Depakote/Depakote ER

By | Maret 19, 2021 | Farmasi-id.com > Sistem Saraf Pusat > Antikonvulsan > Depakote/Depakote ER

Kandungan dan Komposisi Depakote/Depakote ER

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Depakote/Depakote ER adalah:

Divalproex Na.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Depakote/Depakote ER

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Depakote/Depakote ER adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Terapi episode manik akut atau campuran yg berhubungan dg ggn bipolar dg atau tanpa disertai psikosis. Terapi tunggal & tambahan utk kejang parsial kompleks yg tjd pd kasus khusus atau yg berhubungan dg kejang tipe lain & kejang tipe multipel. Profilaksis migren pd orang dws.

Sekilas Tentang Obat Antikonvulsan
Antikonvulsan merupakan obat yang berfungsi mencegah, mengurangi, mengatasi serangan kejang.

Dosis dan Aturan Pakai Depakote/Depakote ER

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Depakote/Depakote ER:

Dosis awal 15 mg/kgBB/ hr. Ditingkatkan dg interval 1 minggu sebesar 5-10 mg/kgBB/hr hingga kejang terkendali. Maks: 60 mg/kgBB/hr.

Pemberian Obat

Sebaiknya diberikan bersama makanan : Telan utuh, jangan dikunyah/dihancurkan.

Kontra Indikasi

Penyakit hati atau ggn fugnsi hati yg signifikan. Diketahui mengalami ggn siklus urea.

Perhatian Khusus 

Riwayat penyakit hati, pankreatitis, penurunan asupan makanan atau minuman, somnolen yg berlebihan; individu yg mendapat berbagai antikonvulsan; penyakit otak organik. Hamil. Anak <2 thn atau dg ggn metabolik kongenital atau kejang berat yg disertai dg retardasi mental.

Reaksi Simpang Obat

Mual, muntah, ggn pencernaan, diare, kram perut, konstipasi, anoreksia, sedasi, sakit kepala, pusing, nistagmus, ruam kulit, eritema multiformis.

Interaksi Obat

Antiepilepsi, aspirin, depresan SSP, barbiturat, warfarin, dikumarol.

Kategori Kehamilan (US FDA) 

Kategori D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

Sediaan Kemasan / Harga

  • Depakote EC tab 250 mg 100’s (Rp587,290/pak)
  • Depakote ER tab 250 mg 100’s (Rp435,435/pak)
  • Depakote ER tab 500 mg 100’s (Rp870,898/pak)

Produsen Depakote/Depakote ER

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Depakote/Depakote ER:

Abbott


Abbott Laboratories adalah suatu perusahaan farmasi besar yang memiliki kantor pusat di Abbott Park, Illinois, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh ahli fisika asal Chicago, Dr. Wallace Calvin Abbott. Perusahaan ini selain bergerak dalam bidang farmasi juga bergerak dalam bidang lainnya seperti peralatan medis dan diagnostik, produk nutrisi, alat laboratorium, dan sebagainya. Produk-produk perusahaan ini telah beredar di 130 negara termasuk Indonesia dan jumlah karyawan perusahaan ini diseluruh dunia diperkirakan mencapai 103 ribu orang (per Desember 2018). Saat ini pimpinan Abbott pusat dipimpin oleh Miles D. White yang bertindak sebagai Chairman dan CEO. Ia telah lama bekerja di Abbot sejak tahun 1984.

Abbot diketahui telah banyak melakukan akuisisi terhadap berbagai perusahaan farmasi dan perusahaan lain yang bergerak dibidang kesehatan. Diantaranya adalah Knoll, Kos Pharmaceuticals, TheraSense, STARLIMS, Piramal Healthcare, dan masih banyak lagi.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *