Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan DISSOCIATIVES DISORDER

By | October 20, 2015 |

Gangguan disosiatif adalah suatu kelompok gangguan dengan gejala utama kehilangan sebagian atau seluruh integrasi normal (di bawah kendali kesadaran) antara ingatan masa lalu, kesadaran identitas dan penginderaan, serta kontrol terhadap gerakan tubuh. Pada gangguan ini kempampuan kendali di bawah kesadaran dan kendali selektif tersebut terganggu sampai taraf yang dapat berlangsung dari hari ke hari atau bahkan dari jam ke jam. Demikian menurut buku Kapita Selekta Kedokteran sebagaimana dikutip detikhealth.

Ada beberapa contoh untuk gangguan disosiatif, diantaranya; amnesia disosiatif, stupor disosiatif, kesurupan, anestesia, dan gangguan lainnya. Penderita gangguan jenis ini hanya kehilangan sebagian atau bahkan seluruh integrasi normal antara ingatan masa lalu, kesadaran identitas dan penginderaan segera, serta kontrol terhadap gerakan tubuh.

PENYEBAB

Beberapa ahli meyakini bahwa penyebab disosiatif ini merupakan mekanisme sesorang untuk mengubah kesadarannya sebagai cara menghadapi suatu konflik emosional atau stresor eksternal.

GEJALA

Gejala umum gangguan ini antara lain, amnesia, depresi, identitas buram, dan tidak merealisasikan kehidupan di sekelilingnya.

PENGOBATAN

Pendekatan kepada pasien merupakan cara terbaik untuk mencegah dan mengobati gangguan ini.

Komentar