Kontroversi vitamin D

FARMASI-ID.COM > BLOG | FARMASI-ID.COM > Kontroversi vitamin D

Dalam dua puluh tahun terakhir, status vitamin D selalu menjadi perdebatan para peneliti. Perdebatan yang paling sering adalah apakah vitamin D pantas disebut sebagai “vitamin”? karena yang disebut dengan vitamin adalah suatu senyawa yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil yang keberadaannya sangat penting agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang dengan normal yang bisa didapat melalui sumber eksternal seperti makanan sebab senyawa itu tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia.

Namun pada kasus vitamin D, tubuh dapat memproduksinya melalui suatu proses dan keadaan yang tepat. Vitamin D lebih tepat jika disebut sebagai prohormon karena senyawa itu akan dikonversi menjadi hormon oleh tubuh kita dan setiap sel di dalam tubuh manusia mempunyai reseptor untuk itu.

Selain itu manfaat vitamin D sangat banyak dan luas, tidak hanya meningkatkan kekuatan tulang dan mengatur metabolisme kalsium namun juga memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, kanker, infeksi, gangguan mood, dan kondisi gigi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan multiple sclerosis. Berikut adalah beberapa faktor risiko lainnya yang dapat dialami oleh seseorang yang kekurangan vitamin D:

Belum diketahui dengan pasti berapa sebenarnya kadar pasti untuk seseorang dikatakan mengalami defisiensi vitamin D dan berapa dosis yang efektif untuk vitamin D. Namun beberapa sumber menyatakan bahwa seseorang dikatakan mengalami defisiensi vitamin D jika level darahnya berada pada kurang dari 12 ng/ml (nanogram/mililiter). Dosis harian vitamin D bergantung pada beberapa faktor seperti usia, aktivitas, kondisi iklim dan cuaca lokasi tempat tinggal, dan sebagainya.

Menurut US Institute of Medicine, dosis harian yang direkomendasikan untuk vitamin D antara 400-800 IU atau 10-20 mikrogram. Jika Anda tidak cukup mendapatkan sinar matahari, kebutuhan vitamin D harus lebih banyak dari angka tadi. Pada level darah 20 ng/ml atau 30 ng/ml disarankan untuk mengkonsumsi vitamin D sebanyak 1120-1680 IU. Pada orang yang mengalami defisiensi, memerlukan konsumsi vitamin D hingga 5000 IU agar level darahnya berkisar 30 ng/ml atau lebih tinggi. Pada wanita pasca menopause dengan kadar vitamin D di bawah 20 ng/ml didapatkan data bahwa diperlukan sekira 800-2000 IU agar level darah dapat mencapai 20 ng/ml. Dosis lebih tinggi diperlukan agar level darah dapat meningkat hingga 30 ng/ml atau lebih. Namun sebenarnya pada kebanyakan orang dosis harian vitamin D sekira 1000-4000 IU atau 25-100 mikrogram sudah mencukupi untuk mendapatkan tingkat level darah tetap optimal yaitu pada kisaran 20 ng/ml hingga 50 ng/ml.

Yang jelas adalah vitamin D sangat penting bagi tubuh kita. Keluar ruangan selama 10 menit untuk mendapatkan sinar matahari akan sangat baik karena akan membuat tubuh menghasilkan vitamin D. Mengenai waktunya masih ada perdebatan, namun menurut banyak info, yang terbaik adalah antara jam 10 pagi sampai jam 3 siang karena pada jam itu terdapat banyak sinar UVB, dan diluar jam itu misalnya pada awal pagi atau akhir sore, jumlah sinar UVB lebih sedikit dan lebih banyak sinar UVA. Menurut William B. Grant, peneliti dari Pusat Penelitian Kesehatan di California, Amerika Serikat, sinar UVA lebih banyak menyebabkan melanoma daripada UVB. Selain itu mengonsumsi produk ikan, susu, atau juga bisa dengan mengonsumsi produk suplemen vitamin D.

Daftar pustaka:

  • 8 Signs and Symptoms of Vitamin D Deficiency. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-deficiency-symptoms. Diakses 02 November 2018.
  • How Much Vitamin D Should You Take For Optimal Health?. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-vitamin-d-to-take. Diakses 02 November 2018.
  • Is vitamin D a vitamin or a hormone? And why its role is so important?. http://www.procure.ca/en/2018/03/01/vitamin-d-vitamin-hormone-role-important/. Diakses 02 November 2018.
  • What are the health benefits of vitamin D?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/161618.php. Diakses 02 November 2018.
  • How Much Vitamin D Do You Need? How Your Age, Sex, Location, and Health Can Affect Your Recommended Intake. https://www.everydayhealth.com/vitamin-d/what-recommended-daily-intake-vitamin-d/. Diakses 02 November 2018.

2 thoughts on “Kontroversi vitamin D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *