FDA setujui penggunaan Egaten untuk pengobatan infeksi cacing hati Fasciola

FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > FDA setujui penggunaan Egaten untuk pengobatan infeksi cacing hati Fasciola

By | 01/04/2019

FDA belum lama ini mengeluarkan persetujuan atas produk obat yang dikembangkan oleh Novartis Pharma AG yakni Egaten. Egaten yang memiliki kandungan aktif triclabendazole yang diindikasikan untuk terapi perawatan penderita fascioliasis atau infeksi cacing hati pada mereka yang berusia enam tahun keatas. Egaten menjadi obat pertama fascioliasis yang disetujui oleh FDA. Triclabendazole sebenarnya telah digunakan di berbagai negara sejak tahun 90-an sebagai obat generik.

Penyakit fascioliasis adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh dua jenis cacing parasit yaitu fasciola hepatica dan fasciola gigantica. Kedua jenis spesies parasit ini menginfeksi hati manusia akibat makanan atau minuman yang terinfeksi oleh larva cacing itu. Makanan mentah dan setengah matang sangat berisiko menjadi media perantara penyebaran parasit ini. Larva cacing yang masuk kemudian menjadi dewasa dan berubah menjadi cacing di saluran empedu. Jika tidak diobati maka fascioliasis ini dapat mengakibatkan gejala seperti demam, sakit perut, mual, diare, dan jika sudah akut maka akan terjadi demam tinggi, pembesaran hati, dan anemia. Diperkirakan kasus fascioliasis ini terjadi di 70 negara dengan 2,4 juta orang terinfeksi dan 180 juta orang lainnya terancam ikut terinfeksi.

Egaten (triclabendazole) merupakan suatu antelmintik yang digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi cacing yang disebabkan oleh spesies fasciola. Triclabendazole dan metabolit aktifnya diserap oleh tegumen cacing yang belum dewasa dan yang sudah dewasa kemudian mengakibatkan penurunan membran potensial, penghambatan motilitas, penghancuran struktur permukaan dan ultrastruktur termasuk menghambat spermatogenesis dan sel vitelline cacing itu.

Egaten dikontraindikasi pada mereka yang hipersensitif terhadap triclabendazole, derivatif benzimidazole, dan komponen lainnya yang ada pada obat ini. Efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan Egaten adalah sakit kepala, hiperhidrosis, urtikaria, sakit perut, mual, muntah, pruritus, diare, nyeri dada, peningkatan serum bilirubin, peningkatan serum alkaline phosphatase, peningkatan serum alanine aminotransferase, peningkatan enzim hati. Perlu dilakukan pemantauan EKG pada pasien yang memiliki riwayat aritmia.

Dosis Egaten pada mereka yang berusia ≥ 6 tahun, remaja, dan orang dewasa adalah 10 mg/kgBB setiap 12 jam dengan dosis setiap pemberian 125 mg. Satu tablet Egaten memiliki kekuatan 250 mg, sehingga untuk dua kali pemberian tablet dapat dibagi dua (masing-masing 125 mg) atau jika dosis tidak dapat disesuaikan dengan tepat, maka dilakukan pembulatan ke atas.

Berikut ini detail dosis Egaten:

Berat (kg)Dosis (mg)Jumlah Tablet Egaten
≤12.5125½
>12.5 dan ≤252501
>25 dan ≤37.53751 ½
>37.5 dan ≤505002
>50 dan ≤62.56252 ½
>62.5 dan ≤757503
>75 dan ≤87.58753 ½
>87.5 dan ≤10010004

Tablet harus ditelan utuh, tanpa dikunyah. Obat sebaiknya disimpan pada suhu 30°C pada wadah tertutup, dan terlindung dari cahaya.

Egaten menjadi satu-satunya obat yang direkomendasikan oleh WHO untuk fascioliasis dan pada tahun 2005 Novartis mendonasikan Egaten pada WHO untuk perawatan 2 juta orang penderita fascioliasis di 30 negara. Novartis Pharma AG adalah salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia yang berkantor pusat di kota Basel, Swiss.

Daftar pustaka:

[bg_collapse view=”button-blue” color=”#fff” expand_text=”Show ” collapse_text=”Hide” ]

  • Novartis receives FDA approval for Egaten® for the treatment of fascioliasis, a neglected tropical disease. https://www.novartis.com/news/media-releases/novartis-receives-fda-approval-egaten-treatment-fascioliasis-neglected-tropical-disease. Diakses 01 April 2019.
  • FDA approval for Egaten for the treatment of a neglected tropical disease. https://www.thepharmaletter.com/article/fda-approval-for-egaten-for-the-treatment-of-a-neglected-tropical-disease. Diakses 01 April 2019.
  • FDA Approves Novartis Drug for Tropical Disease. http://www.pharmtech.com/fda-approves-novartis-drug-tropical-disease. Diakses 01 April 2019.
  • Novartis receives FDA approval for Egaten®. http://globalsustain.org/en/story/14150. Diakses 01 April 2019.
  • Novartis Announces FDA Approval Of Egaten – Quick Facts. https://www.rttnews.com/2978871/novartis-announces-fda-approval-of-egaten-quick-facts.aspx. Diakses 01 April 2019.

[/bg_collapse]