CODIKAF

FARMASI-ID.COM > Sistem Pernapasan > Obat Batuk & Pilek > CODIKAF

ProdusenKimia Farma
KomposisiCodeine phosphate.
IndikasiAntitusif, analgesik.
DosisAntitusif Dws 10-20 mg tiap 4-6 jam. Maks: 60 mg/hari. Anak 6-12 thn 5-10 mg tiap 4-6 jam. Maks: 60 mg/hari. Anak 2-6 thn 1 mg/kg BB/hari dalam dosis terbagi. Maks: 30 mg/hari. Analgesik Dws 30-60 mg tiap 4-6 jam. Anak 0.5 mg/kg  BB/hari tiap 4-6 jam.
Pemberian ObatSebaiknya diberikan bersama makanan.
Kontra IndikasiAsma bronkial, emfisema paru, trauma kepala, peningkatan TIK, alkoholik akut, pasca op saluran empedu.
PerhatianPasien dengan infark miokard & asma. Hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol. Hindari penggunaan dosis berlebihan krn dapat menyebabkan gangguan fungsi hati. Penyakit ginjal. Penggunaan jangka lama. Penggunaan sebagai antitusif pada anak usia <2 tahun.
Efek Samping yang Mungkin TimbulDpt menyebabkan ketergantungan obat. Mual, muntah, idiosinkrasi, pusing, konstipasi. Depresi pernapasan terutama pada pasien dengan asma, depresi pada jantung, syok.
Interaksi ObatObat anti depresan lainnya, obat anestesi, trankuilizer, sedatif, hipnotik, alkohol. Trankuilizer terutama fenotiazin bekerja secara antagonis terhadap efek analgesik dari agonis opiat. Dekstroamfetamin  dapat menghambat efek analgesik dari agonis opiat. Jangan diberikan bersama dengan MAOI & dalam waktu 14 hari sesudah pemberian MAOI.
Kategori Keamanan KehamilanC: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

(jika digunakan dalam waktu lama/dosis tinggi pada akhir masa kehamilan).
D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

Bentuk SediaanKemasan/Harga
Codikaf tablet 10 mg
10 × 10’s (Rp52,500/boks)
Codikaf tablet 15 mg
10 × 10’s (Rp87,500/boks)
Codikaf tablet 20 mg
10 × 10’s (Rp104,000/boks)