Penyebab ISKEMIA USUS

By | October 10, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Penyebab ISKEMIA USUS

Aorta adalah arteri besar yang memasok pembuluh tubuh dengan darah kaya oksigen yang dipompa oleh jantung. Bagian dari aorta yang meluas hingga bawah diafragma ke dalam perut disebut aorta perut.

Tiga arteri bercabang dari aorta abdominalis, yang memasok hampir semua darah ke saluran pencernaan. Arteri-arteri tersebut, antara lain:

  1. Arteri superior mesenterika
  2. Arteri inferior mesenterika
  3. Celiac arteri

Iskemia usus dapat terjadi jika aliran darah melalui arteri atau vena yang berdekatan menjadi berkurang, perubahan itu dapat akut ataupun kronis. Salah satu atau semua arteri yang mensuplai saluran pencernaan dapat dipengaruhi oleh akumulasi partikel kolesterol, kalsium, jaringan parut, dan puing-puing seluler lainnya (aterosklerosis).

Hal tersebut terjadi seperti halnya dengan arteri lainnya dalam tubuh yang menyempit dan membatasi jumlah darah yang bergerak melalui pembuluh tersebut. Penumpukan aterosklerotik yang progresif dapat menurunkan aliran darah ke usus kecil, usus besar, atau keduanya. Iskemia usus kronis biasanya merupakan hasil dari penumpukan aterosklerosis.

Iskemia usus akut, sebagian besar terjadi karena pembentukan bekuan darah di jantung yang kemudian berjalan ke salah satu arteri usus. Bekuan darah dapat berkembang dalam vena dan menjauh dari usus, sehingga mengurangi aliran darah terdeoksigenasi.

Iskemia usus kadang terjadi karena sebagian dari usus menjadi tersumbat karena hernia (strangulated hernia) atau karena perlekatan dari operasi perut sebelumnya. Dalam kasus yang lain hal itu dapat terjadi karena tekanan darah rendah atau gagal jantung.

Apapun penyebabnya, penyebab utamanya adalah aliran darah berkurang dengan oksigen cukup dalam sel saluran pencernaan. Dalam keadaan ini, sel-sel dapat melemah dan kemudian mati.

Peradangan dapat berkembang karena sel semakin banyak yang rusak. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan untuk menyerap makanan dan nutrisi, sehingga menyebabkan diare yang disertai darah. Infeksi dan kematian jaringan dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Iskemia usus dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *