Pengertian Kanker Pankreas, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

By | February 15, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Pengertian Kanker Pankreas, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Pengertian Kanker Pankreas, Penyebab, Gejala dan PengobatanPengertian penyakit pankreas, penyebab, gejala dan pengobatan. Kanker pankreas adalah neoplasma yang terjadi pada kelenjar pankreas. Pankreas sendiri adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang membantu sistem pencernaan. Fungsi pankreas adalah menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin serta menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokri. Pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kepalanya menempel pada organ duodenum.

Kanker pankreas terjadi akibat tumbuhnya sel-sel kanker di dalam pankreas dan pada umumnya kanker pankreas berawal dari sel-sel eksokrin. Sel-sel tersebut mengembangkan mutasi genetik. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel normal akan mati. Sel-sel ini terakumulasi hingga membentuk tumor.

Penyebab

Belum diketahui pasti penyebab dari penyakit ini, namun ada faktor-faktor tertentu yang kemungkinan besar terkena kanker pankreas. Faktor-faktor tersebut adalah merokok, diabetes, Faktor genetik yaitu jika memiliki anggota keluarga penderita kanker pancreas dan pancreatitis yaitu radang/infeksi pada pankreas. Selain itu obesitas atau kelebihan berat badan juga merupakan salah satu faktor penyebab pancreas.

Gejala

Gejala kanker pankreas sulit diketahui karena awalnya tanpa gejala dan baru diketahui setelah berada di stadium lanjut yang sulit untuk disembuhkan lagi.  Hal ini karena pankreas terletak di belakang organ tubuh lain. Gejala awal yang dapat terlihat adalah hilangnya berat badan dan rasa sakit pada perut bagian atas atau tengah merupakan gejala yang datang belakanga.
Selanjutnya gejala lain yang mungkin timbul adalah gangguan pencernaan, pembengkakan dan gerakan usus yang berminyak dapat terjadi bila petumbuhan kanker menghalangi saluran pankreas sehingga enzim pencernaan tidak dapat disalurkan ke dalam saluran usus dan sakit kuning apabila adanya tumor yang menghalangi saluran empedu.
Gejala umumnya adalah :
  1. Nyeri di perut bagian atas yang menyebar ke sakit punggung
  2. Warna kulit dan bagian putih mata yang menguning
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Penurunan berat badan
  5. Pembekuan darah
  6. Depresi

Diagnosis


Karena gejala-gejala kanker pankreas awalnya sulit terdeteksi, sehingga sulit untuk mendiagnosis. Selain itu juga dari pengamatan fisik serta hasil tes darah seringkali normal. Namun untuk mengantisipasi dapat melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis kanker pankreas seperti berikut:
  1. Pemeriksaan fisik lengkap
  2. Pemeriksaan x-ray
  3. CT Scan
  4. Endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP)
  5. Endoscopic ultrasound (EUS)
  6. Percutaneous transhepatic cholangiography (PTC)
  7. Biopsi

Pengobatan


Pengobatan yang dilakukan tergantung pada stadium kanker. Kanker pankreas yang didiagnosa pada tahap dini dapat diobati dan disembuhkan melalui pembedahan. Setelah itu dilakukan pengobatan lanjutan, atau adjuvant therapy, sangat umum direkomendasikan. Terapi ini meliputi kemoterapi dan radioterapi.
Jika terdiagnosa dalam stadium lanjut dan parah hanya dapat dilakukan pengobatan radioterapi, kemoterapi atau kombinasi keduanya guna menyusutkan kanker yang ada, meredakan gejala, dan memperpanjang hidup. Sulitnya mengenali gejala kanker pankreas, membuat penyakit ini terdiagnosa pada stadium lanjut, atau sudah parah.
Terapi radiasi ditujukan untuk menghancurkan sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya. Radiasi biasa diberikan 5 hari setiap minggu untuk 5 sampai 6 minggu. Sedangkan kemoterapi untuk membantu membunuh kanker dengan menggunakan obat-obatan.

Pencegahan


Untuk mencegah terkena kanker pankreas , sebaiknya mulai berhenti merokok, jaga kondisi tubuh tetap ideal yaitu berat badan yang ideal, rutin berolahraga dan atur pola makan yang sehat. 
Komplikasi

Penderita kanker pankreas dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain seperti penyakit kuning (jaundice), Rasa sakit yang parah di bagian perut, rusaknya organ usus dan penurunan berat badan yang drastis
Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kanker pankreas, gejala, penyebab, pencegahan dan pengobatannya.
Semoga bermanfaat.
Sumber referensi :
http://www.parkwaycancercentre.com/id/informasi-kanker/jenis-kanker/apa-itu-kanker-pankreas/ diakses tanggal 19 juli 2014
http://prodia.co.id/penyakit-dan-diagnosa/kanker-pankreas diakses tanggal 19 juli 2014
http://id.wikipedia.org/wiki/Pankreas diakses tanggal 19 juli 2014

Powered by Farmasi-id.com

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *