Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Jantung Pada Wanita

By | February 15, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Jantung Pada Wanita

Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Jantung Pada Wanita
Penyakit jantung tidak mengenal pria atau wanita sebagai korbannya. Ini merupakan salah satu penyakit yang ditakuti karena berdampulak pada kematian. Bagi wanita tak sedikit yang meninggal dunia akibat penyakit ini. Dan yang lebih anehnya lagi mereka sering tidak menyadari bahwa akan terkena serangan jantung.

Seperti yang dikutip dari health liputan 6 berikut beberapa mitos dan fakta penyakit jantung terhadap wanita.

1. Penyakit jantung adalah penyakit kaum pria

Mitos mengenai ini tidak benar. Penyakit jantung juga dapat menyerang wanita, hanya saja, cara penyakit jantung menyerang wanita berbeda. Penyakit jantung pada wanita biasanya muncul setelah mereka menopause sehingga di masa muda mereka cenderung mengabaikannya. Hal ini dibuktikan dengan survey yang berasal dari ‘Visualising the Extent of Heart Disease in Indian Women’. Hasil survey tersebut mengatakan bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir, telah terjadi peningkatan sebesar 16 sampai 20 persen penyakit jantung pada wanita. 


2. Penyakit jantung hanya pada wanita tua.

Penyakit jantung tidak mengenal usia dan dapat dialami oleh semua wanita dari segala umur. Bahkan, yang berusia 20 sampai 30 tahun pun juga dapat terserang penyakit ini. Ini diakibatkan karena faktor kombinasi antara penggunaan pil KB dan merokok. Risiko ini akan terus mengalami peningkatan di saat usia bertambah, pola makan sehat dan gaya hidup yang tidak aktif.


3. Pasien jantung harus mengonsumsi lemak sedikit mungkin

Wanita yang terkena penyakit jantung sebaiknya mengonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh. Seperti minyak nabati, susu rendah lemak, ayam, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega-3 yang ada di dalam seekor ikan. Makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi dua kali dalam seminggu.


4. Penyakit jantung faktor keturunan, tidak ada yang bisa dilakukan

Wanita dengan riwayat keluarga penyakit jantung memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Namun untuk mengurangi risiko tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan cara merubah gaya hidup dan pola makan.


5. Gejala penyakit jantung pada wanita sama seperti gejala dari pria

Seorang wanita penderita penyakit jantung akan merasakan hal yang sama yang dialami penderita jantung pria yaitu dengan merasaan nyeri dada. Meski mengalami nyeri dada, sebagian besar wanita tidak memiliki gejala-gejala tersebut sama sekali. Biasanya, wanita mengalami ketidaknyamanan pada rahang, sesak napas, kelelahan, mual, dan pusing.

Powered by Farmasi-id.com

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *