Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

By | January 29, 2019 | FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Karena bayi tidak bisa bernapas lewat mulut secara optimal, hidung tersumbat dapat menjadi kondisi serius, terutama selama menyusui. Penyebab tersering adalah lendir atau ingus, sehingga Anda harus membersihkan lendir melalui cara yang efektif dan aman.

Menggunakan penyedot lendir (nasal aspirator)

Berbentuk botol karet kecil dengan ujung mengecil sebagai penyedot yang akan dimasukkan ke lubang hidung. Bisa didapatkan di apotik, ingat hanya gunakan yang khusus untuk bayi.

Sebelum menggunakannya bersihkan dulu dengan tissue alkohol, tunggu beberapa saat hingga benar-benar kering, setelah itu masukkan secara perlahan ke lubang hidung bayi yang terdapat ingus, jangan dalam-dalam, kemudian pencet ringan badan aspirator lalu lepas, keluarkan aspirator secara perlahan.

Menggunakan Tissue

Jika tidak tersedia aspirator, Anda bisa menggunakan tissue untuk membersihkan ingus bayi. Caranya lipat sedemikian rupa sehingga ujung tissue menjadi agak meruncing, sesuaikan ukurannya dengan ukuran lubang hidung bayi, secara perlahan masukkan tissue ke lubang hidung dan keluarkan ingusnya.

Tetes Larutan Saline

Larutan saline bisa didapatkan di apotek, jika tidak tersedia Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara campurkan 1/4 sendok teh garam dengan 1/2 cangkir air hangat. Masukkan ke dalam botol semprotan (tetes) hidung.

Tempatkan bayi pada permukaan yang datar, tetesi lubang hidung bayi sebanyak 2 tetes kecil. Bisa digunakan paling tidak tiga kali sehari.

Hal ini dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi, karena larutan garam (NaCl) dapat mengencerkan ingus, dan memulihkan kelembaban alami lapisan hidung bagian dalam.