Makanan & Minuman untuk Mencegah SEMBELIT

By | October 27, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Makanan & Minuman untuk Mencegah SEMBELIT

Sembelit atau konstipasi biasanya terjadi karena pola makan yang kurang serat. Meski begitu, kurang berolahraga serta stres biasanya juga bisa memperparah kondisi ini. Apalagi jika Anda termasuk orang yang jarang minum air putih.

Cukupi kebutuhan air putih serta diet yang tinggi serat dan olahraga teratur dapat menjauhkan sembelit dari keseharian Anda. Namun jika keadaan darurat dan Anda sulit merubah pola hidup, mengonsumsi 9 makanan dan minuman ini mungkin cukup membantu.

  1. Raspberry
    Raspberry merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Sebagai pengamanan, ada baiknya Anda menyimpan buah ini di kulkas sehingga tak perlu repot ketika konstipasi menyerang.
  2. Kopi
    Kafein yang terkandung dalam kopi tak hanya membuat otak lebih segar dan waspada. Kandungan kafein dalam kopi juga menstimulasi kontraksi usus besar, yang dapat memperlancar buang air.
  3. Air putih
    Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama konstipasi. Penuhi kebutuhan air putih agar buang air lancar. Jangan lupa perbanyak air putih terutama di hari yang panas atau ketika berolahraga.
  4. Jeruk
    Bukan jus atau sarinya, jeruk akan lebih bermanfaat jika dimakan secara utuh. Penelitian mengungkap satu buah jeruk mengandung 2 gram serat yang harus ditambah asupan lain agar kebutuhan serat terpenuhi.
  5. Plum
    Buah plum sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno sebagai pengencer kotoran. Satu buah kecil saja mengandung satu gram serat yang baik untuk kesehatan usus besar.
  6. Popcorn
    Berbahan dasar biji jagung, popcornya ternyata juga mengandung serat. Satu porsi popcorn mengandung sekitar 1 gram serat.
  7. Bayam
    Bayam memang sayuran yang banyak manfaatnya. Satu genggam bayam rebus mengandung 4 gram serat dan lebih dari 150 mg magnesium.
  8. Yogurt
    Meski belum terbukti ilmiah, bakteri probiotik yang terdapat pada yogurt dipercaya menyehatkan saluran pencernaan. Semakin sehat saluran pencernaan Anda, semakin jauh pula risiko terserang konstipasi.
  9. Nasi merah
    Satu cangkir nasi merah mengandung 3,5 gram serat, yang artinya nasi merah merupakan salah satu bahan makanan utama untuk mencegah sembelit.
[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-kandungan"] [the_ad_placement id="konten-perusahaan"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost] [the_ad_placement id="konten-kategori-obat-dan-penyakit"] [table “872” not found /]