Forum Forums Kabar BPJS Keluhan dan Masalah BPJS Stok Obat Untuk Peserta PBJS Sering Kosong & Habis

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by Profile photo of Adi Saputro Adi Saputro 3 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #213
    Profile photo of Adi Saputro
    Adi Saputro
    Keymaster

    null

    Jakarta – Beroperasi sejak 1 Januari 2014, Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menuai banyak keluhan dari masyarakat. Salah satunya ketersediaan obat.

    Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI), Marius Widjajarta, mengungkapkan ketersediaan obat untuk peserta BPJS Kesehatan jadi salah satu yang paling sering dikeluhkan peserta, khususnya di Faskes (Fasilitas Kesehatan) tingkat II.

    “Banyak sekali peserta BPJS di rumah sakit teriak tidak ada obatnya. Banyak sekali yang sering obatnya kosong, sampai infus pun kadang kosong juga,” ucap Marius dalam diskusi Coordinating of Benefit BPJS Kesehatan di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

    Marius menjelaskan, banyak sekali jenis obat yang belum masuk ke dalam daftar Fornas (Formularium Nasional) yang dipakai BPJS Kesehatan.

    Sementara itu, Kepala Departemen Manajemen Manfaat dan Kemitraan Fasilitas Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, Donni Hendrawan, menjelaskan seringnya kasus ketiadaan obat terjadi lantaran belum banyak obat yang diajukan Kementerian Kesehatan ke LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah).

    “Banyak obat yang belum masuk karena belum disetujui oleh LKPP dari Kemenkes. Karena obat untuk BPJS Kesehatan harus lewat bidding (tender) dulu dan disetujui oleh LKPP,” terang Donni.

    Diakuinya, banyak keluhan yang datang ke BPJS Kesehatan terkait masalah obat, baik dari peserta maupun dari apotek rumah sakit.

    “Jadi kawan farmasi juga kebingungan, akhirnya terjadi kondisi seperti sekarang. Kita sudah berusaha ke Kementerian Kesehatan,” pungkas Donni. (ang/ang)

    Sumber: http://finance.detik.com/moneter/3328809/keluhan-peserta-bpjs-kesehatan-obat-sering-langka

    Kesehatan Lebih Berharga daripada Tubuh itu Sendiri

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.