Daryazinc Zinc Sulfate

By | September 25, 2020 | Farmasi-id.com > Health > Daryazinc Zinc Sulfate

DaryaZinc

Zinc Sulfate

Komposisi

Setiap ml drops mengandung :
Zinc Sulfate Monohydrate    27,5 mg
Yang setara dengan Zinc Elemental 10 mg

Setiap 5 ml sirup (1 sendok takar ) mengandung :
Zinc Sulfate Monohydrate    55 mg
Yang setara dengan Zinc Elemental 20 mg

Cara Kerja Obat

Zinc merupakan micronutrien penting untuk kesehatan, pertumbuhan dan pemeliharaan sistem imun tubuh pada anak. Diare menyebabkan hilangnya Zinc dari tubuh dalam jumlah besar, oleh karena itu diperlukan penggantian Zinc untuk  memulihkan dan menjaga kesehatan anak.
Zinc untuk melengkapi pengobatan diare pada anak-anak usia dibawah 5 tahun, penggunaannya selalu disertai dengan cairan oralit (ORS=Oral Rehydration Salt).
Pengobatan Zinc ditujukan untuk pencegahan atau pengobatan dehidrasi ( menggunakan ORS ) dan pencegahan gangguan nutrisi (menggunakan Zinc).
Berikan Zinc sesegera mungkin pada awal diare, bersamaan dengan ORS.
Pemberian Zinc selama dan setelah serangan diare akut dapat menurunkan durasi daan tingkat keparahan diare, selain itu juga  menurunkan kemungkinan timbulnya serangan diare pada 2-3 bulan berikutnya.

Indikasi

Pemberian zinc merupakan pelengkap ORS yang diperlukan untuk pengganti cairan tubuh dan pencegahan dehidrasi pada anak, dan digunakan bersama dengan ORS.

Posologi

Sirup
Bayi 2-6 bulan    :  1/2 sendok takar (10 mg) setiap hari selama 10 hari berturut-turut ( meskipun diare sudah berhenti)

Anak  6 bulan – 5 tahun : 1 sendok takar ( 20mg) setiap hari selama 10 hari berturut-turut (meskipun diare sudah berhenti)

Drops
 Bayi 2-6 bulan    :  1 ml (10 mg) setiap hari selama 10 hari berturut-turut ( meskipun diare sudah berhenti)
Anak  6 bulan – 5 tahun : 2 ml  ( 20mg) setiap hari selama 10 hari berturut-turut (meskipun diare sudah berhenti)

Efek Samping

  • Hingga saat ini tidak ada laporan efek samping yang parah dari pemberian Zinc pada diare. Satu-satunya efek samping yang pernah dilaporkan  adalah muntah dan tidak memerlukan penghentian terapi jika tidak parah. Jika muntah terjadi dalam 1/2 jam setelah pemberian obat, berikan 5 ml sirup (1 sendok takar) / 2 ml drops lagi sebagai penggantinya. Jika pasien memuntahkan 5 ml sirup (1 sendok takar) / 2 ml drops kedua, jangan diberikan lagi pada hari itu, berikan dosis selanjutnya pada hari berikutnya
  • Toksisitas Zinc secara oral pada orang dewasa dapat terjadi akibat asupan Zinc lebih dari 150 mg / hari ( kurang lebih 10 kali dosis yang direkomendasikan ) selama periode yang lama
  • Dosis tinggi zinc untuk periode yang lama dapat menyebabkan penurunan konsentrasi lipoprotein plasma dan penurunan absorpsi tembaga

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas terhadap Zinc.

Interaksi Obat

  • Pemberian Tetracycline bersamaan dengan zinc dapat menurunkan absorpsi keduanya
  • Pemberian produk yang mengandung iron ( zat besi )  dapat menganggu absopsi zinc. Disarankan menggunakan zinc beberapa jam  sebelum atau sesudahnya

Peringatan dan Perhatian

  • Selama diare masih berlangsung, selain diberikan suplemen zinc ,juga diberikan ORS
  • Para ibu menyusui  dianjurkan tetap menyusui atau meningkatkan frekuensi menyusui pada anak selama dan setelah diare

Kemasan

DaryaZinc  Drops , Botol isi 15 ml   : Rp. 43.600
No.Reg. DTL1204520936A1
DaryaZinc Sirup, Botol isi 60 ml    : Rp.  41.250
No.Reg. DTL1204521037A1

SIMPAN PADA SUHU DIBAWAH 30°C.
P. No. 1
Awas ! Obat Keras
Bacalah Aturan Memakainya

Diproduksi Oleh :
Darya-Varia Laboratoria
Gunung Putri Bogor – Indonesia

Terima kasih telah membaca artikel tentang DaryaZinc Zinc Sulfate di blog INFORMASI OBAT-OBATAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :



Suka artikel ini? Bagikan :

Powered by Farmasi-id.com

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Daryazinc Zinc Sulfate Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Daryazinc Zinc Sulfate, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Daryazinc Zinc Sulfate?

Jika Anda lupa menggunakan Daryazinc Zinc Sulfate, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Daryazinc Zinc Sulfate Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Daryazinc Zinc Sulfate?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Daryazinc Zinc Sulfate yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 25 September). Daryazinc Zinc Sulfate. Diakses pada 25 Oktober 2020, dari https://www.farmasi-id.com/daryazinc-zinc-sulfate/


Format MLA (Modern Language Association)

"Daryazinc Zinc Sulfate". Farmasi-id.com. 25 September 2020. 25 Oktober 2020. https://www.farmasi-id.com/daryazinc-zinc-sulfate/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Daryazinc Zinc Sulfate", 25 September 2020, <https://www.farmasi-id.com/daryazinc-zinc-sulfate/> [Diakses pada 25 Oktober 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Last Updated on

Category: Health Produsen, komposisi, dan klasifikasi Daryazinc Zinc Sulfate: