Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan MGUS

By | October 12, 2015 |

Monoclonal gammopathy of undetermined significance (MGUS) adalah kondisi dimana darah mengandung protein abnormal yaitu protein monoklonal (protein M) yang dihasilkan oleh sel plasma darah. Biasanya MGUS ini tidak berbahaya. Tapi karena sulit diprediksi, seseorang yang menderita MGUS harus menjalani pemeriksaan tahunan untuk memantau kadar protein M-nya.

PENYEBAB

  1. Sel plasma darah di dalam sumsum tulang belakang menghasilkan protein abnormal yaitu protein M. Jika jumlahnya berlebihan maka protein ini akan mengganggu sel-sel sehat di dalam sumsum tulang belakang dan merusak jaringan lain di dalam tubuh.
  2. Perubahan genetik
  3. Pengaruh lingkungan seperti paparan pestisida tertentu atau radiasi bom atom.

GEJALA

MGUS jarang memunculkan gejala-gejala tertentu. Namun pada sebagian orang gejala yang muncul seringkali berkaitan dengan masalah saraf seperti mati rasa atau kesemutan.

PENGOBATAN

  1. Pemeriksaan rutin setiap 6-12 bulan sekali
  2. Jika MGUS terjadi bersamaan dengan tulang keropos maka dokter akan merekomendasikan obat-obatan yang disebut bisphosphonates seperti alendronate (Fosamax), risedronate (Actonel), ibandronate (Boniva) dan zoledronic acid (Reclast, Zometa).
[yarpp]Banyak Dibaca Hari Ini
Banyak Dibaca Minggu Ini
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *