menggunakan OTC atau obat resep yang lain tanpa memberitahu dokter yang merawat;Obat ini hanya digunakan oleh pasien yang mendapat resep. Jangan diberikan pada orang lain.

MEKANISME AKSI
Stimulasi reseptor beta1-adrenergic, menyebabkan peningkatan kontraktilitas dan denyut jantung, dengan sedikit efek pada beta2 atau alpha-reseptor

MONITORING
Tekanan darah, ECG, heart rate, CVP, RAP, MAP, output urin; jika kateter arteri pulmonary dipasang, monitor CI, PCPW, and SVR; juga monitor serum kalium.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Health Produsen, komposisi, dan klasifikasi Dobutamin:
Tags: