Ini Dia Jamur dengan Kandungan Antioksidan Paling Tinggi

Anda suka makan jamur? kalau suka maka itu suatu hal yang sangat baik untuk Anda, sebab jamur telah lama dikenal sebagai sumber antioksidan. tapi sebenarnya jenis jamur apa yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi??

Dilansir dari laman medicalnewstoday, Minggu (12/11/2017), Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Robert Beelman, Professor dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, terungkap bahwa jenis jamur tertentu mengandung dua jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Sebelumnya peneliti sudah mengetahui bahwa jamur merupakan sumber ergothioneine tinggi. Ergothioneine merupakan zat antioksidan, tapi ternyata tidak hanya itu, ada lagi yang disebut dengan glutathione, yakni zat yang juga termasuk golongan antioksidan, namun sedikit orang yang tahu tentang glutathione ini.

Tidak semua jamur punya kedua zat antioksidan itu. menurut Professor Beelman, jenis jamur yang punya kedua zat antioksidan itu dalam jumlah yang tinggi adalah jamur Porcini. Kesimpulan itu diambil setelah Beelman menguji 13 jenis spesies jamur. Hasilnya jamur Porcinilah yang memiliki kandungan antioksidan terbesar. Ditambahkannya lagi bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung dua jenis antioksidan itu dapat mengurangi risiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer, itu terbukti pada negara seperti Perancis dan Italia yang masyarakatnya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti ergothioneine, tingkat penyakit neurodegeratifnya paling rendah.

Jadi, perbanyaklah konsumsi jamur, tentunya dengan cara pengolahan yang benar agar kandungan antioksidannya tidak hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *