Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MOLLUSCUM CONTAGIOSUM

By | November 11, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MOLLUSCUM CONTAGIOSUM

Molluscum Contagiosum adalah relatif umum dari infeksi virus pada kulit yang paling sering mempengaruhi anak-anak. Akibatnya muncul benjolan (papula) yang tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya hilang dalam waktu satu tahun tanpa pengobatan. Jika papula yang tergores atau terluka, infeksi dapat menyebar ke kulit di sekitarnya. Walaupun sering terjadi pada anak-anak, orang dewasa terserang virus ini. Pada orang dewasa, Molluscum Contagiosum dapat menyerang alat kelamin yang dianggap sebagai bagian penyakit menular seksual (PMS).

PENYEBAB

Moluskum kontagiosum menyebar melalui kontak langsung orang-ke-orang atau melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi. Karena menyebar dengan mudah, dokter sering merekomendasikan perawatan medis, khususnya untuk orang dewasa.

GEJALA

Gejala yang muncul berupa benjolan, bulat, (papula) pada kulit, yaitu:

  • Diameter kecil – biasanya sekitar 1/16 inci hingga 3/16 inci (sekitar 2-5 milimeter)
  • Ciri khas memiliki titik kecil di atas benjolan.
  • Dapat menjadi merah dan meradang
  • Dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggaruk atau menggosok mereka, tetapi ini menyebar virus ke kulit berdekatan

PENGOBATAN

Bagi orang-orang dengan sistem kekebalan normal, Molluscum Contagiosum sembuh tanpa perawatan dalam waktu enam sampai 12 bulan, meskipun kadang-kadang dapat terjadi sampai bertahun-tahun baru menghilang sepenuhnya. Mungkin memakan waktu lebih lama untuk anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya kurang baik.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-kandungan"] [the_ad_placement id="konten-perusahaan"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost] [the_ad_placement id="konten-kategori-obat-dan-penyakit"] [table “872” not found /]