Dapsone

By | Juli 15, 2021 |

Deskripsi

Obat ini digunakan untuk mengobati beberapa jenis gangguan kulit (dermatitis herpetiformis). Dapsone juga dapat dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati penyakit Hansen. Dapsone termasuk ke dalam kelas obat yang dikenal sebagai sulfones. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi pembengkakan (inflamasi) dan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Indikasi

Dasone digunakan untuk mengobati gangguan kulit (dermatitis herpetiformis), penyakit Hansen, mencegah infeksi karena HIV dan untuk merawat kondisi kulit tertentu karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Dosis

Dapsone diminum secara oral dengan atau tanpa makanan, biasanya sekali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter. Penggunaan obat sakit maag atau obat untuk mengurangi asam lambung (seperti antasid, ranitidin, famotidin) dapat mencegah penyerapan dapson dalam darah sehingga akan mengurangi efektivitasnya. Oleh karena itu, berilah jarak ketika mengambil dapsone dan salah satu produk obat tersebut paling sedikit 2 jam. Jika Anda mengambil dapson untuk mengobati penyakit kulit, dokter mungkin akan memberikan dosis yang rendah dan secara bertahap meningkat tergantung dari respon penyakit Anda. Jika Anda mengambil dasone untuk mengobati penyakit Hansen atau untuk mencegah infeksi karena HIV, obat ini biasanya diambil selama bertahun-tahun atau seumur hidup. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosis juga didasarkan pada usia dan berat badan. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Beritahu dokter jika kondisi Anda memburuk setelah minum obat ini.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Antilepra Produsen, komposisi, dan klasifikasi Dapsone:
Tags: