Curvit CL


Deskripsi Curvit CL

Curvit CL adalah suplemen yang mengandung rachidonic acid, calcium hypophosphite, cod-liver oil, Curcuma longa (kunyit), dexpanthenol, docosahexaenoic acid, fructooligosaccharide, pyridoxine, retinol, riboflavin, thiamine hydrochloride, vitamin B12, dan vitamin D. Curvit CL digunakan ntuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan pada anak, serta meningkatkan perkembangan sel otak anak. Curvit CL juga merupakan suplemen yang digunakan untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Curvit CL bekerja meningkatkan respon sistem imun pada tubuh anak, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Detail Curvit CL


  • Golongan: Suplemen
  • Kelas Terapi: Vitamin dan Suplemen

  • Apa Kandungan dan Komposisi Curvit CL?

    Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

    Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Curvit CL adalah:

    Rachidonic acid , calcium hypophosphite, cod-liver oil, Curcuma longa (kunyit), dexpanthenol, docosahexaenoic acid, fructooligosaccharide, pyridoxine, retinol, riboflavin, thiamine hydrochloride, vitamin B12, vitamin D

  • Bagaimana Kemasan dan Sediaan Curvit CL?


    Sirup
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol @ 60 mL, dan 175 mL

  • Apa Nama Perusahaan Produsen Curvit CL?

    Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

    Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Curvit CL:

    Soho Industri Pharmasi
Sekilas Tentang Pyridoxine Hydrochloride (Vitamin B6) Pada Curvit CL

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung

  • Meningkatkan serta menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

  • Mengurangi risiko terjadinya insomnia atau kesulitan tidur

  • Menghilangkan kecemasan pada kondisi pra menstruasi

  • Mengurangi depresi

  • Menurunkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah gangguan pencernaan

  • Mengatur keseimbangan gula darah

  • Menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

  • Melancarkan proses metabolisme dalam tubuh

Sumber: ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, alpukat, pepaya, pisang.

Sekilas Tentang Cod Liver Oil Pada Curvit CL
Cod liver oil (minyak hati ikan cod) adalah suplemen nutrisi yang berasal dari hati ikan cod. Minyak ini memiliki tingkat tinggi asam lemak omega-3, EPA dan DHA, dan tingkat vitamin A, dan vitamin D yang sangat tinggi. Minyak ini banyak digunakan untuk meredakan gejala radang sendi. Itu biasanya diberikan kepada anak-anak.

Karakteristik

Tergantung pada kualitas minyak, rasa dan aroma berkisar dari rasa seperti sarden ringan, hingga bau ikan busuk dan minyak tengik yang menyengat dan menyengat. Minyak hati ikan kod berkualitas tinggi adalah cairan kuning pucat, tipis, berminyak, memiliki bau yang aneh, sedikit amis, tetapi tidak tengik, dan rasa hambar, sedikit amis. Produsen terkadang menambahkan perasa, seperti jeruk atau esens mint, ke minyak ikan cod agar lebih enak.

Pembuatan

Minyak hati ikan cod dibuat dengan memasak hati ikan kod dengan uap, kemudian menekan/menuangkan hati yang telah dimasak untuk mengekstrak minyaknya. Ini berbeda dengan minyak ikan, yang diekstraksi dari seluruh jaringan tubuh ikan berlemak yang dimasak selama pembuatan tepung ikan.

Kegunaan terapeutik

Minyak hati ikan cod banyak digunakan untuk meringankan rasa sakit dan kekakuan sendi yang terkait dengan radang sendi, tetapi juga telah terbukti secara klinis memiliki efek positif pada jantung, tulang, dan otak, serta membantu menyehatkan kulit, rambut, dan kuku.

Minyak hati ikan kod dan minyak ikan serupa, tetapi minyak hati ikan kod memiliki kadar vitamin A dan D yang jauh lebih tinggi. Banyak orang dewasa tidak memenuhi RDA untuk Vitamin D.

Pada tahun 2005, sebuah studi oleh para peneliti di University of California menemukan bahwa Vitamin D dapat menurunkan risiko mengembangkan berbagai jenis kanker, mengurangi separuh kemungkinan terkena kanker payudara, ovarium, dan usus besar.

Penggunaan minyak ikan cod selama kehamilan dikaitkan dengan risiko diabetes tipe I yang lebih rendah pada keturunannya. Efek ini hanya ditemukan pada ibu yang mengonsumsi minyak ikan cod, tidak pada ibu yang mengonsumsi suplemen multivitamin. Minyak hati ikan cod yang dikonsumsi oleh ibu menyusui meningkatkan ASI dengan meningkatkan jumlah asam lemak, yang meningkatkan perkembangan otak, dan jumlah vitamin A, yang membantu mencegah infeksi, tetapi tingkat vitamin D tidak berubah.

Efek samping

Karena minyak hati ikan kod memiliki kadar vitamin A yang sangat tinggi, kemungkinan melebihi Recommended Dietary Allowance (RDA) vitamin A. Vitamin A terakumulasi dalam lemak tubuh, dan dapat mencapai tingkat berbahaya yang cukup untuk menyebabkan hipervitaminosis A.

Tidak mungkin mendapatkan jumlah terapeutik asam lemak EPA dan DHA dari minyak ikan cod tanpa melebihi RDA untuk vitamin A.

Asupan minyak ikan cod yang tinggi oleh wanita hamil dikaitkan dengan peningkatan risiko hipertensi gestasional hampir lima kali lipat, meskipun penelitian ini tidak mengontrol merkuri, yang dapat hadir dalam jumlah berbahaya pada ikan dan yang merupakan penyebab lain hipertensi.

Beberapa orang mendesak agar berhati-hati saat mengonsumsi minyak ikan cod dan suplemen berbasis ikan lainnya karena mungkin mengandung kadar racun yang meningkat seperti merkuri dan PCB yang semakin banyak ditemukan pada ikan. Beberapa perusahaan suplemen secara teratur menguji kemurnian minyak ikan cod, sementara yang lain tidak.

Penggunaan lainnya

Di Newfoundland, minyak ikan cod kadang-kadang digunakan sebagai bahan dasar cair untuk cat oker merah tradisional, lapisan pilihan untuk digunakan pada bangunan luar dan bangunan kerja yang terkait dengan perikanan cod.
Sekilas Tentang Dexpanthenol Pada Curvit CL
Dexpanthenol adalah suatu bentuk alkohol turunan pantothenic acid, suatu komponen vitamin B kompleks dan komponen esensial bagi fungsi epitel. Dexpanthenol ini secara enzimatik dibelah menjadi pantothenic acid yang merupakan suatu komponen esensial dari Koenzim A untuk metabolisme protein pada epitel.

Karena memiliki tingkat penetrasi dan konsentrasi internal yang baik maka ia banyak digunakan dalam berbagai macam produk topikal seperti salep dan lotion untuk perawatan berbagai macam kondisi dermatologis seperti untuk menghilangkan rasa gatal, kulit kering, kulit kasar dan bersisik, iritasi, kulit terbakar akibat terapi radiasi, dan mempercepat penyembuhan kulit. Dexpanthenol akan meningkatkan proliferasi fibroblast dan mempercepat epitalisasi ulang dalam proses penyembuhan. Lebih jauh ia bertindak sebagai pelindung topikal, pelembab, dan antiinflamasi.

Selain dicampurkan dalam produk salep dan lotion, dexpanthenol juga tersedia dalam sediaan injeksi untuk pencegahan kemungkinan ileus paralitik setelah operasi atau pembedahan.

Dexpanthenol memiliki ciri larut dalam air dan alkohol, namun tidak larut dalam lemak dan zat lain yang berbasis minyak. Dexpanthenol siap untuk dikonversi menjadi pantothenic acid dan secara luas didistribusikan pada jaringan tubuh terutama sebagai koenzim A. Konsentrasi tinggi ditemukan pada liver, kelenjar adrenal, jantung, dan ginjal. Dexpanthenol diekskresikan melalui urin dan feses. Belum diketahui dengan pasti apakah dexpanthenol aman untuk digunakan oleh wanita hamil dan menyusui.
Sekilas Tentang Arachidonic Acid Pada Curvit CL
Arachidonic acid (asam arakidonat (AA)) adalah asam lemak omega-6 yang ditemukan dalam minyak kacang tanah, (L. arachis – kacang tanah.)

Karakteristik kimia

Dalam struktur kimia, asam arakidonat adalah asam karboksilat dengan rantai 20-karbon dan empat ikatan rangkap cis; ikatan rangkap pertama terletak pada karbon keenam dari ujung omega.

Beberapa sumber kimia mendefinisikan 'asam arakidonat' untuk menunjuk salah satu asam eicosatetraenoic. Namun, hampir semua tulisan dalam biologi, kedokteran, dan nutrisi membatasi istilah pada asam all-cis 5,8,11,14-eicosatetraenoic.

Peran biologis

Asam arakidonat adalah asam lemak tak jenuh ganda yang terdapat dalam fosfolipid (terutama fosfatidiletanolamin, fosfatidilkolin dan fosfatidilinositida) dari membran sel tubuh, dan berlimpah di otak.

Ini juga terlibat dalam pensinyalan seluler sebagai pembawa pesan kedua. Ini adalah sumber dari beberapa molekul lain dengan peran tertentu, seperti yang dijelaskan di bagian selanjutnya.

Sintesis dan kaskade

Asam arakidonat dibebaskan dari molekul fosfolipid oleh enzim fosfolipase A2, yang memotong prekursor asam lemak (biasanya asam linoleat).

Asam arakidonat adalah prekursor dalam produksi eikosanoid:

  • Enzim siklooksigenase dan peroksidase menghasilkan Prostaglandin H2, yang selanjutnya digunakan untuk memproduksi prostaglandin, prostasiklin, dan tromboksan.

  • Enzim 5-lipoxygenase mengarah ke 5-HPETE, yang pada gilirannya digunakan untuk menghasilkan leukotrien.

  • Asam arakidonat juga digunakan dalam biosintesis anandamide.


Produksi turunan ini dan aksinya dalam tubuh secara kolektif dikenal sebagai kaskade asam arakidonat.

Asam arakidonat sebagai asam lemak esensial

Asam arakidonat adalah salah satu asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh sebagian besar mamalia. Beberapa mamalia tidak memiliki kemampuan untuk—atau memiliki kapasitas yang sangat terbatas untuk mengubah asam linoleat menjadi asam arakidonat, menjadikannya bagian penting dari makanan mereka. Karena sedikit atau tidak ada asam arakidonat yang ditemukan pada tumbuhan, hewan tersebut adalah karnivora wajib; kucing adalah contoh umum.
Sekilas Tentang Docosahexaenoic Acid (DHA) Pada Curvit CL
Docosahexaenoic Acid atau yang lebih banyak dikenal dengan sebutan DHA, adalah suatu jenis asam lemak omega 3. DHA dibutuhkan oleh otak dan juga perkembangan janin selama kehamilan dan bagi bayi. Selain itu secara umum, DHA dibutuhkan oleh segala rentang usia.

Tubuh dapat menghasilkan DHA namun dalam jumlah yang sangat kecil, sehingga diperlukan asupan dari luar baik dari makanan maupun suplemen untuk memenuhinya. Dalam tubuh manusia, DHA utamanya ada di dalam membran sel yang mana ia membuat membran dan ruang diantaranya menjadi lebih cair yang membuat sel saraf mampu mengirim dan menerima sinyal elektrik dengan lebih mudah. Jika jumlah DHA dalam tubuh kita cukup, maka sel saraf akan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien dalam berkomunikasi. Bila kita kekurangan DHA yang terjadi adalah akan memunculkan risiko gangguan fungsi otak, penglihatan, dan lain-lain.

Selama masa kehamilan, dibutuhkan DHA yang cukup agar otak janin dapat berkembang dengan baik yang mana DHA berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan jaringan otak. DHA akan terakumulasi pada sistem saraf pusat agar mata dan otak dapat tumbuh dengan normal. Selain itu DHA berperan dalam aktivitas otak memproses informasi, mengingat, dan mengekspresikan emosi sehingga juga berpengaruh pada kemampuan individu dalam berinteraksi sosial, mengatasi masalah, perencanaan, dan kondisi emosional lainnya.

DHA mampu memperlambat proses degenerasi otak dan mengurangi risiko demensia pada orang lanjut usia, meningkatkan penglihatan dengan mengaktifkan protein rhodopsin, menjaga kesehatan jantung (dengan mengurangi kadar trigliserida, tekanan darah, kolesterol, dan menurunkan risiko disfungsi endothelial), mengurangi peradangan yang berkaitan dengan arthritis, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengurangi gejala asma dengan menghalangi sekresi mucus dan menurunkan tekanan darah.

Sumber alami yang telah diketahui memiliki kadar DHA dalam jumlah tinggi antara lain ikan (makarel, salmon, herring), kerang, caviar, dan minyak ikan cod.

Sekilas Tentang Thiamine Hydrochloride (Vitamin B1) Pada Curvit CL
Thiamine hydrochloride atau vitamin B1 adalah suatu vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti beri-beri, optik neuropati, sindrom Wernicke-Korsakoff, dan sebagainya. Vitamin B1 banyak dijumpai pada bahan makanan seperti biji-bijian, polong-polongan, daging, dan ikan. Pemberian vitamin B1 bisa dilakukan melalui mulut, injeksi intravena, dan injeksi intramuskular.

Berikut beberapa manfaat thiamine hydrochloride (vitamin B1):

  • Mencegah terjadinya beri-beri

  • Mencegah terjadinya kerusakan saraf di luar otak (neuritis periferal)

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Meningkatkan nafsu makan

  • Mencegah perburukan komplikasi ginjal pada penderita Diabetes tipe 2

  • Mencegah katarak

Thiamine hydrochloride pertama kali ditemukan pada tahun 1897 dan pertama kali dibuat versi artifisialnya pada 1936. Thiamine hydrochloride dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan keamanan penggunaannya pada wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori A.

Sumber: daging,telur,kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil, gandum (sereal, roti, dan pasta), nasi, kembang kol, jeruk, dan kentang.

Sekilas Tentang Retinol Pada Curvit CL
Retinol (Afaxin), bentuk hewan dari vitamin A, adalah vitamin larut lemak yang penting dalam penglihatan dan pertumbuhan tulang. Itu milik keluarga senyawa kimia yang dikenal sebagai retinoid. Retinol dicerna dalam bentuk prekursor; sumber hewani (hati dan telur) mengandung ester retinil, sedangkan tumbuhan (wortel, bayam) mengandung karotenoid pro-vitamin A. Hidrolisis ester retinil menghasilkan retinol sedangkan karotenoid pro-vitamin A dapat dibelah untuk menghasilkan retinal. Retina, juga dikenal sebagai retinaldehida, dapat direduksi secara reversibel untuk menghasilkan retinol atau dapat dioksidasi secara ireversibel untuk menghasilkan asam retinoat. Metabolit retinoid aktif yang paling baik dijelaskan adalah 11-cis-retinal dan all-trans dan 9-cis-isomer asam retinoat.

Penemuan

Pada tahun 1913, Elmer McCollum, seorang ahli biokimia di University of Wisconsin-Madison, dan rekannya Marguerite Davis mengidentifikasi nutrisi yang larut dalam lemak dalam lemak mentega dan minyak ikan cod. Pekerjaan mereka menegaskan bahwa dari Thomas Osborne dan Lafayette Mendel, di Yale, yang menyarankan nutrisi yang larut dalam lemak dalam lemak mentega, juga pada tahun 1913. Vitamin A pertama kali disintesis pada tahun 1947 oleh dua ahli kimia Belanda, David Adriaan van Dorp dan Jozef Ferdinand Arens.

Struktur dan fungsi kimia

Banyak isomer geometri yang berbeda dari retinol, retinal dan asam retinoat dimungkinkan sebagai hasil dari konfigurasi trans atau cis dari empat dari lima ikatan rangkap yang ditemukan dalam rantai poliena. Isomer cis kurang stabil dan dapat dengan mudah dikonversi ke konfigurasi all-trans (seperti yang terlihat pada struktur all-trans-retinol yang ditunjukkan di sini). Namun demikian, beberapa isomer cis ditemukan secara alami dan menjalankan fungsi penting. Misalnya, isomer 11-cis-retina adalah kromofor rhodopsin, molekul fotoreseptor vertebrata. Rhodopsin terdiri dari 11-cis-retinal yang dihubungkan secara kovalen melalui basis Schiff ke protein opsin (baik opsin batang atau opsin kerucut biru, merah atau hijau). Proses penglihatan bergantung pada isomerisasi kromofor yang diinduksi cahaya dari 11-cis menjadi all-trans yang menghasilkan perubahan konformasi dan aktivasi molekul fotoreseptor. Salah satu tanda awal kekurangan vitamin A adalah rabun senja yang diikuti dengan penurunan ketajaman penglihatan.

George Wald memenangkan Hadiah Nobel 1967 dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk karyanya dengan pigmen retina (juga disebut pigmen visual), yang mengarah pada pemahaman tentang peran vitamin A dalam penglihatan.

Banyak fungsi non-visual vitamin A dimediasi oleh asam retinoat, yang mengatur ekspresi gen dengan mengaktifkan reseptor asam retinoat intraseluler. Fungsi non-visual vitamin A sangat penting dalam fungsi imunologi, reproduksi dan perkembangan embrio vertebrata sebagaimana dibuktikan oleh gangguan pertumbuhan, kerentanan terhadap infeksi dan cacat lahir yang diamati pada populasi yang menerima vitamin A suboptimal dalam makanan mereka.

Peran dalam embriologi

Asam retinoat melalui reseptor asam retinoat mempengaruhi proses diferensiasi sel, oleh karena itu, pertumbuhan dan perkembangan embrio. Selama perkembangan, ada gradien konsentrasi asam retinoat di sepanjang sumbu anterior-posterior (kepala-ekor). Sel-sel dalam embrio merespons secara berbeda terhadap asam retinoat tergantung pada jumlah yang ada. Sebagai contoh, pada vertebrata, otak belakang secara sementara membentuk delapan rhombomer dan setiap rhombomer memiliki pola spesifik gen yang diekspresikan. Jika asam retinoat tidak ada, empat rhombomer terakhir tidak berkembang. Sebaliknya rhombomer 1-4 tumbuh untuk menutupi jumlah ruang yang sama seperti yang biasanya ditempati oleh kedelapannya. Asam retinoat memiliki efeknya dengan mengaktifkan pola diferensial gen Hox yang mengkode faktor transkripsi homeodomain berbeda yang pada gilirannya dapat mengaktifkan gen spesifik tipe sel. Penghapusan gen Hox-1 dari belah ketupat 4 membuat neuron yang tumbuh di daerah tersebut berperilaku seperti neuron dari belah ketupat 2. Retina juga dipola oleh asam retinoat, dengan gradien konsentrasi yang tinggi pada sisi ventral retina dan rendah pada sisi punggung.

Penglihatan

Vitamin A diperlukan dalam produksi rhodopsin, pigmen visual yang digunakan dalam tingkat cahaya rendah. Inilah sebabnya mengapa makan makanan yang kaya vitamin A dikatakan memungkinkan seseorang untuk melihat dalam gelap.

Sel epitel

Vitamin A sangat penting untuk berfungsinya sel epitel dengan benar. Pada defisiensi vitamin A, sel-sel yang mensekresi mukus digantikan oleh sel-sel penghasil keratin, yang menyebabkan xerosis.

Sintesis glikoprotein

Sintesis glikoprotein membutuhkan status Vitamin A yang memadai. Pada defisiensi vitamin A yang parah, kekurangan glikoprotein dapat menyebabkan ulkus kornea atau pencairan.

Sistem imun

Vitamin A penting untuk mempertahankan jaringan epitel yang utuh sebagai penghalang fisik terhadap infeksi; itu juga terlibat dalam mempertahankan sejumlah jenis sel kekebalan baik dari sistem kekebalan bawaan dan didapat. Ini termasuk limfosit (sel B, sel T, dan sel pembunuh alami), serta banyak mielosit (neutrofil, makrofag, dan sel dendritik myeloid).

Formasi sel darah merah (Haematopoiesis)

Vitamin A mungkin diperlukan untuk hematopoiesis normal; defisiensi besi menyebabkan kelainan metabolisme besi.

Pertumbuhan

Vitamin A mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia.

Penggunaan klinis

Semua bentuk retinoid vitamin A digunakan dalam aplikasi kosmetik dan medis yang diterapkan pada kulit. Asam retinoat, disebut Tretinoin dalam penggunaan klinis, digunakan dalam pengobatan jerawat dan keratosis pilaris dalam krim topikal. Isomer tretinoin, isotretinoin juga digunakan secara oral (dengan nama dagang Accutane dan Roaccutane), umumnya untuk jerawat parah atau bandel.

Dalam kosmetik, turunan vitamin A digunakan sebagai bahan kimia anti-penuaan - vitamin A diserap melalui kulit dan meningkatkan laju pergantian kulit, dan memberikan peningkatan kolagen sehingga memberikan penampilan yang lebih muda.

Tretinoin, dengan nama alternatif all-trans retinoic acid (ATRA), digunakan sebagai kemoterapi untuk leukemia promyelocytic akut, subtipe leukemia myelogenous akut. Ini karena sel-sel dari subtipe leukemia ini sensitif terhadap agonis reseptor asam retinoat (RAR).

Satuan pengukuran

Ketika mengacu pada tunjangan diet atau ilmu gizi, retinol biasanya diukur dalam satuan internasional (IU). IU mengacu pada aktivitas biologis dan oleh karena itu unik untuk setiap senyawa individu, namun 1 IU retinol setara dengan sekitar 0,3 mikrogram (300 nanogram).

Nutrisi

Vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan, terutama penglihatan pada malam hari, perkembangan tulang dan gigi yang normal, reproduksi, dan kesehatan kulit dan selaput lendir (lapisan penghasil lendir yang melapisi daerah tubuh seperti saluran pernapasan). Vitamin A juga bertindak dalam tubuh sebagai antioksidan, bahan kimia pelindung yang dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

Ada dua sumber makanan vitamin A. Bentuk aktif, yang segera tersedia untuk tubuh diperoleh dari produk hewani. Ini dikenal sebagai retinoid dan termasuk retinal dan retinol. Prekursor, juga dikenal sebagai provitamin, yang harus diubah menjadi bentuk aktif oleh tubuh, diperoleh dari buah-buahan dan sayuran yang mengandung pigmen kuning, oranye dan hijau tua, yang dikenal sebagai karotenoid, yang paling terkenal adalah beta-karoten. Untuk alasan ini, jumlah vitamin A diukur dalam Setara Retina (RE). Satu RE setara dengan 0,001 mg retinal, atau 0,006 mg beta-karoten, atau 3,3 Unit Internasional vitamin A.

Di dalam usus, vitamin A dilindungi dari perubahan kimiawi oleh vitamin E. Vitamin A larut dalam lemak dan dapat disimpan di dalam tubuh. Sebagian besar vitamin A yang Anda makan disimpan di hati. Ketika dibutuhkan oleh bagian tubuh tertentu, hati melepaskan beberapa vitamin A, yang dibawa oleh darah dan dikirim ke sel dan jaringan target.

Asupan makanan

Dietary Reference Intake (DRI) Recommended Daily Amount (RDA) untuk Vitamin A untuk pria berusia 25 tahun adalah 900 mikrogram/hari, atau 3000 IU.

Food Standards Agency menyatakan bahwa rata-rata orang dewasa tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 1500 mikrogram (5000 IU) per hari, karena ini meningkatkan kemungkinan osteoporosis.

Selama proses penyerapan di usus, retinol dimasukkan ke dalam kilomikron sebagai bentuk ester, dan partikel inilah yang memediasi transportasi ke hati. Sel hati (hepatosit) menyimpan vitamin A sebagai ester, dan ketika retinol dibutuhkan di jaringan lain, vitamin A dide-esterifikasi dan dilepaskan ke dalam darah sebagai alkohol. Retinol kemudian menempel pada pembawa serum, protein pengikat retinol, untuk diangkut ke jaringan target. Protein pengikat di dalam sel, protein pengikat asam retinoat seluler, berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan asam retinoat secara intraseluler. Bioavailabilitas karotenoid berkisar antara 1/5 hingga 1/10 retinol. Karotenoid lebih baik diserap ketika dicerna sebagai bagian dari makanan berlemak. Juga, karotenoid dalam sayuran, terutama yang memiliki dinding sel yang keras (misalnya wortel), lebih baik diserap ketika dinding sel ini dipecah dengan memasak atau mencincang.

Kekurangan

Kekurangan vitamin A sering terjadi di negara berkembang tetapi jarang terlihat di negara maju. Sekitar 250.000 sampai 500.000 anak-anak kurang gizi di negara berkembang menjadi buta setiap tahun karena kekurangan vitamin A. Kebutaan malam adalah salah satu tanda pertama kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A berkontribusi pada kebutaan dengan membuat kornea sangat kering dan merusak retina dan kornea.

Overdosis retinoid (toksisitas)

Tolerable Upper Intake Level (UL) untuk vitamin A, untuk pria berusia 25 tahun, adalah 3.000 mikrogram/hari, atau sekitar 10.000 IU.

Terlalu banyak vitamin A dalam bentuk retinoid bisa berbahaya atau fatal, yang mengakibatkan apa yang dikenal sebagai hipervitaminosis A. Tubuh mengubah bentuk dimer, karoten, menjadi vitamin A sesuai kebutuhan, oleh karena itu kadar karoten yang tinggi tidak beracun dibandingkan dengan vitamin A. bentuk ester (hewan). Hati hewan tertentu, terutama yang beradaptasi dengan lingkungan kutub sering mengandung jumlah vitamin A yang akan menjadi racun bagi manusia. Dengan demikian, keracunan vitamin A biasanya dilaporkan pada penjelajah Kutub Utara dan orang-orang yang menggunakan vitamin A sintetis dosis besar. Kematian pertama yang didokumentasikan karena keracunan vitamin A adalah Xavier Mertz, seorang ilmuwan Swiss yang meninggal pada Januari 1913 dalam ekspedisi Antartika yang telah kehilangan sumber dayanya. persediaan makanan dan jatuh untuk memakan anjing kereta luncurnya. Mertz mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang mematikan dengan memakan hati anjing.

Hati beruang kutub

Hanya 0,3 gram hati beruang kutub mengandung tingkat asupan atas. Jika dimakan dalam sekali makan, 30 hingga 90 gram sudah cukup untuk membunuh manusia, atau bahkan membuat anjing kereta luncur sakit parah.

Kelebihan vitamin A juga diduga menjadi penyumbang osteoporosis. Hal ini tampaknya terjadi pada dosis yang jauh lebih rendah daripada yang diperlukan untuk menginduksi keracunan akut. Hanya vitamin A yang terbentuk sebelumnya yang dapat menyebabkan masalah ini, karena konversi karotenoid menjadi vitamin A diturunkan regulasinya ketika persyaratan fisiologis terpenuhi. Penyerapan karotenoid yang berlebihan dapat, bagaimanapun, menyebabkan karotenosis.

Beta karoten karotenoid secara menarik dikaitkan dengan peningkatan kanker paru-paru ketika dipelajari dalam percobaan pencegahan kanker paru-paru pada perokok pria. Pada non-perokok, efek sebaliknya telah dicatat.

Kelebihan vitamin A selama awal kehamilan juga telah dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan pada cacat lahir. Cacat ini mungkin parah, bahkan mengancam jiwa. Bahkan dua kali jumlah yang direkomendasikan setiap hari dapat menyebabkan cacat lahir yang parah. FDA saat ini merekomendasikan bahwa wanita hamil mendapatkan Vitamin A dari makanan yang mengandung beta karoten dan mereka harus memastikan bahwa mereka mengkonsumsi tidak lebih dari 5.000 IU Vitamin A (jika ada) per hari. Meskipun Vitamin A diperlukan untuk perkembangan janin, kebanyakan wanita membawa simpanan Vitamin A dalam sel lemak mereka, jadi suplementasi yang berlebihan harus benar-benar dihindari.

Sebuah tinjauan dari semua uji coba terkontrol secara acak dalam literatur ilmiah oleh Cochrane Collaboration yang diterbitkan di JAMA pada tahun 2007 menemukan bahwa vitamin A secara signifikan meningkatkan kematian sebesar 16% (Risiko Relatif 1,16, interval kepercayaan 95% 1,10-1,24).

Sumber
Semua sumber vitamin A dapat menyediakan retinol, tetapi retinoid ditemukan secara alami dalam beberapa makanan yang berasal dari hewan. Masing-masing berikut mengandung setidaknya 0,15 mg retinoid per 1,75-7 oz. (50-200g):

Minyak hati ikan kod
Mentega
Hati (daging sapi, babi, ayam, kalkun, ikan)
Telur

Sumber Sintetis

Retinol sintetis dipasarkan dengan nama dagang berikut: Acon, Afaxin, Agiolan, Alphalin, Anatola, Aoral, Apexol, Apostavit, Atav, Avibon, Avita, Avitol, Axerol, Dohyfral A, Epiteliol, Nio-A-Let, Prepalin, Testavol , Vaflol, Vi-Alpha, Vitpex, Vogan, dan Vogan-Neu.

Penglihatan malam

Kebutaan malam—ketidakmampuan untuk melihat dengan baik dalam cahaya redup—dikaitkan dengan kekurangan vitamin A. Vitamin ini dibutuhkan untuk pembentukan rhodopsin. Ini adalah pigmen yang terletak di retina mata, yang merupakan lapisan jaringan peka cahaya di bagian belakang mata.

Ketika dirangsang oleh cahaya, rhodopsin membelah menjadi protein dan kofaktor: opsin dan all-trans-retinal (suatu bentuk vitamin A). Regenerasi rhodopsin aktif membutuhkan opsin dan 11-cis-retinal. Regenerasi 11-cis-retina terjadi pada vertebrata melalui urutan transformasi kimia yang membentuk "siklus visual" dan yang terjadi terutama pada sel epitel berpigmen retina.

Tanpa jumlah retina yang cukup, regenerasi rhodopsin tidak lengkap dan rabun senja terjadi. Karena wortel adalah sumber beta-karoten yang baik, ada kebenaran dalam kepercayaan lama bahwa wortel membantu Anda melihat lebih baik dalam gelap.

Bahan kimia yang terkait erat

Tretinoin (Nama Dagang: Retin-A)
Isotretinoin (Nama Dagang: Accutane (AS), Roaccutane)
Retinyl palmitate ("vitamin A" atau "pro-vitamin A")
Beras yang diperkaya vitamin A hasil rekayasa genetika

Karena tingginya prevalensi defisiensi vitamin A di negara berkembang, ada upaya untuk menghasilkan beras rekayasa genetika yang kaya akan beta karoten. Idenya adalah bahwa ini akan membantu orang miskin, yang tidak mampu membeli makanan bervariasi yang mengandung sumber vitamin A alami yang cukup, untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Proyek beras emas adalah salah satu upaya tersebut, dan sudah menjalani uji coba.
Sekilas Tentang Fructooligosaccharides (FOS) Pada Curvit CL
Fructooligosaccharides (FOS) juga kadang-kadang disebut oligofructose atau oligofructan, adalah suatu fruktan oligosaccharide yang digunakan sebagai alternatif pemanis dengan tingkat kalori yng rendah. FOS telah menjadi pemanis yang populer digunakan di Korea dan Jepang selama bertahun-tahun. Karena efek prebiotiknya, FOS juga telah banyak digunakan oleh negara-negara barat. Di usus besar FOS berfungsi sebagai substrat untuk mikroflora, sehingga meningkatkan kesehatan saluran gastrointestinal.

FOS diketahui dapat meningkatkan penyerapan kalsium karena efek prebiotiknya menghasilkan penurunan pH, karena kalsium mudah larut dalam asam, maka dengan adanya penurunan pH penyerapan kalsium dapat meningkat.

Sekilas Tentang Riboflavin (Vitamin B2) Pada Curvit CL

  • Mencegah katarak

  • Menjaga kesehatan kandungan

  • Mengobati dan mencegah migrain

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

  • Mencegah dan mengatasi anemia

  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah

  • Meningkatkan energi

Sumber: ikan, daging, dan unggas (ayam, bebek), hati daging dan ayam, telur, produk susu, alpukat, kismis, kacang-kacangan (termasuk almond), ubi jalar, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, gandum utuh (whole grain), kacang kedelai dan olahannya (termasuk tempe, tahu, oncom, dan susu kedelai), ikan salmon, rumput laut, jamur.

Curvit CL Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Curvit CL?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Curvit CL adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Curvit CL digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin, meningkatkan nafsu makan, menjaga daya tahan tubuh, serta meningkatkan perkembangan sel otak anak.

sekilas tentang vitamin dan mineral
Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus fungsi yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau memiliki peranan yang sangat penting, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Sumber berbagai vitamin ini dapat berasal dari makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan suplemen makanan.

Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Gangguan kesehatan ini dikenal dengan istilah avitaminosis. Contohnya adalah bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. Di samping itu, asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

Mineral adalah unsur atau elemen seperti tembaga, besi, kalsium, kalium, dll yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah tertentu (sering dalam jumlah kecil). adalah unsur kimia yang diperlukan sebagai nutrisi penting oleh organisme untuk melakukan fungsi yang diperlukan untuk kehidupan. Namun, empat elemen struktural utama dalam tubuh manusia berdasarkan berat (oksigen, hidrogen, karbon, dan nitrogen), biasanya tidak termasuk dalam daftar mineral nutrisi utama (nitrogen dianggap sebagai "mineral" untuk tanaman, seperti yang sering dimasukkan dalam pupuk). Keempat elemen ini menyusun sekitar 96% dari berat tubuh manusia, dan mineral utama (makromineral) dan mineral minor (juga disebut elemen jejak) menyusun sisanya.

Mineral, sebagai unsur, tidak dapat disintesis secara biokimia oleh organisme hidup. Tumbuhan mendapatkan mineral dari tanah. Sebagian besar mineral dalam makanan manusia berasal dari makan tumbuhan dan hewan atau dari air minum. Sebagai sebuah kelompok, mineral adalah salah satu dari empat kelompok nutrisi penting, yang lain adalah vitamin, asam lemak esensial, dan asam amino esensial. Lima mineral utama dalam tubuh manusia adalah kalsium, fosfor, kalium, natrium, dan magnesium. Semua elemen yang tersisa dalam tubuh manusia disebut "elemen jejak". Elemen jejak yang memiliki fungsi biokimia spesifik dalam tubuh manusia adalah belerang, besi, klorin, kobalt, tembaga, seng, mangan, molibdenum, yodium dan selenium.

Sebagian besar unsur kimia yang dicerna oleh organisme adalah dalam bentuk senyawa sederhana. Tumbuhan menyerap unsur-unsur terlarut dalam tanah, yang selanjutnya dicerna oleh herbivora dan omnivora yang memakannya, dan unsur-unsur tersebut bergerak ke atas rantai makanan.

Berapa Dosis dan Aturan Pakai Curvit CL?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Curvit CL:

Cara Penggunaan Curvit CL adalah sebagai berikut:

  • Anak usia 1-6 tahun: 1 sendok makan (15 mL), diminum 1 kali sehari
  • Anak usia 6-12 tahun: 1 sendok makan (15 mL), diminum 2 kali sehari
  • Dewasa: 1 sendok makan (15 mL), diminum 3 kali sehari

Bagaimana Cara Penyimpanan Curvit CL?


Simpan pada suhu di bawah 30 derajat Celcius, di tempat kering dan sejuk.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Curvit CL Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Curvit CL, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Curvit CL?

Jika Anda lupa menggunakan Curvit CL, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Curvit CL Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Curvit CL?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Curvit CL yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Curvit CL?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Curvit CL yang mungkin terjadi adalah:

Belum ada efek samping yang dilaporkan.

Apa Saja Kontraindikasi Curvit CL?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Curvit CL dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:


Hindari penggunaan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari Curvit CL.

Sekilas Tentang SOHO
Sejarah SOHO dimulai oleh pengusaha asal Bangka Tan Tjhoen Lim yang pada tahun 1946 mendirikan suatu perusahaan bernama N.V. Ethica Handel Maatschappij yang memproduksi obat-obatan dengan sediaan injeksi. Setelah itu perusahaan ini berubah namanya menjadi PT. Ethica Industri Farmasi. Perusahaan ini sekaligus menjadi perusahaan farmasi pertama ia miliki. Setelah perusahaan ini sukses, maka pada 1951, Tan Tjhoen Lim mendirikan PT. Soho Industri Farmasi yang memproduksi obat-obatan herbal yang kemudian pada 1996 mulai memproduksi produk-produk obat bebas (OTC). Nama "SOHO" sendiri merupakan singkatan dari "Societas Honorabilis" yang berarti "perkumpulan orang-orang terhormat".

Usaha Tan Tjhoen Lim berkembang dengan pesat kemudian ia mendirikan lagi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produk dan layanan seperti PT. Parit padang Global, bergerak dibidang distribusi produk obat dan alat kesehatan. Selain itu ada PT. Global Harmony Retailindo yang bergerak dibidang layanan apotek, klinik, laboratorium, dan ritel. Adalagi PT. Unihealth (Universal Health Network) yang bergerak dibidang penjualan langsung dan netrowk marketing untuk produk-produk suplemen, vitamin, makanan kesehatan, dan produk-produk perawatan kulit. Setelah Tan Tjhoen Lim meninggal, tongkat estafet kepemimpinan perusahaan-perusahaan ini dipegang oleh penerusnya yakni Tan Eng Liang. Karena ingin mempermudah koordinasi, maka Tan Eng Liang mendirikan SOHO Group yang menjadi group dari perusahaan-perusahaan tadi.

Saat ini Soho Group memiliki sekira 6000 karyawan dengan jumlah varian produk mencapai lebih dari 350 produk yang dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Myanmar, Nigeria, Brunei, Mongolia, Vietnam, Suriname, dan masih banyak lagi. Pada 1 Oktober 2013, SOHO Group resmi mengubah namanya menjadi Soho Global Health untuk menyesuaikan dinamika bisnis yang semakin berkembang.