FDA menyetujui penggunaan Seysara untuk terapi pengobatan acne vulgaris

FARMASI-ID.COM > BLOG | FARMASI-ID.COM > FDA menyetujui penggunaan Seysara untuk terapi pengobatan acne vulgaris

FDA telah menyetujui penggunaan Seysara (sarecycline) untuk digunakan dalam terapi pengobatan lesi inflamasi hingga acne vulgaris berat pada pasien berusia 9 tahun ke atas. Seysara termasuk dalam kelas obat antibiotik tetrasiklin. Seysara tersedia dalam sediaan tablet oral yang diminum sekali sehari dengan atau tanpa makanan. Seysara telah terbukti mampu mengurangi lesi inflamasi secara signifikan kurang dari 3 minggu sejak dimulainya terapi pengobatan dan obat ini termasuk obat yang aman untuk dikonsumsi karena dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh.

Dr Leon Kircik, seorang ahli dermatologi terkenal dari Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, mengatakan bahwa sebagai seorang ahli kulit, dirinya selalu mencari cara yang terbaik untuk memperbaiki terapi untuk pasiennya dan hasil dari uji klinis Seysara menunjukkan hasil yang menggembirakan bahkan sebelum 3 minggu menjalani terapi pengobatan. Dirinya berharap Seysara bisa segera tersedia di pasar pada tahun 2019 mendatang.

Acne vulgaris merupakan suatu penyakit kulit yang bersifat kronis yang sangat umum dijumpai di masyarakat. Penyakit ini berkaitan dengan penyumbatan dan atau peradangan unit pilosebaceous (folikel rambut dan kelenjar sebasea yang menyertainya). Jerawat atau acne bisa datang dengan lesi-non inflamasi, lesi inflamasi, maupun kombinasi keduanya. Jerawat biasa muncul di wajah dan punggung. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Global Burden of Disease (GBD) acne vulgaris terjadi pada 85 persen orang muda dewasa berusia 12-25 tahun di seluruh dunia. Di Amerika, 80 persen masyarakatnya pernah terkena acne vulgaris dalam hidupnya dan dari persentase itu, 20 persennya bersifat parah dan menyebabkan masalah kulit permanen.

Seysara masuk dalam kelas tetrasiklin dengan dosis sekali sehari dengan kandungan sarecycline yang memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan). Karena merupakan kategori obat antibiotik, penggunaan bersama dengan obat lain harus dengan kehati-hatian dan sesuai dengan petunjuk pemberian obat agar tidak terjadi resistensi bakteri. Efikasi Seysara pada terapi lebih dari 12 minggu dan keamanannya diluar 12 bulan belum ditetapkan. Seysara dikontraindikasikan pada mereka yang hipersensitivitas terhadap salah satu obat yang termasuk dalam kelas tetrasiklin.

Penggunaan Seysara pada orang yang sednag mengalami pertumbuhan gigi, dapat menyebabkan perubahan permanen pada warna giginya. Terkadang penggunaaanya menyebabkan clostridium difficile terkait dengan diare atau juga bisa mengalami hipertensi intrakranial. Dan jika itu terjadi, maka hentikan penggunaan Seysara. Efek samping yang mungkin akan terjadi selama menggunakan Seysara seperti pusing ringan, vertigo, dan mual.

Seysara awalnya dikembangkan oleh Allergan sebelum akhirnya produk itu diakuisisi oleh Almirall, suatu perusahaan farmasi yang berfokus pada kesehatan kulit. Almirall berdiri sejak tahun 1943 dan memiliki kantor pusat di Barcelona, Spanyol. Persetujuan yang diberikan FDA pada Seysara membuat Peter Guenter, CEO dari Almirall bangga dan ia mengatakan bahwa Seysara akan menjadi pilihan terapi baru bagi banyak pasien. Diharapkan obat itu sudah bisa tersedia dipasaran pada Januari 2019 di Amerika Serikat.

Daftar pustaka:

  • FDA approves Seysara for the treatment of moderate to severe acne.- Paratek Pharma + Almirall. https://www.epgonline.org/global/news/fda-approves-seysara-for-the-treatment-of-moderate-to-severe-acne—paratek-pharma—almirall.html. Diakses 18 Oktober 2018.
  • FDA approves Seysara for moderate to severe acne. https://www.healio.com/internal-medicine/dermatology/news/online/%7Bf89fa5e9-6f13-4952-9c42-6d4833cc759e%7D/fda-approves-seysara-for-moderate-to-severe-acne. Diakses 18 Oktober 2018.
  • FDA Approves SEYSARA™ (Sarecycline) for the Treatment of Moderate to Severe Acne. https://markets.businessinsider.com/news/stocks/fda-approves-seysara-sarecycline-for-the-treatment-of-moderate-to-severe-acne-1027583354. Diakses 18 Oktober 2018.
  • Sarecycline Granted FDA Approval for Acne Vulgaris. https://www.pharmacytimes.com/news/sarecycline-granted-fda-approval-for-acne-vulgaris. Diakses 18 Oktober 2018.
  • FDA Approves Sarecycline for Moderate to Severe Acne. https://www.medscape.com/viewarticle/902826. Diakses 18 Oktober 2018.

2 thoughts on “FDA menyetujui penggunaan Seysara untuk terapi pengobatan acne vulgaris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *