Calorex

By | April 24, 2021 | Farmasi-id.com > Sistem Pernapasan > Obat Batuk & Pilek > Calorex

Reg No. DTL 7813020337 A1
DAPAT MENYEBABKAN KANTUK. HARUS DENGAN RESEP DOKTER.
Sirup obat batuk yang disertai dengan flu.
Komposisi
Tiap sendok takar (5 ml) mengandung :
Parasetamol                      120    mg
Klorfeniramin maleat         1    mg
Fenilpropanolamin HCl      3,5 mg
Gliseril guaiakolat              15    mg
Aturan Pakai
6 – 12 tahun :
3 x sehari 2 sendok takar
>12 tahun    :
3 x sehari 3 – 4 sendok takar
Indikasi
Untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk.
Kontra Indikasi
Penderita yang hipersensitif terhadap komponen obat ini, penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat, penderita dengan gangguan jantung dan diabetes mellitus
Efek Samping
Mengantuk, gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, takikardi, aritmia, mulut kering, palpitasi, retensi urin. Penggunaan dosis besar dan jangka panjang menyebabkan kerusakan hati.
Peringatan dan perhatian
–Tidak boleh diberikan pada penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (missal efedrin, pseudoefedrin, fenilefrin) penderita tekanan darah tinggi berat dan yang mendapat terapi obat anti depresan tipe penghambat Monoamin Oksidase (MAO)

Tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan

Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi atau yang mempunyai potensi tekanan darah tinggi atau stroke, seperti pada penderita dengan berat badan berlebih (over weight) atau penderita usia lanjut

Bila dalam 3 hari gejala flu tidak berkurang segera hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan

Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar, dan pusing

Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaucoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, dan retensi urin

Tidak dianjurkan penggunaan pada anak usia di bawah 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter

Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.

Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat lain yang menekan susunan saraf pusat

Penggunaan pada penderita yang mengkonsumsi alcohol dapat meningkatkan resiko kerusakan fungsi hati.

Cara penyimpanan
Simpan di tempat sejuk dan kering.
Sekilas Tentang Konimex
PT Konimex adalah suatu perusahaan farmasi yang didirikan oleh Djoenaedi Joesoef (Djoe Djioe Liang) pada 8 Juni 1967 di kota Solo, Jawa Tengah. Djoenaedi Joesoef adalah anak ke-4 dari 7 bersaudara dimana orang tuanya adalah pemilik dari toko obat tradisional Cina Eng Thay Hoo yang juga memiliki kemampuan untuk mengobati orang sakit.

Nama konimek merupakan kependekan dari "Kondang Import Export". Menurut pendirinya, nama itu adalah suatu harapan agar produk perusahaan ini bisa "kondang" atau "terkenal" di mana-mana. Awalnya perusahaan ini berfokus pada usaha penjualan produk obat, bahan kimia, alat laboratorium, dan alat kedokteran. Pada 1971 PT Konimex memperoleh dukungan fasilitas PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).

Perusahaan ini memproduksi banyak jenis produk yang menurut pendirinya berpegang pada falsafah 3MU yaitu Mutu, Mudah, dan Murah. Produknya meliputi produk obat resep, obat OTC, vitamin, suplemen, permen, herbal, makanan ringan, minyak telon dan kayu putih, dan masih banyak lagi. Produk yang dihasilkan seperti Paramex, Konidin, Konicare, Inzana, Feminax, Zeropain, Siladex, Fungiderm, Braito, Renofit, Konilife, permen Hexos, Nano Nano, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini cukup aktif mengiklankan produknya di televisi, radio, dan media cetak.

Fasilitas produksi PT Konimex berlokasi di desa Sanggrahan, kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Produk perusahaan ini telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, negara Asia Tenggara, dan negara Timur Tengah. Untuk pemasarannya, perusahan ini mendirikan dua perusahaan distributor yakni PT Sinar Intermark dan PT Marga Nusantara.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *