FDA Menyetujui Penggunaan Kombinasi Adcetris + AVD untuk Terapi cHL


FDA menyetujui penggunaan Adcetris (brentuximab vedotin) dikombinasikan dengan kemoterapi untuk digunakan pada terapi penyakit cHL (classical Lymphoma Hodgkin) tahap 3 dan 4.

Adcetris (brentuximab vedotin) mengkombinasikan antibodi dengan obat yang menargetkan CD30 pada sel limfoma. FDA menyetujui brentuximab vedotin untuk terapi cHL (classical Hodgkin lymphoma) setelah kekambuhan dan transplantasi stem sel pada pasien berisiko tinggi. Sebagai tambahan, obat disetujui untuk digunakan pada terapi ALCL (anaplastic large cell lymphoma) setelah sebelumnya mengalami kegagalan pengobatan.

Persetujuan FDA terhadap penggunaan brentuximab vedotin pada pasien dewasa penderita cHL didasarkan pada hasil penelitian yang membandingkan brentuximab vedotin plus kemoterapi (adriamycin [doxorubicin], vinblastine dan dacarbazine [AVD]), dibandingkan dengan kemoterapi tanpa kombinasi (ABVD (adriamycin, bleomycin, vinblastine, dan dacarbazine).

Peneliti mengukur waktu progress penyakit, kematian, dan sebagainya. Setelah sekira enam kali 28 hari siklus terapi, pasien diberikan brentuximab vedotin plus AVD dimana 23% lebih kecil mengalami perkembangan penyakit, kematian, maupun inisiasi terapi baru dibandingkan dengan pasien yang hanya menerima kemoterapi (ABVD) saja. Hanya 18% pasien dalam kelompok terapi kombinasi yang mengalami perkembangan penyakit, kematian, atau memulai terapi baru dibandingkan dengan 22% dari kelompok yang hanya menggunakan ABVD.

Menurut Joseph Connors, MD, direktur klinis dari the Center for Lymphoid Cancer di Vancouver, Canada, studi ECHELON-1 menunjukkan efikasi brentuximab vedotin plus AVD dibandingkan dengan kemoterapi ABVD. Penggunaan ABVD tidak memuaskan. ABVD gagal menyembuhkan penyakit pada 25-30% pasien. Selain itu ABVD juga memiliki tingkat toksisitas yang tinggi. Yang paling berbahaya dalam obat ABVD adalah bleomycin dimana secara tak terduga dapat menyebabkan toksisitas fatal pada paru-paru.

Efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan brentuximab vedotin seperti neutropenia, anemia, neuropati perifer, mual, kelelahan, konstipasi, diare, muntah, dan pireksia. Pada percobaan, 67% pasien yang diobati dengan brentuximab vedotin plus kemoterapi mengalami neuropati perifer dan 91% pasien mengalami neutropenia. FDA menyarankan pengobatan pencegahan dengan G-CSF direkomendasikan dengan brentuximab vedotin plus AVD untuk cHL.

Brentuximab vedotin hadir dengan diberikan label peringatan untuk risiko infeksi virus John Cunningham yang menyebabkan leukoencephalopathy multifokal progresif. Menurut FDA, pasien dengan cHL memiliki limfosit abnormal di kelenjar getah bening, tetapi dengan pengobatan sejak dini, pasien biasanya dapat membaik.

Saat ini diperkirakan 8260 orang Amerika didiagnosis menderita limfoma Hodgkin pada tahun 2017, dengan lebih dari 1000 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Dengan disetujuinya penggunaan obat ini maka akan memberikan pilihan pada penyedia layanan kesehatan untuk memberikan pasien pilihan terapi yang berbeda untuk perawatan dan mencapai kesembuhan.


Daftar pustaka:

  • FDA expands approval of Adcetris for first-line treatment of Stage III or IV classical Hodgkin lymphoma in combination with chemotherapy. https://www.fda.gov/NewsEvents/Newsroom/PressAnnouncements/ucm601935.htm. Diakses 17 Juli 2018.
  • FDA Approval of Brentuximab Vedotin With Chemo Offers New Hope for Stage III/IV Hodgkin Lymphoma. http://www.cancernetwork.com/hodgkin-lymphoma/fda-approval-brentuximab-vedotin-chemo-offers-new-hope-stage-iiiiv-hodgkin-lymphoma. Diakses pada 17 Juli 2018.
  • FDA expands approval of Seattle Genetics’ Adcetris for advanced classical Hodgkin Lymphoma. http://regulatoryaffairs.pharmaceutical-business-review.com/news/fda-approves-seattle-genetics-adcetris-for-treatment-of-hodgkin-lymphoma-210318-6090023. Diakses pada 17 Juli 2018.
  • Brentuximab Vedotin Approved for Classical HL. http://www.cancernetwork.com/hodgkin-lymphoma/brentuximab-vedotin-approved-classical-hl. Diakses pada 17 Juli 2018.
  • FDA Approves Adcetris, Chemotherapy Combo for Advanced Classical Hodgkin’s Lymphoma. https://lymphomanewstoday.com/2018/03/22/fda-approves-adcetris-chemotherapy-combo-advanced-classical-hodgkins-lymphoma/. Diakses pada 17 Juli 2018.