CLONAZEPAM

FARMASI-ID.COM > Sistem Saraf Pusat > Ansiolitik > CLONAZEPAM

Clonazepam digunakan untuk mencegah dan mengendalikan kejang. Obat ini dikenal sebagai obat antikonvulsi atau antiepilepsi yang bekerja dengan cara menenangkan otak dan saraf. Obat ini termasuk dalam kelas obat yang disebut benzodiazepin

Indikasi

Obat untuk mencegah dan mengendalikan kejang serta dapat digunakan untuk mengobati serangan panik.
Ambil obat ini secara oral sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Dosis didasarkan pada kondisi medis, usia, dan respon terhadap pengobatan. Untuk anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan.
Orang dewasa yang lebih tua biasanya akan disarankan oleh dokter untuk memulai dengan dosis rendah untuk mengurangi risiko efek sampuling. Jangan meningkatkan dosis, mengambil dosis lebih sering, atau mengonsumsi dalam waktu yang lebih lama dari yang diarahkan dokter. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter. Kondisi Anda mungkin menjadi lebih buruk ketika tiba-tiba berhenti mengambil obat ini. Dosis mungkin perlu secara bertahap menurun.
Obat ini dapat menyebabkan reaksi penarikan, terutama jika sudah digunakan secara teratur untuk waktu yang lama atau dalam dosis tinggi. Dalam kasus tersebut, gejala penarikan  seperti kejang, perubahan mental atau mood, gemetar, dan kram perut dapat terjadi jika Anda tiba-tiba berhenti menggunakan obat ini.
Seiring dengan manfaatnya, obat ini jarang menyebabkan kelainan perilaku kecanduan. Risiko ini dapat ditingkatkan jika Anda telah menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan di masa lalu. Ambil obat ini persis seperti yang diresepkan untuk mengurangi risiko kecanduan.
Jika Anda memiliki beberapa jenis gangguan kejang, kondisi Anda mungkin memburuk sejak pertama kali mulai menggunakan clonazepam. Konsultasikan dengan dokter jika hal ini terjadi. Dokter Anda mungkin perlu menambah atau menyesuaikan dosis obat lain untuk mengontrol kejang.
Laporkan kepada dokter jika kondisi Anda terus-menerus tetap atau memburuk.