Dermatitis atopik (Eczema)

By | February 8, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Dermatitis atopik (Eczema)


Dermatitis atopik (eczema) adalah peradangan yang gatal pada kulit. Kondisi ini bertahan lama (kronis) yang dapat ditemani oleh asma atau alergi serbuk sari.

Dermatitis atopik dapat muncul di area mana saja dari kulit Anda, tetapi biasanya muncul di lengan dan di belakang lutut. Dermatitis atopik biasanya menyebabkan kambuh pada periode tertentu lalu mereda. Penyebab dermatitis atopik masih belum diketahui, tetapi dapat diakibatkan oleh kombinasi dari sifat kulit sensitif yang diturunkan dan malfungsi dari sistem imun tubuh.

Perawatan diri, seperti menghindari sabun dan iritan lain dan mengoleskan krim atau salep dapat meredakan gatal. Temui dokter apabila gejala mengganggu Anda dan aktivitas rutin Anda atau mencegah Anda tidur.

Gejala

TAnda dan gejala dari dermatitis atopik adalah:

  • Ruam merah sampai coklat keabu-abuan
  • Gatal, bisa jadi berat, terutama pada malam hari
  • Benjolan kecil yang dapat mengeluarkan cairan dan krusta apabila di garuk
  • Kulit yang menebal, pecah, atau bersisik
  • Kulit yang sensitif dan lecet karena sering digaruk

Walaupun ruam dapat muncul di mana saja, biasanya ruam muncul di tangan dan kaki, di lekukan siku, belakang lutut, di tumit, pergelangan kaki, pergelangan tangan, wajah, leher, dan dada bagian atas. Eczema dapat juga mengenai kulit disekitar mata, termasuk kelopak mata. Menggaruk dapat menyebabkan kemerahan dan pemebengkakan disekitar mata.

Dermatitis atopic biasanya dimulai di masa kanak-kanak sebelum usia 5 tahun dan bertahan sampai dewasa. Untuk beberapa orang, dermatitis atopik kambuh selama periode tertentu yang kemudian mereda untuk sementara waktu, bahkan sampai beberapa tahun. Gatal dapat menjadi parah dan menggaruk ruam dapat menyebabkannya makin gatal dan menyebabkan peradangan bertambah. Apabila sawar kulit rusak, maka kulit dapat terinfeksi bakteri, terutama Staphylococcus aureus yang biasa hidup di kulit. Merusak siklus garuk-gatal ini cukup sulit.

Faktor yang memperburuk dermatitis atopik Sebagian besar orang dengan dermatitis atopik juga memiliki bakteri Staphylococcus aureus di kulitnya. Bakteri ini membelah dengan cepat apabila sawar kulit rusak, yang pada akhirnya akan memperparah gejala terutama di anak-anak.

Faktor lain yang memperparah tAnda dan gejala dermatitis atopik adalah:

  • Kulit kering
  • Mandi yang lama dan panas atau menggunakan shower
  • Stress
  • Berkeringat
  • Pergantian suhu yang cepat
  • Kelembaban yang rendah
  • Pelarut, pembersih, sabun, atau deterjen
  • Kain atau pakaian berbahan wol atau sintetik
  • Debu atau pasir
  • Asap rokok
  • Hidup di kota yang polusinya tinggi
  • Makanan tertentu, seperti telur, susu, ikan, kedelai, atau gandum.

Eczema pada bayi Apabila eczema terjadi pada bayi, maka disebut sebagai infantile eczema. Kondisi inid apat berlanjut sampai masa kanak-kanan dan remaja.

Infantile eczema biasa melibatkan ruam yang mengeluarkan air dan membentuk krusta, paling sering di kulit wajah dan kepala, tetapi bisa saja terjadi di mana saja. Setelah masa bayi, ruam menjadi lebih kering dan berwarna merah sampai coklat keabu-abuan. Pada saat remaja, kulit dapat menjadi bresisik atau menebal dan dengan mudah mengalami iritasi. Gatal yang berat ini dapat terus berlanjut.

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab utama dari dermatitis atopik belum diketahui, tetapi mungkin disebabkan kombinasi dari kulit kering dan mudah iritasi disertai malfungsi system imun tubuh. Stress dan gangguan emosi lain dapat memperparah dermatitis atopik, tapi tidak menjadi pencetus.

Sebagian besar ahli percaya bahwa dermatitis atopik memiliki lAndasan genetik. Penyakit ini diketahui berhubungan dengan asma dan alergi serbuk sari, tetapi teori ini sekarang dipertanyakan. Tidak smeua orang dengan dermatitis atopik mempunyai asma atau alergi serbuk sari, dan sebaliknya. Tetapi tampulaknya penyakit ini biasanya ditemukan bersamaan di keluarga yang mengalaminya.

Komplikasi

Komplikasi dari dermatitis atopik adalah:

  • Neurodermatitis. Gatal yang bertahan dalam waktu lama dan penggarukan dapat meningkatkan intensitas gatal dan pada akhirnya menyebabkan neurodermatitis (lichen simplex chronicus). Neurodermatitis adalah kondisi di mana daerah dari kulit yang sering digaruk menjadi lebih tebal dan kasar. Ruam dapat menjadi lecet, kemerahan, atau menggelap dibanding kulit yang lain. Garukan yang terus-menerus juga dapat menyebabkan jaringan parut yang permanen atau menyebabkan perubahan warna kulit.
  • Infeksi kulit. Terkadang, penggarukan dapat merusak kulit dan menyebabkan terbukanya luka atau fisura yang biasanya akan terinfeksi, proses yang disebut impetiginisata. Bentuk infeksi yang lebih ringan disebut impetigo yang biasanya disebabkan infeksi staphylococcus. Memiliki dermatitis atopik menyebabkan Anda lebih rentan terhadap infeksi ini.
  • Komplikasi mata. Dermatitis atopik berat dapat menyebabkan komplikasi mata yang dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. Saat komplikasi ini terjadi, gatal di dalam dan sekitar kelopak mata menjadi berat. TAnda dan gejala dari komplikasi mata adalah mata yang berair dan peradangan di kelopak mata (blepharitis) dan lapisan dalam dari kelopak mata (konjugtivitis). Apabila Anda menduga terjadi komplikasi di mata Anda, segera temui dokter Anda.

Kapan Harus ke Dokter ?

Temui dokter Anda apabila:

  • Anda sangat tidak nyaman sampai kurang tidur atau terganggu saat melaksanakan aktivitas rutin
  • Kulit Anda terasa nyeri
  • Anda curiga kulit Anda terinfeksi
  • Anda mencoba perawatan mandiri tapi tidak berhasil

Apabila Anda curiga anak Anda mengalami dermatitis atopik atau Anda menyadari adanya gejala dan tAnda tersebut, temui dokter anak Anda.

Pada fase awal, pengobatan efektif mencegah perburukan dari dermatitis atopik. Semakin parah penyakit ini berkembang, makin susah juga untuk dikendalikan.

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Untuk membantu mengurangi gatal dan kulit yang meradang, cobalah perawatan diri ini:

  • Kenali dan cegah pencetus yang memperparah peradangan. Perubahan suhu mendadak, berkeringat, dan stress dapat memperparah kondisi. Hindarilah bersentuhan dengan produk dari wol, seperti kain pel, seperai, dan pakaian, dan juga sabun yang keras dan deterjen.
  • Oleskan krim anti gatal atau losion kalamin pada area yang terkena. Krim hidrokortison yang dijual bebas yang mengandung minimal 1 persen hidrokrotison dapat menghilangkan gatal sementara. Antihistamin oral yang dijual bebas seperti dipenhydramin (Benadryl dan lain-lain) dapat membantu apabila rasa gatal menjadi semakin berat.
  • Hindari menggaruk sebisa mungkin. Lapisi daeraj uang gatal apabila Anda tidak dapat berhenti menggaruk. Potonglah kuku Anda dan kenakan sarung tangan di malam hari.
  • Gunakan kompres yang dingin dan basah. Lapisi daerah yang terinfeksi dengan perban dan pelapis dapat membantu melindungi kulit dan mencegah garukan.
  • Mandilah dengan air hangat. Taburi air mandi dengan baking soda, oatmeal yang belum dimasak, atau oatmeal koloid (oatmeal yang memang dibuat untuk berendam). Atau tambahkan setengah gelas (118 mL) pemutih ke bak mandi ukuran stAndar U.S. (40 gallon; 151 liter) yang penuh dengan air hangat. Mandi dengan pemutih yang diencerkan ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada di kulit.
  • Pilihlah sabun yang ringan tanpa pewarna atau parfum. Pastikan untuk membilas sabun secara menyeluruh dari tubuh Anda.
  • Lembabkan kulit Anda. Gunakan minyak atau krim untuk menjaga kelembaban saat Anda masih berendam. Perhatikan secara khusus pada kaki, lengan, punggung, dan sisi tubuh Anda. Apabila kulit Anda telah kering, Anda dapat menggunakan krim lubrikasi.
  • Gunakan pelembab udara. Udara yang kering dan panas dapat mengeringkan kulit sensitive dan memperparah gatal dan pengelupasan. Pelembab udara portable rumahan atau pelembab yang menempel di perabotan dapat menambah kelembaban di rumah Anda. Terdapat beberapa jenis pelembab udara portable. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda dan kebutuhan special Anda. Pastikan pelembab bersih untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Kenakan pakaian yang bertekstur lembut dari katun. Hindari pakaian yang kasar, ketat, gatal, atau terbuat dari wol. Melakukan hal ini akan membantu menghindari iritasi. Kenakanlah pakaian yang tepat di cuaca panas atau saat berolahraga untuk mencegah keringat berlebihan.

Pengobatan alternatif

· Banyak terapi alternative, termasuk di dalamnya kamomil, minyak evening-primrose, ekstrak witch hazel, dan minyak biji borage, yang sering disebut menjadi solusi pilihan untuk mengobati dermatitis atopik. Tetapi, belum ada bukti yang menyimpulkan bahwa terapi alternatif ini efektif.

· Apabila Anda ingin menambahkan suplemen makanan atau alternative terapi lainnya untuk mengobati dermatitis atopic, hubungi dokter Anda. Ia dapat membantu Anda menimbang kelebihan dan keuntungan dari terapi alternatif tersebut.

Pencegahan

Mencegah kulit yang kering mungkin menjadi satu faktor yang membantu mencegah gangguan dari gejala dermatitis. Saran berikut dapat membantu Anda dalam meminimalisir efek yang menyebabkan kulit kering karena mandi:

  • Jangan terlalu sering mandi. Cobalah tidak mandi sehari atau dua hari. Apabila Anda mandi, batasi diri Anda untuk mandi hanya 15-20 menit dan gunakan air hangat (bukan panas). Menggunakan minyak untuk mandi juga dapat bermanfaat.
  • Gunakan sabun atau deterjen sintetik tertentu. Pilihlah sabun yang lembut dan memberishkan tanpa terlalu banyak mengangkat minyak alami yang diproduksi tubuh Anda. Deodoran dan sabun antibakteri dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kering. Gunakan sabun hanya pada wajah, bawah lengan, daerah genital, tangan, dan kaki. Gunakan air saja di tempat lainnya.
  • Keringkan diri Anda dengan hati-hati. Gosok kulit Anda dengan cepat menggunakan telapak tangan Anda atau tepuk kulit Anda sampai kering dengan handuk yang lembut setelah mandi.

Lembabkan kulit Anda. Pelembab memberikan pelapis di kulit Anda untuk mencegah air meninggalkan kulit Anda. Pelembab yang tebal bekerja terbaik, seperti merek yang dijual bebas di pasaran. Alternatif lain adalah menggunakan kosmetik yang mengandung pelembab. Apabila kulit Anda sangatlah kering, Anda dapat menggunakan minyak, seperti minyak bayi, saat kulit Anda masih lembab. Minyak lebih bertahan dibanding pelembab dan mencegah penguapan air dari permukaan kulit Anda.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *