FDA menyetujui penggunaan Khapzory untuk terapi pengobatan kanker kolorektal, overdosis antagonis asam folat, dll

FARMASI-ID.COM > BLOG | FARMASI-ID.COM > FDA menyetujui penggunaan Khapzory untuk terapi pengobatan kanker kolorektal, overdosis antagonis asam folat, dll

Spectrum Pharmaceuticals, suatu perusahaan bioteknologi yang melakukan pengembangan obat-obatan yang berfokus pada hematologi dan onkologi, mengumumkan bahwa produk terbaru mereka yaitu Khapzory (levoleucovorin) telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat, FDA. FDA memberikan persetujuan untuk Khapzory untuk digunakan pada terapi:

  • Penyelamatan setelah terapi mathotrexate dosis tinggi pada pasien dengan osteosarkoma.
  • Mengurangi toksisitas yang berhubungan dengan overdosis antagonis asam folat atau gangguan eliminasi mathotrexate.
  • Perawatan pasien dengan kanker kolorektal bermetastasis yang dikombinasikan dengan fluorouracil.

Khapzory tidak diindikasikan untuk pengobatan anemia pernisiosa dan anemia megaloblastik sekunder karena kekurangan vitamin B12 disebabkan oleh risiko perkembangan manifestasi neurologik meskipun hematologik berkurang.

Sediaan yang disetujui untuk Khapzory adalah dalam bentuk injeksi dan untuk toksisitas mathotrexate biasanya Khapzory diberikan setiap 6 jam untuk 10 dosis. Untuk kanker kolorektal biasanya diberikan setiap hari selama 5 hari, diulang setiap 4 sampai 5 minggu.

Khapzory dikontraindikasikan untuk pasien yang memiliki hipersensitivitas berat terhadap produk leucovorin, asam folat, atau asam folinic. Penggunaan Khapzory dapat menyebabkan peningkatan toksisitas gastrointestinal termasuk stomatitis, dan diare. Kematian akibat enterokolitis berat, diare, dan dehidrasi telah terjadi pada pasien lanjut usia yang diberikan terapi mingguan dengan d,l-leucovorin dan fluorouracil. Jangan memilai atau melanjutkan terapi dengan Khapzory dan fluorouracil pada pasien dengan gejala toksisitas gastrointestinal sampai gejala-gejala itu teratasi. Pantau pasien yang mengalami diare sampai benar-benar teratasi. Obat ini dapat meningkatkan toksisitas fluorouracil. Obat ini berinteraksi dengan trimethoprim-sulfamethoxazole. Penggunaan bersama dengan d,l-leucovorin dengan trimethoprim-sulfamethoxazole untuk pengobatan pneumonia Pneumocystis jiroveci pada pasien dengan infeksi HIV dapat meningkatkan kegagalan pengobatan dan morbiditas.

Efek samping yang mungkin terjadi setelah penggunaan Khapzory yaitu mual, muntah, diare, atau perlukaan mulut. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter. Diperkirakan Khapzory sudah tersedia di pasaran mulai Januari 2019.

Daftar pustaka:

  • FDA Approves Khapzory Injection. https://www.curetoday.com/articles/fda-approves-khapzory-injection. Diakses 01 November 2018.
  • FDA Approves Levoleucovorin Injection for Multiple Indications. https://www.oncnursingnews.com/web-exclusives/fda-approves-levoleucovorin-injection-for-three-indications. Diakses 01 November 2018.
  • New Formulation of Levoleucovorin Gets FDA Approval. https://www.empr.com/news/khapzory-levoleucovorin-folate-analog-spectrum-pharmaceuticals-approval/article/809387/. Diakses 01 November 2018.
  • Levoleucovorin, a Folate Analog, Gets FDA Approval for Injection. https://www.ptcommunity.com/news/20181023/levoleucovorin-folate-analog-gets-fda-approval-injection. Diakses 01 November 2018.
  • Spectrum gets FDA nod for Khapzory. https://www.drugstorenews.com/pharmacy/spectrum-gets-fda-nod-for-khapzory/. Diakses 01 November 2018.