Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan GATAL

By | November 7, 2015 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan GATAL

Gatal merupakan iritasi pada kulit yang memunculkan dorongan untuk menggaruk. Gatal merupakan masalah umum dan bisa lokal (terbatas pada satu bagian tubuh) atau umum (terjadi di seluruh tubuh atau di beberapa bidang yang berbeda). Istilah medis untuk gatal adalah pruritus.

PENYEBAB

Gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Mungkin yang paling umum yang menyebabkan gatal adalah psikologis, yaitu, karena stres, kegelisahan, dll. Stres juga dapat memperburuk gatal dari penyebab lain. Kulit kering merupakan salah satu penyebab sering dari gatal. Banyak orang juga melaporkan sengatan berkepanjangan berikut paparan radiasi UV dari matahari dapat menyebabkan gatal. Penyebab lainnya adalah gangguan metabolisme dan endokrin (misalnya, hati atau penyakit ginjal, hipertiroidisme), kanker (misalnya limfoma), reaksi terhadap obat-obatan, dan penyakit darah (misalnya, polisitemia vera). Gatal juga dapat hasil dari sengatan dan gigitan serangga seperti dari gigitan nyamuk atau kutu.

Infeksi dan infestasi dari kulit adalah penyebab lain gatal. Penyebab umum infeksi termasuk infeksi jamur pada selangkangan (tinea cruris) biasa dikenal sebagai atlet gatal, serta vagina gatal dan / atau anus gatal dari penyakit menular seksual (PMS) atau jenis infeksi lain.

GEJALA

Dorongan untuk menggaruk pada daerah yang gatal

PENGOBATAN

Menggaruk bagian yang gatal hanya melegakan untuk sementara tapi tak menyembuhkan gatal. Dokter biasanya akan memberikan atihistamin untuk mengobati gatal.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-kandungan"] [the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost] [the_ad_placement id="konten-kategori-obat-dan-penyakit"] [table “872” not found /]