Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan SARS

By | November 18, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan SARS

Pada 11 Maret 2003, WHO mengumumkan adanya penyakit baru yang menular dengan cepat di Hongkong, Singapura dan Vietnam yang disebut SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Selanjutnya pada 15 Maret 2003 Direktur Jenderal WHO menyatakan bahwa SARS adalah ancaman global atau Global Threat.

PENYEBAB

SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang ‘melompat’ dari hewan ke manusia. SARS telah membunuh manusia pertama yang terinfeksi pada November 2002 di China bagian selatan.

GEJALA

Gejala penyakit ini mula-mula mirip seperti flu dan bisa mencakup: demam, myalgia, lethargy, gejala gastrointestinal, batuk, radang tenggorokan dan gejala non-spesifik lainnya. Satu-satunya gejala yang sering dialami seluruh pasien adalah demam di atas 38 °C (100.4 °F). Sesak napas bisa terjadi kemudian. Gejala tersebut biasanya muncul 2–10 hari setelah terekspos. Pada kebanyakan kasus gejala biasanya muncul antara 2–3 hari.

PENGOBATAN

Sekitar 10–20% kasus membutuhkan ventilasi mekanis. Antibiotik masih belum efektif. Pengobatan SARS hingga kini masih bergantung pada anti-pyretic, supplemen oksigen dan bantuan ventilasi. Sedangkan untuk kasus SARS yang mencurigakan harus diisolasi, lebih baiknya di ruangan tekanan negatif, dengan kostum pengaman lengkap untuk segala kontak apapun dengan pasien.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-kandungan"] [the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost] [the_ad_placement id="konten-kategori-obat-dan-penyakit"] [table “872” not found /]