DIGEZYM

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Digestan > DIGEZYM

Produsen:

Ethica.

Komposisi:

Curcuma domestica extr 6.67 mg, Zingiber officinale 76.67 mg, papaya enzymes (papain), 10 mg, pancreatin (bovine pancreas) 170 mg.

Indikasi:

Membantu memelihara kesehatan saluran cerna.

Dosis:

1-2 kapl/hari.

Pemberian Obat:

Berikan 10 menit sebelum makan.

Kemasan/Harga:

Kapl salut selaput 5 x 7 (Rp87.000).

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA):

Tidak diketahui.

Sekilas Tentang Jahe (Zingiber Officinale) dan Manfaatnya

Tumbuhan Jahe mempunyai bau aromatik, rasa pedas, hangat dan tidak beracun.Rimpang jahe mengandung minyak asiri. Minyak asiri tersebut terdiri atas n-nonylaldehide, d-camphene, d-β-phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, lonalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, gengerol, shogaol, dan zingiberene. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung resin tepung kanji dan serat.

Efek farmakologis jahe adalah menambah nafsu makan, memperkuat lambung, peluruh kentut, peluruh keringat, pelancar sirkulasi darah, penurun kolesterol, antimuntah, antiradang, antibatuk, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe.

Sekilas Tentang Kunyit (Curcuma Domestica) dan Manfaatnya

Kunyit (curcuma domestica) merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di ladang dan di hutan, terutama di hutan jati. Banyak juga ditanam di perkarangan. dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2000 m dpl. Tanaman herba tahunan ini menghasilkan umbi utama berbentuk rimpang berwarna kuning tua atau jingga terang dan bagian rimpang inilah yang banyak dijadikan obat.

Khasiatnya antara lain sebagai kholagog, stomakik, antispasmodik, anti inflamasi, anti bakteria, dan kholeretik. Kunyit biasa dipakai untuk menyembuhkan luka dan kurap, mencret, nyeri haid, dan sakit perut.