Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan SINDROM STICKLER

By | October 17, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan SINDROM STICKLER

Sindrom Stickler adalah gangguan serius yang mempengaruhi penglihatan dan pendengaran. Sindrom ini sering didiagnosis selama masa kanak-kanak.

Anak-anak dengn sindrom Stickler sering memiliki fitur wajah khas, seperti mata menonjol, hidung kecil dan dagu surut. Memiliki rahang yang kecil dengan lidah yang telah membatasi gerakan dapat mengakibatkan kesultan bernapas dan makan pada masa bayi.

PENYEBAB

Sindrom Stickler disebabkan oleh mutasi pada gen tertentu yang terlibat dalam pembentukan kelas protein yang disebut kolagen. Kolagen adalah salah satu blok bangunan dari berbagai jenis jaringan ikat, yang mendukung struktur internal tubuh.

Jenis-jenis kolagen yang paling terkena dampak sindrom Stickler adalah varietas yang membentuk:

  • Tulang rawan, jaringan bantal tulang dalam sendi
  • Vitreous, cairan seperti jelly yang mengisi bagian tengah mata

Sindrom Stickler merupakan penyakit keturunan yang merupakan hasil mutasi acak pada salah satu gen.

GEJALA

TAnda-tAnda dan gejala dari sindrom Stickler sangat bervariasi dari orang ke orang, diantaranya:

  1. Cacat lahir
    Banyak orang dengan sindrom Stickler dilahirkan dengan sekelompok cacat lahir yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan makan. Cacat lahir tersebut mungkin termasuk kejanggalan pada langit-langit mulut, rahang kecil dan lidah yang jatuh kembali ke tenggorokan.
  2. Perubahan fitur wajah
    Anak-anak dengan sindrom Stickler sering memiliki struktur wajah agak pipih dengan hidung kecil dan jembatan hidung datar atau tersembunyi serta dagu yang biasanya menyempit.
  3. Masalah mata

    Anak-anak yang memiliki sindrom Stickler sering mengalami gangguan mata yang mmburuk ktika dewasa, seperti rabun juh, katarak, glaukoma dan sebagainya.

  4. Gangguan pendengaran
    Tingkat gangguan pendengaran bervariasi antara orang-orang yang memiliki sindrom Stickler. Ini biasanya mempengaruhi kemampuan untuk mendengar suara dalam frekuensi tinggi dan cenderung memburuk dari waktu ke waktu.
  5. Kelainan tulang dan sendi

    Sindrom Stickler sering memperpanjang sendi anak di luar kisaran normal gerak. Kemampuan ini cenderung berkurang seiring pertambahan usia, diantaranya seperti osteoarthritis, jari memanjang, dan skoliosis.

PENGOBATAN

Tidak ada obat untuk sindrom Stickler. Pengobatan dilakukan untuk mengatasi tAnda-tAnda dan gejala dari gangguan tersebut, seperti dengan obat-obatan, penggunaan alat bantu penglihatan dan pendengaran, terapi, dan bahkan operasi.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *