Calsource Forte

Farmasi-id.com > Obat & Nutrisi Tulang / Sendi > Calsource Forte

By | 16/03/2019

Kandungan dan Komposisi

Tiap tablet mengandung:

  • Kalsium laktat glukonat 1,132 mg
  • Kalsium karbonat 875 mg

Bahan tambahan:

Aspartam, orange flavor.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

Peringatan dan Perhatian

  • Mengandung pemanis buatan aspartam.
  • Produk ini mengandung fenilalanin, tidak boleh digunakan pada penderita fenilketonuria dan wanita hamil dengan kadar fenilalanin tinggi.
  • Produk ini tidak boleh digunakan oleh bayi dibawah 1 tahun.

Dosis dan Aturan Pakai

1 x sehari 1 tablet effervescent. Larutkan dalam segelas air.

Cara Penyimpanan

  • Simpan pada suhu dibawah 30°C.
  • Lindungi dari kelembaban.
  • Simpan dengan tube tertutup rapat.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Kemasan dan Sediaan

Tablet Effervescent/ Dus, 3 tube @ 10 tablet effervescent, Dus, 1 tube @ 20 tablet effervescent

Izin BPOM

SI144505211

Harga

Rp 65.000/1 tube @ 10 tablet effervescent

Produsen

Famar Orleans – France

Pendaftar dan Importir

Novartis Indonesia

Sekilas Tentang Calcium Carbonate
Kalsium karbonat merupakan suplemen makanan yang digunakan ketika jumlah kalsium yang dikonsumsi tidak cukup. Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tulang, otot, sistem saraf, dan jantung. Kalsium karbonat juga digunakan sebagai antasid untuk meredakan mulas, gangguan pencernaan asam, dan sakit perut.

Selain itu kalsium karbonat juga dapat digunakan pada pasien tertentu untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan kalsium yang cukup seperti pada wanita yang hamil, menyusui atau pascamenopause, orang yang menggunakan obat-obatan tertentu seperti fenitoin, fenobarbital, atau prednison.
Sekilas Tentang Calcium Lactate
Kalsium laktat adalah kalsium yang dibentuk dari penggabungan kalsium dengan asam organik. Secara teknis, kalsium laktat ini merupakan hasil campuran antara asam laktat dengan kalsium karbonat atau kalsium hidroksida. Kalsium laktat ini unsur kalsiumnya lebih sedikit dibandingkan kalsium karbonat atau kalsium sitrat. Yang menjadi keunggulan dari kalsium laktat ini adalah sifatnya yang sangat mudah diserap, jadi harganya lebih mahal dari bentuk kalsium lainnya. Kalsium laktat ini juga banyak dicampurkan ke dalam makanan sebagai zat pengencang, pengental, penambah rasa, dan zat ragi.

Berikut adalah beberapa manfaat kalsium laktat bagi kesehatan:



  1. Memelihara kesehatan tulang.

  2. Meredakan kram otot.

  3. Menangkal infeksi dan membantu menurunkan demam.

  4. Mempercepat penyembuhan luka.

  5. Menurunkan tekanan darah.

Sekilas Tentang Novartis
Novartis AG adalah suatu perusahaan farmas besar dunia asal Swiss yang menurut sejarahnya berdiri pada 1996 sebagai hasil dari penggabungan dua perusahaan farmasi besar yakni Ciba-Geigy dan Sandoz Laboratories yang keduanya merupakan perusahaan farmasi Swiss. Pada periode tahun 2000 hingga 2010 berbagai proses korporasi dilakukan oleh Novartis seperti membuat divisi agrobisnis bersama dengan perusahaan farmasi AstraZeneca yang kemudian bersama membentuk perusahaan baru bernama Sygenta. Di tahun 2003 Novartis menggabungkan dan mengkoordinasikan semua bisnis generiknya ke dalam satu divisi dan menggabungkan beberapa sub divisi ke dalam satu perusahaan, yang kemudian disepakati menggunakan kembali nama Sandoz sebagai nama perusahaannya. Tahun 2005 Sandoz mengakuisisi Hexal (perusahaan obat generik Jerman) dan Eon Labs (perusahaan farmasi Amerika Serikat). Tahun 2006 Novartis mengakuisisi Chiron Corporation. Chiron kemudian dibagi menjadi tiga divisi yakni Chiron Vaccines, Chiron Blood Testing, dan Chiron BioPharmaceuticals yang kemudian semuanya dimasukkan dalam Novartis Pharmaceutical ke dalam divisi yang berbeda.

Berlanjut di tahun 2009, Novartis mengakuisisi 85 persen saham perusahaan vaksin asal China, Zhejiang Tianyuan Bio-Pharmaceutical Co., Ltd. Setahun berikutnya Novartis secara penuh mengakuisisi Alcon (perusahaan produk eye care terbesar di dunia) yang kemudian berada di divisi Novartis Opthalmics sebelum akhirnya menjadikan Alcon sebagai suatu perusahaan sendiri. Pada 2018, GlaxoSmithKline mengumumkan bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan untuk membeli 36,5 persen saham Novartis.

Produk terkenal yang diproduksi oleh Novartis diantaranya Clozaril, Aclasta, Voltaren, Tegretol, Diovan, Neoral, Femara, Ritalin, Lamisil, dan lain-lain. Produk-produk ini telah dipasarkan di banyak negara di dunia termasuk Indonesia. Kantor pusat Novartis ada di Basel, Swiss. Di Indonesia Novartis berdiri dengan nama PT. Novartis Indonesia dengan lokasi kantor di AXA Tower Lt. 26, Kuningan, Jakarta .