Pengobatan VESICOURETERAL REFLUKS

By | November 18, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Pengobatan VESICOURETERAL REFLUKS

Perawatan dan obat-obatan

Pilihan pengobatan untuk refluks vesicoureteral tergantung pada parahnya kondisi. Anak-anak dengan kasus-kasus refluks vesicoureteral primer ringan akhirnya dapat sembuh dari gangguan tersebut.

Dalam hal ini, dokter kemungkinan akan merekomendasikan pendekatan dengan cara wait and see. Selama waktu ini, penting bagi pasien untuk tetap waspada terhadap potensi ISK dan mencari pengobatan yang tepat.

Anak-anak dengan refluks vesikoureteral primer sedang sampai berat memiliki dua pilihan pengobatan: obat dan operasi. Menggunakan obat yang lebih umum disertai operasi biasanya diperuntukkan bagi anak-anak ketika antibiotik tidak berhasil.

Obat-obatan

ISK membutuhkan terapi yang tepat dengan antibiotik untuk menjaga infeksi merambat ke ginjal. Dokter juga dapat menggunakan antibiotik untuk mencegah ISK.

Antibiotik yang umum digunakan untuk pencegahan antara lain kombinasi trimetoprim-sulfametoksazol (Bactrim, Septra), trimethoprim (Primsol) dan nitrofurantoin (Furadantin, Macrobid, Macrodantin).

Beberapa orang mungkin alergi terhadap salah satu atau lebih obat-obat ini. Kemungkinan efek samping dari penggunaan jangka panjang obat ini meliputi:

  1. Mual dan muntah
  2. Nyeri perut
  3. Peningkatan resistensi antibiotik, di mana infeksi tak lagi merespon terhadap antibiotik dan menjadi lebih sulit diobati

Anak yang sedang dirawat dengan obat-obatan harus dimonitor selama pengobatan antibiotik. Termasuk pemeriksaan fisik berkala dan tes urine untuk mendeteksi berkembangnya infeksi dan scan radiografi kandung kemih dan ginjal untuk menentukan apakah anak telah berhasil sembuh dari refluks vesicoureteral.

Operasi

Ada dua metode bedah:

  1. Operasi terbuka. Dilakukan dengan menggunakan pembiusan total. Menyayat perut bagian bawah dan memperbaiki cacat yang menyebabkan masalah. Jenis operasi ini biasanya membutuhkan opname beberapa hari di rumah sakit untuk menguras kandung kemih anak. Risikonya dapat berupa infeksi pembekuan darah, dan perdarahan.
  2. Operasi Endoskopi. Dalam prosedur ini, dokter menyisipkan sebuah tabung bercahaya (cystoscope) melalui uretra untuk melihat ke dalam kandung kemih anak kemudian menyuntikkan sejumlah besar zat di sekitar pembukaan ureter yang terpengaruh untuk memperkuat kemampuan katup agar dapat menutup dengan benar. Metode ini lebih meminimalkan kerusakan dibandingkan operasi terbuka dan lebih sedikit resikonya meskipun mungkin tidak efektif. Prosedur ini juga memerlukan pembiusan total tetapi secara umum dapat dilakukan dengan operasi rawat jalan.
[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-kandungan"] [the_ad_placement id="konten-perusahaan"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost] [the_ad_placement id="konten-kategori-obat-dan-penyakit"] [table “872” not found /]