MULTIPLE MYELOMA

By | October 6, 2015 |

Multiple myeloma adalah kanker yang berawal di sel-sel plasma, jenis sel darah putih. Untuk memahami multiple myeloma, akan sangat membantu untuk mengetahui tentang sel darah normal. Pada sel darah normal sebagian besar sel-sel darah berkembang dari sel-sel di sumsum tulang disebut sel induk. Sumsum tulang adalah bahan lembut di tengah sebagian besar tulang.

Sel-sel induk dewasa menjadi berbagai jenis sel darah. Setiap jenis memiliki fungsi khusus: Sel darah putih membantu melawan infeksi. Ada beberapa jenis sel darah putih; sel darah merah membawa oksigen ke jaringan di seluruh tubuh. Platelet membantu membentuk gumpalan darah yang mengontrol perdarahan. Sel-sel plasma sel darah putih yang membuat antibodi. Antibodi adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Mereka bekerja dengan bagian-bagian lain dari sistem kekebalan tubuh untuk membantu melindungi tubuh dari kuman dan zat-zat berbahaya lainnya. Setiap jenis sel plasma yang berbeda membuat antibodi.

Pada myeloma, sel darah tumbuh tanpa kendali meski tubuh tidak membutuhkan adanay sel baru yang menggantikan sel tua. Sel tersebut membentuk satu jaringan yang disebut tumor. Sel yang membentuk jaringan ini kemudian mendesak sel-sel normal dalam tubuh. Sel-sel tersebut kemudian menempel pada tulang. Karena sel tersebut berdampak pada tulang selanjutnya disebut sebagai multiple myeloma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *