FOBIA SOSIAL

By | February 10, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > FOBIA SOSIAL


Sangatlah normal untuk merasa gugup dalam beberapa kondisi sosial. Gugup dapat terjadi pada misalnya pada saat Anda melakukan presentasi atau kencan, hingga menimbulkan perasaan adanya “kupu-kupu” yang beterbangan di perut Anda. Namun, pada gangguan kecemasan sosial, yang juga disebut fobia sosial, interaksi sehari-hari sering menyebabkan kecemasan, rasa takut, rasa malu yang irasional.

Gangguan kecemasan sosial adalah suatu kondisi kesehatan mental yang kronis. Pengobatan seperti konseling psikologis, obat-obatan, dan mempelajari keterampulilan khusus dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuluan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain.

Gejala

Gangguan kecemasan sosial mempengaruhi emosi dan perilaku sesorang. Hal ini juga dapat menimbulkan gejala-gejala fisik yang signifikan.

Emosi dan perilaku yang merupakan tAnda-tAnda dari gangguan kecemasan sosial, diantaranya:

· Rasa takut yang intens untuk berinteraksi dengan orang asing

· Ketakutan pada situasi dimana Anda mungkin akan dinilai

· Khawatir akan mempermalukan diri sendiri

· Takut orang lain akan melihat bahwa Anda terlihat cemas

· Kecemasan yang mengganggu rutinitas sehari-hari Anda, pekerjaan, sekolah, atau kegiatan lain

· Menghindari melakukan suatu kegiatan atau berbicara kepada orang lain karena malu

· Menghindari situasi dimana Anda mungkin menjadi pusat perhatian

· Kesulitan membuat kontak mata

· Kesulitan berbicara

TAnda-tAnda dan gejala fisik yang muncul karena gangguan kecemasan sosial diantaranya:

· Wajah yang memerah

· Berkeringat

· Gemetar atau bergetar

· Detak jantung yang cepat

· Tidak enak perut

· Mual

· Suara gemetar

· Otot menjadi tegang

· Kebingungan

· Diare

· Tangan yang dingin berkeringat

Kekhawatiran terhadap gejala

Bila Anda memiliki gangguan kecemasan sosial, Anda akan menyadari bahwa kecemasan atau ketakutan yang Anda alami sangat tidak sesuai dengan situasi yang ada. Karena takut untuk mengembangkan gejala gangguan kecemasan sosial, Anda selalu berusaha untuk menghindari situasi yang dapat memicu fobia tersebut. jenis kekhawatiran ini menciptakan lingkaran setan yang justru akan memperburuk gejala yang ada.

Penyebab & Faktor Risiko

Seperti kondisi kesehatan mental lainnya, gangguan kecemasan sosial mungkin timbul dari interaksi yang kompleks antara faktor lingkungan dan faktor genetik. Kemungkinan penyebabnya termasuk:

· Faktor warisan. Gangguan kecemasan cenderung diturunkan pada sebuah keluarga. Namun, tidak jelas berapa banyak gangguan yang disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan.

· Kimia otak. Bahan kimia alami dalam tubuh Anda mungkin memainkan peran dalam gangguan kecemasan sosial. Misalnya, ketidakseimbangan dalam serotonin kimia otak dapat menjadi faktor penyebabnya. Serotonin adalah neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan emosi. Orang dengan gangguan kecemasan sosial mungkin ekstra-sensitif terhadap efek dari serotonin.

· Struktur otak. Sebuah struktur otak yang disebut amigdala mungkin memainkan peran dalam mengendalikan respon takut. Orang yang memiliki amigdala yang terlalu aktif mungkin akan memiliki respon tinggi terhadap rasa takut, sehingga meningkatkan kecemasan dalam situasi sosial.

· Pengalaman negatif. Anak-anak yang mengalami pelecehan, penyiksaan, penolakan, ejekan, atau penghinaan lebih rentan terhadap gangguan kecemasan sosial. Selain itu, peristiwa negatif lain dalam hidup seperti konflik keluarga atau pelecehan 5eksual dapat berhubungan dengan gangguan kecemasan sosial.

Faktor resiko

Gangguan kecemasan sosial adalah salah satu gangguan mental yang paling umum. Hal ini biasanya dimulai pada masa pra remaja hingga masa pertengahan remaja, meskipun kadang dapat terjadi pada masa kanak-kanak atau dewasa.

Sejumlah faktor dapat meningkatkan resiko gangguan kecemasan sosial, seperti:

· Jenis kelamin perempuan. Perempuan lebih mungkin memiliki gangguan kecemasan sosial dibandingkan laki-laki

· Sejarah keluarga. Anda lebih mungkin memiliki gangguan kecemasan sosial jika orang tua biologis atau saudara Anda memiliki kondisi tersebut.

· Lingkungan. Gangguan kecemasan sosial mungkin menjadi perilaku yang dipelajari. Artinya, Anda dapat mengalami kondisi tersebut setelah menyaksikan perilaku cemas orang lain. Selain itu, mungkin ada hubungan antara gangguan kecemasan sosial dan orang tua yang terlalu mengontrol atau terlalu melindungi anak-anak mereka.

· Temperamen. Anak-anak yang pemalu, penakut, yang diberikan tugas berpidato atau menyampulaikan presentasi penting memiliki resiko yang lebih besar.

· Tuntutan sosial atau pekerjaan. Bertemu dengan orang baru, memberikan pidato di depan umum atau membuat presentasi pekerjaan dapat memicu terjadi gejala gangguan kecemasan sosial. Gejala ini biasanya berakar pada kondisi masa remaja seseorang.

· Memiliki kondisi kesehatan yang menarik perhatian. Cacat wajah, gagap, penyakit Parkinson, dan kondisi kesehatan lainnya dapat meningkatkan perasaan sensitif dan memicu gangguan kecemasan sosial pada beberapa orang.

Komplikasi

Jika tidak diobati, gangguan kecemasan sosial dapat membuat Anda lemah. Kecemasan dapat membayang-bayangi hidup Anda. Hal ini akan mengganggu pekerjaan, sekolah, hubungan, atau kenikmatan hidup. Anda mungkin akan dianggap sebagai orang yang “kurang berprestasi” ketika ketakutan Anda menahan Anda, bukan pada masalah motivasi atau kemampuluan. Dalam kasus yang parah, Anda mungkin drop out dari sekolah, berhenti bekerja atau kehilangan persahabatan. Gangguan kecemasan sosial dapat menyebabkan:

· Rasa rendah diri

· Mengalami masalah untuk bertindak tegas

· Pembicaraan dengan diri sendiri yang cederung negatif

· Hipersensitif terhadap kritik

· Keterampulilan sosial yang buruk

Gangguan kecemasan sosial juga dapat mengakibatkan:

· Catatan pekerjaan yang buruk

· Prestasi akademik rendah

· Isolasi dan hubungan sosial yang sulit

· Penyalahgunaan zat

· Minum (alkohol) berlebihan, terutama pada pria

· Bunuh diri

Kapan Harus ke Dokter ?

Temui dokter Anda atau penyedia jasa kesehatan mental jika Anda merasa takut dan berusaha menghindari situasi sosial yang normal karena dapat menimbulkan rasa malu, khawatir, atau panik. Jika jenis kecemasan ini mengganggu hidup Anda, menyebabkan stres berat, dan mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda, Anda mungkin memiliki gangguan kecemasan sosial atau kondisi kesehatan mental yang membutuhkan pengobatan khusus.

Perasaan malu atau ketidaknyamanan dalam situasi tertentu belum tentu menjadi gejala gangguan kecemasan sosial, terutama pada anak-anak. Kenyamanan tingkat dalam situasi sosial bervariasi dari individu ke individu, berdasarkan ciri kepribadian dan pengalaman hidup. Beberapa orang lebih memilih untuk membatasi diri, sementara ada pula yang sangat terbuka. Yang membedakan gangguan kecemasan sosial dengan kegugupan yang dialami sehari-hari adalah, bahwa gejala gangguan kecemasan sosial jauh lebih parah, sehingga menyebabkan Anda menghindari situasi sosial yang normal.

Kegiatan/pengalaman sehari-hari yang mungkin sulit dihadapi ketika Anda memiliki gangguan kecemasan sosial meliputi:

· Menggunakan toilet umum atau telepon

· Mengembalikan barang ke toko

· Berinteraksi dengan orang asing

· Menulis di depan orang lain

· Membuat kontak mata

· Memasuki ruang dimana orang sudah duduk

· Memesan makanan di restoran

· Diperkenalkan kepada orang asing

· Memulai percakapan

Gejala gangguan kecemasan sosial dapat berubah dari waktu ke waktu. Gejala mungkin akan muncul ketika Anda menghadapi banyak stres atau tuntutan. Bisa pula, jika Anda benar-benar berusaha menghindari situasi yang biasanya membuat Anda cemas, gejala mungkin tidak akan muncul. Meskipun untuk menghindari situasi tertentu membuat Anda lebih baik, kecemasan Anda cenderung akan bertahan dalam jangka panjang jika Anda tidak mendapatkan pengobatan.

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Meskipun gangguan kecemasan sosial pada umumnya memerlukan bantuan dari ahli medis atau psikoterapis yang berkualitas, Anda dapat mencoba beberapa teknik pengobatan sendiri untuk menangani situasi yang dapat memicu gejala.

Pertama, pertimbangkan rasa ketakutan Anda untuk mengindentifikasi situasi apa yang paling membuat Anda cems. Kemudian, secara bertahap, latih kegiatan ini hingga kecemasan Anda berkurang. Mulailah dengan langkah-langkah kecil dalam situasi yang tidak biasa.

Situasi untuk mempraktekan teknik ini diantaranya:

· Makan dengan teman, kerabat, atau kenalan dekat dalam setting yang terbuka (publik)

· Membuat kontak mata dan menjawab sapaan orang lain, atau menjadi orang pertama yang menyapa

· Memberikan pujian kepada seseorang

· Meminta tolong pada petugas ritel untuk membantu Anda menemukan suatu barang

· Menanyakan petunjuk pada orang asing

· Menunjukkan minat pada orang lain – bertanya tentang rumah mereka, anak, cucu, hobi, atau perjalanan mereka.

· Menelpon teman untuk membuat rencana khusus

Pada awalnya, menjadi “sosial” saat Anda merasa cemas cukup menantang. Meskipun akan sulit dan menyakitkan pada awalnya, jangan menghindari situasi yang memicu gejala Anda. Jika Anda terbiasa menghadapi situasi semacam ini, Anda akan terus membangun dan memperkuat keterampulilan Anda untuk mengatasinya.

Teknik-teknik berikut dapat membantu Anda mulai belajar menghadapi situasi yang membuat Anda gugup:

· Siapkan bahan percakapan. Misalnya, membaca Koran untuk mengindentifikasi cerita menarik yang dapat Anda bicarakan

· Fokus pada kualitas pribadi yang Anda sukai tentang diri Anda

· Latihan relaksasi

· Menggunakan teknik manajemen stres

· Tetapkan tujuan yang realistis

· Perhatikan seberapa sering situasi memalukan yang Anda takuti benar-benar terjadi. Anda mungkin akan mendapati bahwa hal yang Anda takutkan selama ini biasanya tidak terjadi.

· Ketika situasi memalukan benar-benar terjadi, ingatkan diri Anda bahwa perasaan Anda akan berlalu, dan dapat menanganinya hingga selesai.

Hindari menggunakan alkohol untuk menenangkan saraf Anda. Alkohol mungkin nampulak akan membantu, namun dalam jangka panjang akan membuat Anda merasa lebih cemas.

Dukungan

Beberapa metode pendukung dapat membantu meringankan kecemasan Anda, seperti:

· Bergabung dengan orang yang membuat Anda nyaman

· Bergabung dengan kelompok pendukung lokal atau berbasis internet

· Bergabung dengan kelompok yang menawarkan kesempatan untuk meningkatkan komunikasi dan keterampulilan berbicara di depan umum, misalnya Toastmasters International

· Melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti olahraga atau hobi Anda, ketika Anda merasa cemas

· Cukup tidur

· Pola makan yang teratur dan seimbang

Seiring berjalannya waktu, metode ini dapat membantu mengontrol dan mengatasi gejala serta mencegah terjadinya kambuh. Ingatkan diri Anda bahwa Anda mampulu melewati saat-saat cemas, bahwa kecemasan Anda hanya bersifat sementara, dan bahwa konsekuensi negatif yang Anda takutkan justru jarang terjadi.

Pencegahan

Tidak ada cara untuk memprediksi dengan pasti faktor apa yang menyebabkan seseorang untuk mengalami gangguan kecemasan. Akan tetapi, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mengurangi dampulak dan gejala:

· Mendapatkan bantuan dari awal. Kecemasan, seperti kebanyakan kondisi kesehatan mental lainnya, dapat sulit untuk diobati jika terus dibiarkan.

· Membuat jurnal. Membuat catatan kehidupan pribadi Anda dapat membantu Anda serta tim kesehatan yang menangani Anda untuk membantu Anda merasa lebih baik.

· Prioritaskan hidup Anda. Anda dapat mengurangi kecemasan dengan pengelolaan waktu dan energi.

· Hindari penggunaan zat yang tidak sehat. Alkohol dan narkoba, kafein atau nikotin dapat menyebabkan atau memperburuk kecemasan. Jika Anda kecanduan salah satu zat tadi, ketika Anda menghentikan penggunaannya, Anda akan menjadi cemas. Jika Anda tidak dapat menanganinya sendirian, pergilah ke dokter atau cari kelompok pendukung untuk membantu Anda.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *