Pengertian, Manfaat dan Sumber Vitamin B Kompleks

By | February 15, 2015 |

Pengertian, Manfaat dan Sumber Vitamin B Kompleks
Pengertian vitamin B kompleks dan manfaatnya bagi kesehatan. Vitamin B kompleks adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Dalam sejarahnya, vitamin pernah diduga hanya mempunyai satu tipe, yaituvitamin B (seperti orang mengenal vitamin C atau vitamin D). Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia didalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3).

Daftar Jenis Vitamin B

  1. Vitamin B1 (tiamin)
  2. Vitamin B2 (riboflavin)
  3. Vitamin B3,(niasin, termasuk asam nikotinat dan nikotinamida)
  4. Vitamin B5 (asam pantotenat)
  5. Vitamin B6 (piridoksin)
  6. Vitamin B7, juga dikenal sebagai vitamin H (biotin)
  7. Vitamin B9, juga dikenal sebagai vitamin M dan vitamin B-c (asam folat)
  8. Vitamin B12 (kobalamin)

Manfaat Vitamin B


Meningkatkan Energi

Vitamin B kompleks dapat mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang akhirnya menghasilkan energi pada saat beraktivitas ataupun latihan. Kekurangan vitamin ini membuat proses produksi energi tidak berjalan optimal dan Anda bisa mengalami cepat lelah.


Membantu Proses Metabolisme

Vitamin B kompleks larut dalam air sehingga mampulu memperbaiki pencernaan dan produksi asam klorida (HCL) yang berfungsi memecah lemak, protein, dan karbohidrat. Vitamin B1, B2, B3 dan B6 sangat penting dalam menjaga pencernaan dan jika kekurangan vitamin ini dapat memicu masalah pencernaan yang parah.


Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin B kompleks juga memiliki peran dalam meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi Anda. Vitamin ini membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman homosistein yang dikenal sebagai racun bagi sel-sel saraf.


Menjaga Sistem Saraf

Vitamin B kompleks berperan besar dalam pemecahan lemak dan protein yang membantu mempertahankan fungsi sistem saraf. Vitamin B5 meningkatkan fungsi kelenjar adrenal. Kelenjar ini mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, membantu mengatur fungsi ginjal, serta membantu mengelola stress dan juga diperlukan dalam produksi hormon tertentu, serta zat pengatur saraf.

Seluruh kerja fungsi sistem saraf, termasuk otak, diatur oleh vitamin B1, B6 dan B12. Sehingga kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi.


Mencegah Penuaan Dini

Vitamin B kompleks dapat mencegah penuaan din. Seperti menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku yang kesemuanya itu tergantung pada sistesis RNA (ribonucleic acid) dan DNA (deoxyribonucleic acid) yang terjadi setelah dibantu vitamin B kompleks. Gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan kulit keriput merupakan akibat kekurangan vitamin ini.


Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin. Niacin dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, vitamin ini juga dapat mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan risiko serangan jantung dan stroke.


Menjaga Kehamilan

Asam folat atau vitamin B9 dapat menjaga perkembangan janin dari terjadinya cacat lahir yang serius. Vitamin ini lebih efektif bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup sebelum hamil dan selama awal kehamilan. Asam folat berkontribusi dalam perkembangan DNA yang pada akhirnya mengoptimalkan pertumbuhan janin. Sehingga banyak dokter yang menganjurkan Ibu hamil dan menyusui untuk mengonsumsi sekitar 400 mg asam folat setiap hari. Kekurangan vitamin B9 bisa memicu gangguan pertumbuhan bayi, dan kesulitan belajar.


Sumber Vitamin B Kompleks

Dibawah ini adalah makanan sumber vitamin B kompleks

  1. Asparagus
  2. Alpukat
  3. Pisang
  4. Bit
  5. Kacang hitam
  6. Dedak
  7. Hati sapi
  8. Kacang mete
  9. Kaviar
  10. Sereal
  11. Ayam
  12. Cabai
  13. Produk susu
  14. Telur
  15. Adas
  16. Daging domba
  17. Lentil
  18. Susu (sapi/kambing)
  19. Jamur
  20. Pepaya
  21. Peterseli
  22. Kentang
  23. Ikan salmon
  24. Sarden
  25. Udang
  26. Kedelai
  27. Bayam
  28. Stroberi
  29. Tomat
  30. Biji bunga matahari
  31. Tempe
  32. Seluruh biji-bijian
  33. Ubi
  34. Yogurt

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_B diakses tanggal 19 september 2014

http://duniafitnes.com/supplement/5-manfaat-yang-bisa-Anda-dapatkan-dari-vitamin-b-kompleks.html 

diakses tanggal 19 september 2014

http://www.amazine.co/88/apakah-manfaat-kesehatan-vitamin-b-kompleks/ 

diakses tanggal 19 september 2014

Powered by Farmasi-id.com

Komentar