Pengertian Penyakit Kanker, Jenis dan Penyebab

By | February 15, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Pengertian Penyakit Kanker, Jenis dan Penyebab

pengertian kanker jenis dan penyebabnya
Pengertian Penyakit Kanker, Jenis dan Penyebab. Kanker biasa disebut juga dengan istilah Puru ayal atau atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditAndai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuluan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal) menyerang jaringan biologis di dekatnya. bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan seperti halnya merokok yang menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lain. Tumor juga dapat menyebabkan kanker. Tumor ganas dapat bersifat kanker, sedangkan tumor jinak tidak bersifat kanker. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.


Klasifikasi Jenis Kanker

Dibawah ini adalah klasifikasi penyakit kanker berdasarkan kategori yang umum, yaitu :

  1. Karsinoma, merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya organ pada sistem pencernaan atau kelenjar. Contoh meliputi kanker kulit, karsinoma serviks, karsinoma anal, kanker esofageal, karsinoma hepatoselular, kanker laringeal, hipernefroma, kanker lambung, kanker testiskular dan kanker tiroid.
  2. Sarkoma, merupakan kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma, tulang rawan seperti kondrosarkoma, jaringan otot seperti rabdomiosarcoma, jaringan adiposa, pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.
  3. Leukemia, merupakan kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang di dalam sumsum tulang dan memiliki kecenderungan untuk berakumulasi di dalam sirkulasi darah.
  4. Limfoma, merupakan kanker yang timbul dari nodus limfa dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuh

Faktor risiko


Penyakit kanker 90-95% kasusnya disebabkan faktor lingkungan dan 5-10% karena faktor genetik. Faktor lingkungan yang biasanya mengarahkan kepada kematian akibat kanker adalah tembakau (25-30%), diet dan obesitas (30-35 %), infeksi (15-20%), radiasi, stres, kurangnya aktivitas fisik, polutan lingkungan. Dibawah ini adalah beberapa faktor risiko penyebab kanker :

Bahan Kimia

Bahan kimia penyebab paling umum terkena kanker adalah tembakau. Selain itu alkohol juga memicu terjadinya kanker.

Radiasi Ionisasi

Sumber-sumber radiasi ionisasi, seperti gas radon, sinar ultraviolet, frekuensi radio tak berion dan telp suleler bisa menyebabkan kanker.

Infeksi virus

Beberapa dari kanker bisa disebabkan infeksi virus dan berperan hingga 20% penyebab kanker pada manusia di seluruh dunia. Berikut virus penyebab kanker :

  1. Papillomavirus pada manusia (kanker serviks)
  2. Poliomavirus pada manusia (mesothelioma, tumor otak)
  3. Virus Epstein-Barr (penyakit limfoproliferatif sel-B dan kanker nasofaring)
  4. Virus herpes penyebab sarcoma Kaposi (Sarcoma Kaposi dan efusi limfoma primer)
  5. Virus-virus hepatitis B dan hepatitis C (kanker hati)
  6. Virus-1 leukemia sel T pada manusis (leukemia sel T)
  7. Helicobacter pylori (kanker lambung)

Ketidakseimbangan Metabolisme

Senyawa formaldehid yang disintesis di dalam tubuh, seringkali terbentuk dari lintasan metabolisme senyawa xenobiotik, dapat membentuk ikatan kovalen dengan DNA, atau mengikat pada serum albumin dan gugus valina dari hemoglobin, dan menginduksi lintasan karsinogenesis.

Ketidakseimbangan Hormonal

Tingginya rasio plasma hormon TGF-β, yang merupakan regulator pada proses penyembuhan luka, akan meningkatkan produksi ROS pada fibroblas, serta diferensiasi fibroblas menuju fenotipe miofibroblas.


Keturunan

Keturunan (genetik) merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan kanker. Orang tua yang terkena kanker dapat menyebarkan kepada anaknya, akan tetapi tidak semua jenis kanker dapat diturunkan.


Letak kerusakan DNA yang dialami

Ada 2 macam letak mutasi yang memicu terbentuknya kanker, yaitu mutasi pada gen-gen onkogen dan mutasi pada gen-gen pensupresi tumor. Mutasi pada gen pensupresi tumor lah yang biasanya memicu penurunan kanker. Hal tersebut disebabkan karena zigot yang mengalami mutasi pada gen onkogen biasanya tidak dapat bertahan hidup sehingga tidak dapat diturunkan.

Itulah ringkasan singkat mengenai pengertian penyakit kanker dan faktor risikonya. Semoga bermanfaat

Sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *