FDA setujui Gloperba untuk terapi pengobatan asam urat

FARMASI-ID.COM > BLOG | FARMASI-ID.COM > FDA setujui Gloperba untuk terapi pengobatan asam urat

FDA memberikan persetujuan terhadap produk obat baru dengan merek dagang Gloperba untuk digunakan dalam terapi pengobatan gout atau asam urat pada orang dewasa. Gloperba merupakan obat cair pertama dengan kandungan bahan aktif colchicine.

Gout atau asam urat itu sendiri adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat atau uric acid di dalam darah dan kemudian terjadi penumpukan dan pengkristalan pada lokasi-lokasi tertentu seperti persendian dan efeknya bisa menyebabkan penderitanya terserang rasa nyeri mendadak dan terkadang bisa sangat sakit, terjadi pembengkakan pada area yang terkena dan berwarna kemerahan. Jika sudah cukup parah, struktur atau bentuk dari lokasi penumpukan akan terlihat dari luar, biasanya pada jempol kaki. Penyakit ini bisa menjadi penyakit kronis jika tidak ditangani dengan segera.

Colchicine sebenarnya bukanlah obat baru dalam terapi pengobatan asam urat, melainkan sudah digunakan beberapa puluh tahun lalu, namun dokter sering mengalami kesulitan menentukan dosis yang sesuai dikarenakan sediaannya yang waktu itu hanya ada dalam bentuk kapsul dan tablet padahal untuk menentukan dosis harus mempertimbangkan kondisi pasien seperti sedang mengonsumsi obat lain yang menyebabkan interaksi atapun kondisi lain seperti sedang menjalani dialisis ginjal, dan sebagainya, sehingga sangat menyulitkan dan dikhawitirkan menimbulkan efek samping jika dosisnya tidak tepat

Colchicine berkerja dengan cara memblokir respons inflamasi yang dimediasi-neutrofil yang diinduksi oleh kristal monosodium buruk dalam cairan sinovial. Colchicine mengganggu polimerisasi β-tubulin ke dalam mikrotubulus, sehingga mencegah aktivasi, degranulasi, dan migrasi neutrofil ke tempat-tempat peradangan. Kolkisin juga mengganggu kompleks inflammasom yang ditemukan dalam neutrofil dan monosit yang memediasi aktivasi interleukin-1β (IL-1β).

Dengan adanya bentuk sediaan oral seperti Gloperba, maka diharapkan dokter akan mampu menentukan dosis yang tepat bagi pasien. Selain itu dengan sediaan cair ini, pasien yang kesulitan menelan kapsul atau tablet seperti pada lansia, bisa dengan mudah mengonsumsinya.

Gloperba dikontraindikasikan pada pasien yang mengalami gangguan ginjal atau hati. Efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan Gloperba yang paling umum adalah masalah gastrointestinal, seperti diare, mual, muntah, dan sakit perut.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Gloperba (colchicine):

  1. Pria yang subur sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini karena berisiko mengganggu kesuburan.
  2. Pada saat menggunakan obat ini sebaiknya tidak minum jus grapefruit karena dapat menimbulkan interaksi.
  3. Selama penggunaan obat ini beberapa gejala seperti nyeri, lemah otot, kesemutan, dan mati rasa di jari tangan atau kaki dapat terjadi, perlu dilakukan pemantauan oleh dokter selama penggunaan.
  4. Risiko diskrasia darah bisa terjadi seperti anemia aplastik, dan trombositopenia.
  5. Jauhkan Gloperba dari jangkauan anak-anak.

Dosis pemberian Gloperba adalah 0,6 mg (5 ml) diberikan secara oral , satu atau dua kali sehari, dengan atau tanpa makanan. Dosis maksium adalah 1,2 mg perhari. Disarankan untuk mengonsumsinya dengan dosis akurat.

Menurut Menurut Naomi Vishnupad, Ph.D kepala penelitian ROMEG Therapeutics yang mengembangkan obat ini, Gloperba dapat menjadi solusi bagi dokter untuk menglola atau memanajamen kondisi pasien seperti profil toksisitas pasien dengan gangguan ginjal dan hati, efek samping, interaksi obat, gangguan kesehatan lain, dan usia. Gloperba menjawab kebutuhan medis yang belum terpenuhi dan terlayani secara baik. Gloperba mulai dipasarkan pada pertengahan 2019.

Daftar pustaka:

  • ROMEG Therapeutics Receives FDA Approval of GLOPERBA® (colchicine) for Prophylaxis of Adult Gout Flares. https://www.marketwatch.com/press-release/romeg-therapeutics-receives-fda-approval-of-gloperba-colchicine-for-prophylaxis-of-adult-gout-flares-2019-02-26. Diakses 27 Maret 2019.
  • FDA OKs First Liquid Form of Gout Drug Colchicine (Gloperba). https://www.medscape.com/viewarticle/909649. Diakses 27 Maret 2019.
  • ROMEG Therapeutics Receives FDA Approval of GLOPERBA® (colchicine) for Prophylaxis of Adult Gout Flares. https://www.businesswire.com/news/home/20190226005274/en/ROMEG-Therapeutics-Receives-FDA-Approval-GLOPERBA%C2%AE-colchicine. Diakses 27 Maret 2019.
  • Gloperba Approved for the Prophylaxis of Gout Flares. https://www.empr.com/home/news/gloperba-approved-for-the-prophylaxis-of-gout-flares/. Diakses 27 Maret 2019.
  • FDA Approves Liquid Formulation of Gout Drug Colchicine. https://painreliefrevolution.com/fda-approves-liquid-formulation-gout-drug-colchicine. Diakses 27 Maret 2019.